Kudapan Khas Maluku Ini akan Membuat Kamu Ngiler

Pecinta Sea Food, kamu akan sangat dimanjakan dengan makanan – makanan khas dari Maluku yang rata – rata berasal dari laut ini. Maluku adalah sebuah Provinsi yang terletak di sebelah Timur dengan Ibukota Ambon.

Hasil laut disini masih sangat original dan menggugah selera. Dengan di olah dengan sedemikian rupa, rasa dan tekstur nya membuat seafood lovers tidak akan pernah menyesal. Lets check this out :

1. Gohu Ikan Khas Maluku
Gohu ikan adalah makanan khas dari Maluku yang terbuat dari Ikan Tuna segar, tetapi jika musim sedang sulit, mereka biasa mengganti dengan ikan cakalang.  Makanan ini biasa disebut dengan Shasimi ala Ternate. Shasimi Khas Ternate ini memang seperti shasimi makanan khas Jepang yaitu dibuat dan diolah dari daging segar yang tidak diolah sampai sematang daging ikan yang biasa kita konsumsi, misalnya di goreng atau di beri bumbu kuning dan sebagainya.
Namun, tetap dengan sentuhan Indonesia nya, yaitu dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan potongan bawang merah. Juga dengan ditambahkan kacang goreng yang di sangrai. Ditambah dengan irisan cabe  membuat selera makan kita akan semakin tinggi 

2. Gatang Kenari Khas Maluku

Gatang kenari adalah salah satu makanan khas Maluku yang terbuat dari kepiting kenari, yaitu kepiting yang pintar memetik dan mengupas buah kelapa serta menjadikannya makanan kegemaran mereka. Karena itulah,jenis kepiting ini menjadi lebih gurih dan nikmat.
Gatang kenari ini kaya akan rasa rempah – rempah khas Indonesia karena bumbu yang dihaluskan terdiri dari kemiri, bawang  putih, laos, kunyit, dan jahe. Ditambah dengan cabe, bawang merah, daun jeruk, daun bawang, serai, dan santan.

Rasa yang dihasilkan masakan ini sebanding dengan harga yang harus dibayar. satu potong kepiting kenari ini bisa merogoh kocek lebih dari Rp 100.000. Sekarang sudah banyak juga restoran yang menyajikan makanan khas Maluku.

3. Ikan Kuah Pala Banda
Makanan ini merupakan makanan asli masyarakat di Kepulauan Banda. Ikan yang digunakan dalam masakan ini biasanya ikan tongkol / cakalang / tenggiri. Ikan dimasak dengan meggoreng ikan yang sudah dilumuri dengan garam dan larutan air asam terlebih dahulu sampai matang. Bumbu yang digunakan dalam ikan ini antara lain bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk, dan masih banyak lagi. Setelah menumis semua bumbu, masih di tambahkan santan dan gula pasir sampai mendidih. Baru kemudian dimasukkan ikan. 
Bumbu – bumbu dan cara memasak tersebut yang kemudian membuat rasa dari masakan ini sangat kuat dan khas Indonesia. Di atasnya di tambahkan daun kemangi agar terlihat lebih cantik dan menambah cita rasa.

4. Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar adalah makanan yang dibuat dari ikan cakalang yang ditusuk dnegan bambu kemudian di asap selama 1 jam. Memasak ikan komu asar juga harus tetap menggunakan bumbu – bumbu makanan khas Indonesia seperti garam, cabe, perasan jeruk nipis dan lain – lain. 
Ikan ini biasa disajikan dengan membungkus dengan daun pisang. Daun pisang yang diasap akan menambah rasa dan aroma dari makanan itu sendiri. Makanan ini sangat pas jika disantap dengan nasi panas dan sambal. 

5. Kopi Sibu-sibu
Setelah kenyamg menyantap makanan berbau seafood, kini ada minuman khas Maluku yang tidak bisa dilewatkan. Kopi Sibu – Sibu. Kopi ini menggunakan kopi robusta yang diberi tambahan cacahan biji ketapang. Bayangkan bagaimana rasa dari kopi ribusta yang dipadukan dengan cacahan biji ketapang. Kopi ini memang khas Maluku.
Kopi ini memiliki aroma, cita rasa dan kenangan yang khas dari Maluku. Menikmati kopi ini paling enak sore hari di Maluku sambil menikmati pemandangan laut Maluku di temani dengan cemilan khas dan pasangan terkasih akan jadi momen yang tidak akan pernah anda lupakan. (dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top