Si Kuning Kecil 'Kunyit' dengan Segudang Keajaiban

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur khas tradisional Indonesia. Berbagai masakan terutama yang berwarna kuning sudah pasti menggunakan kunyit sebagai bumbunya. Selain sebagai penyedap rasa dan menggugah selera dengan warnanya, ternyata di sisi lain kunyit sangat kaya akan manfaat kesehatan nya.

Berikut ini manfaat-manfaat kesehatan dari kunyit:
Pencegah Kanker
Ternyata kunyit juga adalah salah satu makanan yang bisa mencegah kanker. Kunyit kaya akan curcumin (zat pembentuk kuning / orange pada kunyit). Kandungan ini dapat melindungi sel – sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Hal inioleh kunyit dengan cara meningkatkan fungsi hati. dilakukan iCurcumin ini juga dapat menghambat sistesis protein yang dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambhaan yang diperlukan untuk pertumbungan sel kanker

Meningkatkan Antioksidan
Selain mencegah kanker, zat curcumin juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Curcumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri.

Mengurangi Resiko Leukimia
Fungsi lain dari zat curcumin adalah mengurasi resiko leukimia. Hal ini bukan berarti bisa menyembuhkan leukimia, tetapi mencegah diri kita mengidap leukimia. Curcumin ini dapat menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yaitu bahan kimia yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar dan asap rokok. Dan juga bisa menghambat perkembangan sel leukimia dalam kultur sel.

Mengobati bengkak karena disengant oleh serangga atau bulu ulat
Ini adalah cara tradisional yang masih sering sekali digunakan oleh orang tua sampai sekarang. Ketika kita digigit oleh serangga hingga menghasilkan bengkak pada bagian tubuh, yang dilakukan pertama kali bukan lah mengoleskan nya dengan salep, namun memarut kunyit, membungkusnya dengan kain / handuk tipis, lalu di kompres di luka yang bengkak tersebut. Bengkak tersebut tidak akan terlalu terasa lagi lalu kemudian hilang. Menggunakan kunyit juga tidak ada efek samping terhadap kulit sama sekali selama kunyit yang digunakan bersih dan tidak busuk.

Menghilangkan Noda bekas jerawat
Siapa sangka bumbu dapur bisa digunakan untuk kecantikan. Ya, kunyit ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cuci kunyit yang akan digunakan, parut kunyit sedikit saja, tempelkan ke wajah yang ada noda bekas jerawatnya. Jika digunakan secara rutin, bekas jerawat akan hilang dan kulit menjadi mulus.

Mencegah Penyakit Alzheimer
Alzhimer atau pikun adalah penyakit yang dialami oleh sebagian besar orang – terutama Indonesia – ketika memasuki umur – umur tertentu. Agar tidak merepotkan orang lain, tentunya kita ingin agar kita tidak sampai mendertita penyakit demikian. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kunyit adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit tersebut. Kandungan curcumin dapat memecah plak amyloid pada otak, yaitu plak yang ada di otak dan menyebabkan seseorang menjadi penderita Alzheimer

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Kunyit kaya akan curcumin. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat menstimulasi kantung empedu dan menghasilkan empedu. Empedu yang bekerja dengan sangat maksimal akan membantu melancarkan atau menyembuhkan penyakit yang diakubatkan oleh gangguan pencernaan. Proses ini akan membuang lemak – lemak yang ada di tubuh sehingga jika kita rajin mengkonsumsi makanan yang menggunakan kunyit, kita bisa mengontrol berat badan yang ideal.

Menurunkan Kadar Gula dari Penderita Diabetes
Kunyit dapat membantu mengontrol aktivitas glukosa atau insulin yang menjadi penyebab utama dari penyakit Diabetes. Dengan mengkonsumsi jmlah kunyit yang cukup, kita tidak perlu khawatir bahwa akan mengalami diabetes. Namun,jika penderita diabetes sudah mengkonsumsi kunyit, jangan di tambah dengan obat. Kadar gula nya bisa turun drastis dan malah membahayakan si penderita. (dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top