Lima Makanan Ini Sangat Baik Untuk Ibu Menyusui

Kebahagiaan seorang ibu pastinya akan semakin lengkap ketika memiliki buah hati. Buah hati yang dibesarkan dengan sepenuh hati dan dilingkupi kasih sayang. Salah satu momen dalam mewujudkan hal tersebut juga dengan memberikan ASI ekslusif. ASI yang berasal dari sang ibu langsung memang diyakini jauh lebih sehat dibandingkan dengan susu formula.

Menjadi ibu yang sadar akan pentingnya ASI, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi juga mampu memulihkan stamina paska melahirkan, selain tentunya menjadikan produksi ASI semakin lancar. Nah, oleh karenanya penting mengkonsumsi makanan yang baik bagi kebugaran tubuh. Berikut Kebudayaan Indonesia sajikan lima makanan yang sangat baik bagi ibu menyusui.

Ikan Salmon
Makanan terbaik untuk ibu menyusui adalah mengkonsumsi ikan salmon. Ya, ikan satu ini memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Meski memiliki kandungan lemak, tapi salmon mempunyai banyak kandungan seperti DHA dan dagingnya pun berserat lembut. 

DHA sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan perkembangan saraf motorik pada bayi. Selain itu ikan salmon juga dipercaya dapat memperbaiki tingkat emosi dan mood seseorang sehingga menurunkan risiko terkenal baby blues.

Susu Rendah Lemak
Bukan hanya bayi saja yang membutuhkan produk susu, sebagai ibu yang tengah menyusui pun ada baiknya kamu mengkonsumsi susu rendah lemak. Ada banyak produk susu yang demikian seperti yogurth, keju, atau susu yang memang dikhususkan untuk ibu menyusui. 

Sebab dalam olahan susu rendah lemak terdapat banyak manfaat seperti adanya kandungan protein, serta beragam vitamin, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Minum susu rendah lemak ini ada baiknya dilakukan secara teratur, yakni 3 kali sehari.

Daging Sapi
Daging sapi kaya akan protein dan mengandung senyawa yang bisa meningkatkan energi. Bagi ibu menyusui ada baiknya memilih daging sapi tanpa lemak. Kandungan zat besi akan meningkatkan kekuatan dalam diri sang ibu. Selain itu daging sapi juga mengandung protein serta vitamin B-12, di mana sangat dianjurkan karena sangat baik untuk kandungan ASI kamu.

Kacang Kacangan dan Beras Merah
Ya, kacang-kacangan memang sangat baik bagi ibu menyusui, terutama yang memiliki warna merah serta hitam. Hal ini juga sangat cocok bagi mereka yang tidak suka seperti mengkonsumsi susu, atau daging sapi seperti yang disebutkan sebelumnya. Kacang-kacangan memiliki kandungan akan zat besi serta tinggi protein. Poin penting lainnya adalah kacang-kacangan tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan daging sapi.

Selain kacang-kacangan, beras merah juga sangat cocok sekali buat ibu menyusi. Pasalnya dalam beras merah memiliki karbohidrat berkualitas baik sehingga mampu menghasilkan energi serta tenaga yang baik bagi ibu menyusui. Ya, ibu menyusui memang selalu dituntut tetap prima mengingat jam tidur sang anak tidak tentu. Dengan mengkonsumsi beras merah akan membuat kamu tidak mudah lesu.

Bluberi
Salah satu jenis buah yang baik bagi ibu menyusui adalah bluberi. Bluberi sendiri banyak mengandung antioksidan yang baik sehingga toksin dari luar tubuh dapat terkurangi. Selain itu bluberi juga memiliki vitamin serta mineral yang baik. Bluberi bisa diolah menjadi jus dan diminum setiap hari agar ASI makin lancar.

Itu tadi lima makanan yang baik bagi kesehatan dan tentunya untuk memperlancar ASI. Selain lima makanan di atas, masih ada makanan lain yang juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi seperti kebutuhan akan minum air putih, jeruk, telur, roti gandum, sereal dan masih banyak lagi. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top