Lima Kuliner Tangerang yang Terkenal Saking Enaknya

Kuliner Khas Tangerang – Tangerang, kota yang berada dalam tatar Pasundan ini berada di Provinsi Banten. Tangerang dikenal akan potensi wisatanya yang luar biasa. Hal ini berdampak pula ketika hari-hari libur banyak orang berkunjung ke kota tersebut. 

Selain tempat wisata, Tangerang juga tidak bisa dilepaskan dengan kulinernya yang terkenal lezat. Kota industri ini punya sejumlah kuliner khas yang pastinya bakal bikin ketagihan.

Nah, jika kamu sedang berada di kota Tangerang, maka tidak ada salahnya untuk mencicipi lima kuliner berikiut ini.

Laksa
Laksa merupakan makanan yang berisi mie putih yang terbuat dari beras di mana sekilas mirip bihun. Namun, dari segi ukuran lebih mirip dengan mie spageti. Laksa sendiri bertektur sedikit kasar di mana nantinya akan disiram dengan kuah santan nan gurih. 
Laksa ini dilengkapi dengan kacang hijau dan ditaburi kucai serta irisan daging ayam dan telur. Laksa kian menggugah selera karena daging ayam yang digunakan terlebih dulu dibakar. Keunikan inilah yang menjadikan laksa Tangerang berbeda dengan laksa di kota lain.

Nasi Sumsum
Kuliner khas Tangerang selanjutnya adalah nasi sumsum. Ya, pecinta sumsum dijamin ketagihan begitu menikmati kuliner satu ini. Sumsum sapi atau kerbau yang bertekstur lembut tentu akan menambah lahap ketika memakannya. Nasi sumsum Tangerang ini sendiri dibuat dari nasi yang sudah matang lalu ditambah dengan bumbu rempah, yang tentunya bahan dasar sumsum tidak bisa dilewatkan. 
Nah, setelah nasi dan bubu tadi diaduk dan ditambah sumsum, proses selanjutnya adalah dibungkus dengan daun pisang dan membakar nasi sumsum tersebut hingga matang. Makanan ini sangat pas disantap untuk sarapan. Konon, nasi umsum ini terbilang langka saat ini.

Gereng Asem
Makanan ketiga ada gereng asem. Pada musim kemarau atau matahari sedang terik-teriknya, makanan satu ini meamang sangat pas dijadikan teman santap nasi ketika siang. Gereng asem sendiri bercita rasa sedikit pedas dan asam. 
Yang jadi unik dan membedakan gereng asem di Tangerang dengan daerah lain adalah gereng asem di Tangerang dibuat dari daging bebek. Rasa yang dihasilkan pun akan terasa sekali bedanya, gurih dan asam. 

Gecom
Gecom. Dari namanya saja sudah sangat unik, tapi sebenarnya apa sih itu gecom? Gecom sendiri merupakan singkatan dari toge serta oncom. Artinya ada perpaduan yang enak dari kedua makanan tersebut. 
Nah baik toge maupun oncom ini menjadi khas ketika sudah berurusan dengan bumbu khas Tangerang. Biasanya gecom sendiri akan semakin lengkap saat disantap dengan kecap SH.

Bebek Sate
Makanan dari bahan dasar bebek memang selalu jadi idaman. Daging bebek yang lebih gurih dibanding dengan daging ayam memang sangat enak dijadikan macam-macam olahan. Salah satunya yang ada di Tangerang, bebek sate. 
Ya, sate yang unik karena dibuat dari daging bebek. Pengolahan dagingnya pun terbilang khusus ya sehingga daging yang dihasilkan empuk. Proses pembuatannya sendiri hampir sama dengan kebanyakan sate yakni bumbu merica, santan, dan beberapa bumbu tambahan lain. Harga untuk seporsi bebek sate sendiri terbilang terjangkau, yakni hanya dengan uang 50 ribu sudah dijamin puas dan kenyang.

Nah itu tadi lima kuliner yang menjadi khas kota Tangerang yang Kebudayaan Indonesia tampilkan. Pastinya masih ada banyak sekali kuliner khas kota tersebut yang patut untuk dicicipi, agar kita tahu juga bahwa warisan kuliner nusantara begitu banyak sekali. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top