Lima Kuliner Lezat dan Unik Khas Sleman

Kuliner Khas Sleman – Sleman adalah salah satu kabupaten yang ada di wilayah Jawa Tengah. Sleman sendiri terkenal akan tempat wisatanya yang masih alami dan khas asri pedesaan. Banyak sekali objek wisata menarik di kota kecil ini, seperti Gunung Merapi. 

Tidak hanya tempat wisatanya saja yang menarik. Namun, sajian berupa kuliner khasnya akan membuat siapa saja dijamin tergoda.

Nah, tidak ada salahnya bagi kamu selain mengunjungi tempat wisatanya juga mencoba untuk sejenak mencicipi bagaimana keunikan kuliner yang ada di kota ini. Sebagai refrensi, berikut kebudayaan Indonesia sajikan lima kuliner khas Sleman yang dijamin unik serta berbeda dari daerah lainnya.

Jadah Tempe
Jadah tempe adalah kuliner unik khas Sleman yang memadukan dua jenis makanan. Jadah sendiri merupakan ketan yang ditumbuk hingga halus dan diberi tambahan parutan kelapa, yang selanjutnya dikukus dengan bentuk kotak atau bulat. Rasa yang dihasilkan dari jadah sendiri cenderung gurih dan bikin penasaran. Makanan ini kian lezat begitu disandingkan dengan olahan bacem tempe atau tahu yang memiliki cita rasa cenderung manis/legit. 
Jadah tempe sendiri biasa dihidangkan dengan alas daun pisang. Makanan ini sendiri bisa kalian dapatkan bila berkunjung ke objek wisata di Kaliurang. Harga yang dipatok sendiri terbilang sangat terjangkau yakni hanya cukup merogoh kocek 10 ribu, kamu dijamin bakal kenyang memakan seporsi jadah tempe ini.

Salak Pondoh
Mungkin buah yang satu ini sudah tidak asing bagi kamu sekalian. Ya, salak. Di daerah Sleman buah salak dari jenis pondoh ini melimpah dan seakan menjadi ikon jenis buah yang wajib dijadikan oleh-oleh ketika mampir ke Sleman. 
Buah ini sendiri bisa kalian dapatkan di sepanjang jalan Raya Jogja, Kecamatan Turi. Salak pondoh dipatok dengan harga terjangkau, yakni kisaran 3000 sampai 10.000 rupiah saja. Rasanya yang legit sangat pas dimakan ketika siang hari.

Sate Kelinci Kaliurang
Ya, di daerah Kaliurang kamu bakal dikagetkan dengan kuliner unik yaitu sate kelinci. Binatang yang lucu dan menggemaskan tersebut nyatanya bisa menjadi kuliner yang enak dan bikin nagih ketika diolah menjadi sate. 
Kenikmatan kuliner ini semakin sempurna dengan hawa dingin pegunungan di daerah Kaliurang sendiri. Uang yang harus kita keluarkan juga tidak sampai menguras dompet, di mana hanya dengan uang 10 ribu saja kamu bisa kenyang dan puas menikmati sate kelinci.

Pepes Belut Godean
Jika belut biasa diolah dengan cara digoreng kering, berbeda hal jika kamu mampir ke Sleman. Karena di kota inii belut dijadikan pepes. Lokasi kuliner ini sendiri ada di daerah Godean. Pepes ini sendiri kian lezat ketika disandingkan dengan nasi yang mengepul. 
Rasa gurih dari belut akan menambah lahap selera makan kamu. Harga yang dipatok pun sangat terjangkau yakni sekitar 7000 rupiah saja. Selain diolah menjadi pepes, kamu juga bisa membawa pulang camilan dari belut khas Godean, seperti keripik belut dan masih banyak lagi.

Sate Jaran Godean 
Masih di wilayah Godean, Sleman, kuliner berat yang bisa kalian cicipi adalah sate jaran atau sate kuda. Sate kuda sendiri terkenal enak karena memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih. Daging kuda juga tidak seamis daging kambing. 
Konon daging kuda juga dipercaya mampu meningkatkan stamina laki-laki. Harga sepuluh tusuk sate kuda ini bisa ditebus dengan hanya mengeluarkan uang senilai 25.000 saja. Di daerah Godean penjual sate ini bisa kalian temukan dengan mudah. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top