Lima Kota Di Indonesia Ini Memang Tidak Biasa

Indonesia memiliki beberapa kota yang kaya dengan ciri khas dan kebudayaannya yang unik. Selain itu, kota-kota di Indonesia juga memiliki karakteristik dan daya tarik masing-masing. 

Tapi, kita perlu diketahui bahwa di kota-kota ini dapat kita temukan beberapa keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di kota lainnya. Kota-kota ini dapat kita telusuri di dalam artikel KebudayanIndonesia berikut ini.

1. Kota Bunga Cipanas
Kota Bunga yang berada di puncak dataran tinggi Cipanas ini merupakan kota yang cantik dan unik yang ada di propinsi Jawa Barat. Sesuai dengan nama kotanya, wilayah ini dipenuhi dengan taman warna-warni dengan bunga-bunga yang bermekaran. Uniknya lagi, kompleks kota ini memang merupakan area bermacam-macam tipe villa yang didesain mirip dengan villa-villa yang ada di seluruh belahan dunia. 
Sekitar 2500 rumah villa yang dibangun di sekitar area ini. Kita akan menemukan landmark kota-kota yang mirip dengan negara-negara lain seperti Venecia di Italia, Tembok Raksasa Cina, Patung Merlion yang ada di Singapura dan masih banyak tempat menarik lainnya. Untuk masuk ke kawasan Kota Bunga ini, kita tidak dikenakan biaya alias gratis, kecuali jika kita menggunakan fasilitas kota seperti gondola.

2. Kota di Atas Papan (Kota Agats) – Papua
Satu-satunya kota dengan model seperti ini mungkin hanya dapat kita temukan di Papua saja. Pasalnya, Kota Agats ini memang tidak dibangun diatas tanah melainkan di atas papan yang sudah disusun berlapis-lapis dengan tiang kayu penyangga yang kuat. Tidak hanya perumahan saja yang dibangun di atas papan,  semua infrastruktur kota baik perkantoran maupun pemerintahan memang dibangun diatas papan. 
Segala kegiatan yang dilakukan oleh warga pun dilakukan diatas papan seperti halnya bekerja, bersekolah dan lain-lain. Kendaraan yang digunakan di kota ini bukan kendaraan biasa melainkan motor listrik dan sepeda saja. Alasan didirikan kota papan ini karena tanah di wilayah ini berlumpur berupa rawa-rawa sehingga tidak kuat untuk dijadikan landasan bangunan.

3. Kota Kuala Kencana 
Masih di sekitar tanah Papua, kita akan menemukan kota unik lagi bernama Kota Kuala Kencana. Uniknya, kota ini merupakan kawasan kota di tengah hutan. Area Kota Kuala Kencana adalah kawasan Freeport yang berada di daerah Timika, Papua. 
Kota ini memang dibangun di tengah hutan dengan tujuan sebagai tempat penunjang bagi kegiatan pertambangan yang ada di freeport. Seluruh bangunan yang ada di kota ini memang dibatasi dengan pepohonan lebat termasuk pusat perelanjaan dan gedung pemerintahan.

4. Kota Gili Trawangan
Kota Gili Trawangan ini ada di Lombok Utara, tepatnya di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kawasan di kota ini terkenal dengan wisata lautnya sehingga di kawasan ini juga banyak dibangun homestay, penginapan hingga hotel berbintang. 
Keunika dari kota ini adalah tidak ada kendaraan bermotor sehingga di wilayah ini hanya memperbolehkan menggunakan sepeda kayuh. Oleh karena itu, kawasan ini dirasakan sangat bersih karena terbebas dari udara kotor atau polusi. Daya tarik pesona laut di wilayah ini menjadikan Kota Gili Trawangan dikenal oleh beberapa wisatawan dunia.

5. Kota Pontianak, Kota Khatulistiwa
Kota yang terletak di propinsi Kalimantan Barat ini memang tepat terletak di lintasan garis khatulistiwa sehingga dijuluki Kota Equator atau Kota Khatulistiwa. Letak geografis Kota Pontianak adalah 0002’24” LU – 00 01’37” LS dan 1090 16’25” BT – 1090 23’04” BT. Keistimewaan dari kota ini adalah wilayah ini persis dilintasi oleh garis nol dibandingkan dengan negara-negara lainnya. 
Oleh karena itu, di kota ini didirikan tugu yang memisahkan bumi belahan utara dan bumi bagian selatan. Bahkan, uniknya lagi bayangan kita tidak terlihat saat matahari tepat berada di tengah-tengah atau tepat di atas kita pada siang hari. 

Itulah beberapa kota unik yang perlu kita ketahui di Indonesia. Ternyata kota-kota ini memiliki keunikan yang tidak kalah dengan kota di negara lain ya! (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top