Sedang Haid? Sebaiknya Hindari Mengkonsumsi Makanan-makanan Ini

Datang bulan atau disebut juga haid dan menstruasi merupakan gejala yang sering dialami kaum perempuan. Gejala nyeri, kram, dan mual ini sendiri merupakan alami. Di mana terjadinya perubahan fisiologis pada diri wanita, yang dipengaruhi hormon FSH-Estrogen maupun LH-Progesteron. Disebut datang bulan dikarenakan kondisi ini biasanya terjadi setiap bulannya pada wanita yang sudah menginjak masa puber/remaja hingga menjelang monopause. 

Rasa nyeri yang dialami akan bertambah parah jika salah dalam memilih makanan. Ya, makanan-makanan berikut sebaiknya kamu hindari jika tidak ingin merasakan sakit yang terlampau menyiksa.
Makanan yang Mengandung Kafein

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein akan membuat terjadinya penyempitan pada saluran peredaran/pembuluh darah pada manusia. Hal ini akan mengakibatkan adanya kekurangan cairan pada tubuh. Hindari semisal meminum kopi saat sedang datang bulan, hal ini akan membuatmu terhindar dari rasa pusing serta gugup luar biasa.

Makanan yang Mengandung Gula Berlebih
Saat haid ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula buatan. Ya, kadar dalam gula buatan dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah semakin tinggi dan hal ini bisa berpengaruh pada tingkat stress serta emosi. Bila hal ini terjadi kamu jadi mudah tersinggung dan berefek pada energi yang terkuras atau menjadi lemas. Ada baiknya tidak meminum soda atau memakan permen ketika masa-masa menstruasi.

Olahan Biji-bijian
Seperti yang terdapat pada poin sebelumnya ada baiknya menghindari makanan yang mengandung kadar gula berlebih atau glukosa tinggi. Mengkonsumsi olahan dari biji-bijian seperti nasi putih dapat menimbulkan gejala kram karena mengandung gula. Namun, jika dikonsumsi dalam tahap aman hal tersebut tetap baik dalam tubuh. Jika kamu takut, mengganti nasi putih dengan nasi merah bisa menjadi alternatif terbaikmu selama masa menstruasi.

Masakan yang Dipanggang
Hindari mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang saat haid. Hal ini dikarenakan makanan yang mengalami proses pemanggangan biasanya masih menyimpan kadar lemaj tinggi. Dari situlah gangguan selama haid bisa muncul karena lemak trans ini memiliki kandungan estrohen yang bisa memicu kram berlebih pada rahim.

Mengkonsumsi Makanan Olahan
Makanan olahan seperti makanan yang ada di kaleng-kaleng sebaiknya dijauhi dulu ketika kamu sedang menstruasi. Kenapa demikian? Sebab dalam makanan kaleng terdapat sejumlah zat seperti sodium serta natrium yang bisa mengakibatkan retensi air di mana dapat menyebabkan pembengkakan pada tubuh seseorang.

Makanan yang Digoreng atau Gorengan
Pada dasarnya makanan yang digoreng adalah makanan yang memiliki kadar lemak serta minyak yang tinggi. Nah, ada baiknya ketika haid kamu hindari untuk tergoda mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Hal ini dapat berpengaruh pada naiknya kandungan estrogen pada diri wanita sehingga akan terhindar dari rasa nyeri yang luar biasa. 

Menghindari mengkonsumsi seperti ayam tepung, kentang goreng, dan lain-lain dapat membuat kamu jadi lebih stabil. Mulai dari mood serta keadaan rahim. Kalaupun ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng seperti tempe goreng, pilihan terbaik adalah menggunakan minyak sayur atau minyak yang berasal dari hewan.

Itu tadi beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika kamu sedang dalam masa menstruasi atau datang bulan. Dengan tidak memakan makanan yang telah disebutkan di atas ada sejumlah manfaat penting di mana kamu akan terhindar dari rasa nyeri yang menyiksa. Ya, dan tidak ada salahnya ketika sedang mengalami datang bulan lebih sehat adalah banyak mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan bergizi yang mengandung banyak serat dan mineral tinggi. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top