Lima Kuliner Lezat Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi

Kuliner Khas Banyuwangi – Kota Banyuwangi belakangan sangat terkenal akan keindahan pantai dan ombaknya yang tak kalah dengan yang ada di Bali. Banyuwangi memang mempunai pesonanya sendiri, termasuk dalam urusan kuliner. Kuliner yang ada di Banyuwangi terkenal unik dan yang tidak boleh ketinggalan adalah rasa yang nampol di lidah serta perut.

Bagi kamu yang sedang ada di Banyuwangi, maka tidak ada salahnya untuk rehat sejenak dan berwisata kuliner. Berikut Kebudayaan Indonesia sajikan lima kuliner lezat khas Banyuwangi yang tentunya sangat wajib dicicipi.

Rujak Soto
Kuliner pertama yang so unic dan dijamin tidak akan ditemukan di kota lain adalah rujak soto. Kalau makan rujak saja sih memang sudah hal biasa ya, tapi di Banyuwangi rujak justru dikombinasikan dengan soto. Rasa yang dihasilkan dari duet dua makanan ini tentunya baru dan beda. 
Menu makanan ini sendiri juga banyak dicari, khususnya bagi mereka yang penasaran dengan kuliner khas Banyuwangi ini. Rujak cingur bermbumbu kacang yang ada dalam mangkuk, kemudian disiram dengan kuah soto daging yang mengepul. Uh, pasti bikin ngiler deh!

Sego Tempong
Sego tempong atau dalam bahasa Indonesia berarti nasi tempong ini menjadi kuliner Banyuwangi kedua yang wajib masuk daftar yang wajib dicicipi. Kenapa demikian? Sebab nasi tempong sendiri punya sajian yang unik dan tentunya enak. 
Nasi tempong biasanya disajikan hangat dengan tambahan lauk seperti lalapan sayur bayam, ada kemangi juga timun, serta beraneka lauk lain seperti ayam goreng, jeroan, telur dadar, tahu/tempe, serta pepes ikan. Yang menjadikan nasi tempong sangat terkenal adalah bagaimana sambal terasi menjadi sangat lezat dan menggiurkan.

Ayam Pedas
Ya, bagi pecinta makanan pedas menu makanan yang menjadi khas-nya Banyuwangi ini memang tidak boleh sampai dilewatkan. Ayam pedas di sini bentuknya hampir mirip dengan ayam lodho Tulung Agung, yakni disajikan dalam kuah santan dan memiliki cita rasa pedas gurih menggigit. 
Semangkuk ayam pedas ini dijamin bikin kamu ketagihan deh. Untuk lokasi ayam pedas yang enak dan terkenal ada di belakang kantor pos, terminal lama Banyuwangi.

Sego Cawuk
Dalam bahasa jawa cawuk berarti mengambil makanan tanpa memerlukan alat seperti sendok, melainkan langsung diambil menggunakan tangan langsung. Nasi cawuk sendiri biasanya dijadikan menggunakan kuah. Kuah yang lezat tersebut berasal dari parutan kelapa dengan paduan jagung muda serta timun, cabai, juga asam. 
Nah, bumbu terakhir inilah yang menjadikan nasi cawuk terasa unik karena memiliki cita rasa sedikit masam. Untuk lauk pelengkapnya ada banyak sekali mulai dari ikan asin, pepes ikan, telur ayam atau bebek, serta masih banyak sekali yang lain.

Pecel Rawon
Kalau sebelumnya ada rujak soto, di Banyuwangi juga ada menu lain yang tak kalah unik, yakni pecel rawon. Dua menu yang disajikan dalam satu mangkuk ini memang punya kekhasan tersendiri. Ya, Banyuwangi memang belakangan dikenal dengan kulinernya yang sering sekali dikombinasikan. Nasi pecel pada umumnya adalah sayur lalu diberi siraman bumbu kacang. 
Namun, di Banyuwangi nasi pecel diolah secara beda, yakni dengan kuah rawon beserta dagingnya. Pecel rawon kian spesial karena biasanya disajikan bersama lauk tambahan lain seperti udang, paru goreng, serta empal.

Bagaimana? Setelah mengetahui lima kuliner khas Banyuwangi tentunya akan semakin menambah refrensi kamu ketika berlibur dan berwisata kuliner di kota tersebut. Selain lima makanan di atas Banyuwangi masih punya banyak kekayaan kulinernya seperti kupat lodoh, sop kesrut, dan lain-lain. (Fredy Harsongko)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top