Tips Agar Tidak Pikun Di Masa Tua

Pernahkah anda merasa ponsel anda tiba-tiba hilang? Ternyata, ponsel ada di genggaman anda dari tadi. Anda pasti heran dengan apa yang anda alami. Nah, anda patut waspada karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala awal pikun di masa yang akan datang. Tentunya, kejadian ini tidak ingin menimpa anda bukan? Agar terhindar dari masalah kepikunan tersebut, anda bisa mencoba tips-tips ini mulai dari hal yang paling kecil. Berikut adalah tips-tips untuk mencegah kepikunan di masa tua.

1. Melatih kinerja otak setiap hari
Jangan membiarkan otak anda tidak bekerja. Biasakan untuk melatih otak anda. Untuk membiasakan otak anda bekerja, anda bisa mengisi teka-teki silang saat anda memiliki waktu santai. Tapi, zaman sekarang ini buku TTS sudah jarang ditemukan. 

Anda bisa download aplikasi game yang dapat mengasah otak anda, misalnya permainan scrable, permainan balok atau kuis-kuis fun yang dapat mengasah pengetahuan dan kemampuan otak anda. Anda juga bisa mengajak teman anda untuk bermain sesuatu seperti catur.

2. Hindari tidur terlalu malam
Tidur terlalu malam dapat menyebabkan jam tidur anda menjadi tidak teratur. Apabila anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk bekerja di malam hari, tidak salahnya untuk tidur di siang hari tetapi dengan jangka waktu tidur yang efektif. Namun, jika anda tidur terlalu malam karena kegiatan yang tidak penting sebaiknya ubah hidup anda mulai saat ini. 

Beristirahat dengan waktu yang cukup antara enam sampai tujuh jam dapat mengoptimalkan kinerja otak anda karena otak selalu dalam keadaan fresh. Saat anda mulai berada di atas kasur, hendaknya anda melupakan segala masalah pekerjaan untuk sementara waktu. Hal ini dapat membuat anda merasa rileks sehingga otak anda terjaga dari masalah kepikunan.

3. Menulis dan Membaca
Anda harus membiasakan kegiatan membaca dan menulis mulai saat ini. Dengan membaca, daya ingat yang ada dalam otak akan terus bertahan. Anda bisa membaca apapun yang ada di sekitar rumah seperti koran, majalah atau buku novel. Jika anda beragama Islam, membaca Al Quran merupakan obat paling ampuh untuk mencegah otak dari masalah kepikunan. Selain itu, anda juga bisa melatih otak anda dengan menulis. 

Menulis diary dapat membantu anda merefleksikan kehidupan dari pengalaman-pengalaman yang anda tulis. Sepertinya, menulis buku harian perlu dibiasakan mulai saat ini supaya anda dapat merekam semua kehidupan yang pernah anda alami. Dengan begitu, anda dapat menulis dan membacanya terus sampai masa tua bukan? Sehingga anda tidak akan lupa apa yang anda alami.

4. Mengikuti kegiatan sosial
Mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di masa muda dapat menjaga anda dari masalah kepikunan. Jika anda memandang sebelah mata, mungkin solusi ini tidak ada hubungannya dengan kinerja otak. Dalam mengikuti kegiatan sosial, anda selalu berusaha berkomunikasi dengan banyak orang. Salah satu bagian otak yang memiliki peranan komunikasi ini pasti akan terus bekerja sehingga menambah kekuatan otak agar tidak terjadi kepikunan.

5 Mengonsumsi makanan yang sehat
Agar daya ingat pada otak terus terjaga, anda perlu mengubah pola hidup anda dengan makan-makanan yang sehat seperti halnya minyak ikan yang mengandung omega tiga, sayur-sayuran yang mengandung lemak tak jenuh dan buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang cukup. Buah Berry adalah salah satu buah yang paling cocok untuk menjaga otak anda dari masalah kepikunan. Nutrisi yang ada dalam sayuran dan buah-buahan ini akan menjaga kekuatan otak agar anda tetap fokus dan konsentrasi. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top