Kota-Kota di Indonesia Ini Menjadi The Sister City dengan Negara Lain

Sister City – Begitulah sebutan kerjasama yang dilakukan oleh kota-kota di Indonesia yang memiliki bentuk penataan mirip dengan kota-kota yang ada di negara lainya. Kemiripan yang ada pada kedua kota The Sister City tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya kota tersebut memang bekas jajahan negara lain atau memang kedua kota tersebut terlibat kerja sama dalam pembangunan kota, pendidikan, infrastruktur, dll.

Kota-kota apa sajakah itu? Yuk, kita simak pembahasannya dalam artikel Kebudayaan Indonesia kali ini.

1. Kota Palembang dengan  Kota Rotterdan
Sekarang saatnya kita membahas salah satu kota yang ada di Sumatra Selatan ini. Kota Palembang dengan Kota Rotterdam dianggap sebagai kota yang mirip. Bahkan, hampir seluruh wilayah Kota Palembang juga memiliki beberapa sister city dengan negara lain seperti halnya Barcelona, Sapporo, Busan, Vancouver dan Jembatan Amperanya yang mirip dengan Jembatan San Francisco. 
Tapi, Kota Rotterdam inilah yang lebih banyak kemiripannya dengan kota empek-empek ini. Kedua kota ini memang terlibat dalam kerjasama dua negara yang meliputi beberapa bidang seperti pembangunan dan pendidikan. Sudah beberapa kali kedua kota ini bertukar pengalaman hingga sering melaksanakan program pertukaran pelajar diantara dua kota ini. 

2. Kota Semarang dengan Kota Brisbane
Julukan yang biasa disandang oleh Kota Semarang adalah Little Netherland karena di kawasan Kota Semarang juga banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di kawasan tersebut. Namun, Kota Semarang ini tidak menjalankan kerjasama dengan Belanda mengenai sister city melainkan menjalankan kerjasama dengan delapan kota yang ada di negara lainnya seperti Vietnam, Florida, Amerika Serikat, Malaysia, Melaka, Honduras, Tegucigalpa, Australia, Brisbane. 
Sedangkan di Indonesia, Kota Semarang menjalin kerjasama sister city dengan Kota Palu, Palangkaraya dan Samarinda. Kota Brisbane yang paling banyak kemiripannya dengan Kota Semarang karena kedua kota tersebut telah menjalin kerjasama selama kurang lebih dua puluh tahun lamanya. Kedua kota tersebut diberitakan bahwa akan mengembangkan wilayah Kota Lama melalui investasi. Di Semarang, kita akan menemukan jembatan yang mirip dengan jembatan di Brisbane.

3. Kota Malang dengan Kota Varazdin (Kroasia)
Bentuk kerjasama antara Kota Malang dengan Kota Varazdin yang ada di Kroasia ini terjalin karena keduanya sama-sama memiliki peninggalan bangunan Eropa yang masih terpelihara. Kedua kota ini baru saja mendapatkan gelar sebagai kota kembar pada tahun 2015. Selain itu, kerjasama dua negara ini sebagai sister city ini dilakukan dengan dasar agar tujuan pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kota ini dapat tercapai. 
Kota Varazdin ini berlokasi di sebelah utara dari kota Zagreb sejauh 81 km dengan luas 34,22 kilometer persegi yang berada di wilayah utara Kroasia. Melihat salah satu bangunan yang ada di Kota Varazdin ini memang begitu mirip dengan gedung walikota yang ada di dekat Tugu Kota Malang ya!

4. Kota Surabaya dengan Kota Kochi (Jepang)
Kota yang dijuluki sebagai kota terbesar kedua di Indonesia ini ternyata menjalin kerjasama dengan Kota Kochi, Jepang. Kedua kota ini memang sudah lama menjalin kerjasama sejak tahun 1997 yang meliputi beberapa aspek diantaranya kebudayaan, ekonomi dan pendidikan. 
Kota Kochi ini merupakan kota yang menjadi wilayah ibukota yang ada di Pulau Shikoku – Pulau yang berada di bagian selatan Kepulauan Jepang. Pemerintahan Kota Koshi, Jepang ini memang menjalin kerjasama dengan pemkot Surabaya. Bukti bahwa kejasama kedua kota kuat dapat dilihat dari kerjasama ekspor impornya, pertukaran budaya dan terutama pelatihan dalam aspek tata kelola pemerintahan kota. 

Semoga dalam mempererat kerjasama dengan negara lain, Indonesia semakin maju dan mengambil sesuatu yang berguna dari negara lain sehingga dapat saling menguntungkan diantara kedua negara sister city. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top