Tempat Wisata Terlarang yang Ada di Indonesia

Tempat wisata di Indonesia ini ternyata memiliki beberapa tempat yang dianggap terlarang untuk dikunjungi. Terlarang dalam hal ini bukan berarti tidak boleh dikunjungi oleh semua kalangan wisatawan melainkan tidak boleh dikunjungi oleh beberapa kondisi saja saat wisatawan bepergian bersama pasangan atau pengunjung dalam kondisi tidak suci baik lahir maupun batin. 

Penasaran kan? Dimana saja tempat-tempat itu? Berikut Kebudayaan Indonesia menampilkan tempat wisata terlarang yang ada di Indonesia.

1. Candi Gedong Songo – Jawa Tengah
Jika anda berkunjung ke daerah dataran tinggi Ungaran lebih tepatnya di Jawa Tengah, anda pasti akan menemukan sebuah Candi yang disebut Candi Songo. Arti Songo dalam julukan candi ini adalah bermakna sembilan. 
Di kompleks tersebut, terdapat sembilan candi yang letaknya terpisah-pisah lokasi candinya. Namun, pada kenyataannya jumlah candi ini hanya ada delapan buah di lokasi yang sebenarnya. Konon, jika wisatawan melihat penampakan candi yang kesembilan, maka hidupnya tidak akan lama lagi.

2. Gunung Lawu 
Masih berputar di propinsi Jawa Tengah, kali ini bukan di candi melainkan di lokasi Gunung Lawu. Tinggi gunung ini 3.100 meter diatas permukaan laut. Di daerah dataran pegunungan ini memungkinkan populasi burung dan bunga yang indah-indah hidup disini, terutama Bunga Edelweiss. 
Larangan yang harus anda patuhi adalah menangkap burung yang bagus. Apabila dalam perjalanan anda melihat burung yang sangat menarik dan indah, maka abaikanlah. Penampakan burung itu sebenarnya tidak ada dan dapat mengecoh perjalanan anda agar tersesat dari rombongan.

3. Wisata Air Terjun Coban Rondo, Malang – Jawa Timur
Coban Rondo merupakan lokasi air terjun terkenal di Batu. Keindahan lokasinya terkadang muncul saat pelangi muncul dibalik hempasan cipratan air terjun. Suasananya sangat sejuk dan mengundang perhatian banyak wisatawan. Tahukah anda tentang cerita zaman dahulu di balik lokasi ini? Di Air terjun inilah, Dewi Anjarwati menunggu Raden Baron Kusuma – Suaminya yang baru saja dinikahi. 
Usia pernikahan mereka belum genap 40 hari. Suatu hari mereka nekat pergi ke Gunung Anjasmoro. Padahal, orangtua Dewi Anjarwati sudah melarang mereka untuk pergi kesana. Namun, ditengah perjalanan mereka berdua dihadang oleh Joko Lelono dan pasukannya – lelaki yang jatuh cinta pada Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusuma meminta istrinya untuk menunggunya di dekat air terjun. Namun, suaminya tak kunjung datang karena ia gugur dalam medan perang sehingga Dewi Anjarwati menunggu sekian lama di dekat air terjun sampai menemui ajalnya. Oleh karena itu, coban ini dinamakan coban rondo. 

Rondo berarti Janda.  Konon, tempat ini merupakan tempat terlarang bagi sepasang kekasih yang datang. Apabila anda datang berdua bersama pacar ke lokasi ini, konon hubungan anda akan putus.

4. Wisata Jembatan Merah di Kebun Raya Bogor – Jawa Barat
Kebun Raya Bogor menyimpan banyak tanaman dan bunga yang unik dari Indonesia maupun luar negeri. Disini, anda akan menikmati indahnya bunga dan semua jenis flora yang hampir punah di Indonesia. Namun, ada tempat terlarang bagi anda yang datang ini bersama kekasih. 
Tempat itu merupakan jembatan merah yang ada di Kebun Raya Bogor. Konon, bagi setiap pasangan yang melewati jembatan merah ini, hubungan asmara mereka akan putus. Banyak yang takut melewati jembatan ini karena tidak ingin mengambil risiko yang besar. Wah, sepertinya jembatan merah ini hanya bisa dilalui oleh para jomblo saja kali ya! hehe..

Itulah tempat wisata yang konon terlarang untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut tidak akan berdampak pada kita selama kita yakin bahwa jodoh, rezeki dan kematian hanya Allah yang tahu. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top