Mengunyah Permen Karet Ternyata Banyak Manfaatnya

Dari kecil, kita sudah terbiasa dengan permen yang  satu ini. Cemilan atau makanan yang tidak bisa dimakan, hanya dinikmati rasa dan aroma nya di dalam mulut. Ya, permen karet.

Pemen karet atau bubble gum ini memang sudah sangat terkenal di seluruh belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa menyukai cemilan satu ini meskipun tidak bisa dimakan.

Mengunyah permen ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh, lets check this out:
Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan bisa membantu mulut memproduksi air liur yang efektif membersihkan bakteri dari mulut dan gigi. selain itu, zat yang ada di dalam permen karet membantu menguraikan sisa makanan yang ada di mulut sehingga sisa – sisa makanan yang tidak terbawa ketika sikat gigi tidak bertumpuk dan tidak menjadi karang gigi. karena itu juga, permen karet bisa menghilangkan atau minimal meminimalisir bau mulut.

Permen karet juga bisa membuat rahang menjadi lebih kuat dibanding jika kita selalu memakan cemilan permen biasa. Namun tidak semua permen karet baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Permen karet yang bagus untuk kesehatan gigi dan mulut adalah permen karet tanpa gula dan mengandung xylitol.

Membuat lebih konsentrasi
University of Northumbria dan Cognitive Research Unit di Inggris melakukan penelitian mengenai hal ini. Hasil penelitian mereka membuktikan bahwa mengunyah permen karet selama belajar dapat membantu meningkatkan daya ingat. 

Ketika kita mengunyah, terutama mengunyah permen karet, mulut kita melakukan gerakan menggigit berulang-ulang yang memperlancar aliran darah dan meningkatkan detak jantung hingga dibutuhkan lebih banyak oksigen. Dan oksigen ini kemudian di pompa ke otak dan membuat otak menjadi lebih efektif dalam bekerja.

Membantu menurunkan berat badan.
Yang membuat badan kita lebih gemuk adalah karena kalori yang masuk ke dalam tubuh melebih jumlah normal atau jumlah yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini banyak ditemukan di makanan-makanan baik makanan ringan maupun makanan yang berat.

Salah satu solusi untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk pada tubuh adalah dengan rutin mengunyah permen karet. Pada saat kita mengunyah permen karet, secara otomatis kita memberi sugesti kepada tubuh kita untuk tidak memakan cemilan. Hal itu membuat kalori uang seharusnya masuk ke tubuh kita melalui cemilan menjadi berkurang.

Selain itu, ketika mengunyah permen karet, kita akan merasa sedikit kenyang dan tidak memakan nasi terlalu banyak. Namun, bukan berarti kita bisa kurus hanya dengan rutin mengunyah permen karet. Makan makanan yang sehat dan rajin berolahraga juga harus tetap menjadi kegiatan utama.

Cemilan anti aging
Cita-cita semua wanita adalah ingin ngemil banyak dan juga tidak mudah tua. Nah permen karet adalah cemilan dan benar-benar pas. Selain bisa menurunkan berat badan, mengunyah permen karet juga membuat kita tidak mudah tua / tidak mudah keriput.

Pada saat kita mengunyah permen karet, otot-otot yang ada di muka terutama otot mulut bekerja. Hal ini membuat wajah menjadi lebih kencang. Wajah yang kencang membuat kita terlihat lebih awet muda.

Tapi tetap ingat, tidak semua permen karet dapat menghasilkan hasil seperti itu semua. Pilihlah permen karet yang less sugar, jangan yang terlalu banyak gula. Kalau bisa pilih yang banyak mengandung xilitol. Karena pemilihan permen karet yang salah justru akan menghasilkan sebaliknya. 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top