Lima Jajanan Populer Manado yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Manado – Datang ke Manado rasanya belum lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya. Ngomong-ngomong soal Manado, Manado sendiri merupakan salah satu kota cantik yang ada adalah sebuah kota cantik yang juga terkenal destinasi wisatanya yang oke punya. Terutama wisata laut untuk diving yang paling populer, yakni Taman Laut Bunaken.

Tidak hanya tempat wisatanya semata, sebab kuliner dari Manado juga tidak bisa dikesampingkan. Kuliner berupa jajanan atau sneak tradisional yang ada di Manado berikut memang patut untuk dicicipi. Terlebih jika kamu berasal dari luar kota, lima jajanan berikut sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh berlibur.

Halua kenari
Halua kenari merupakan kue khas Manado yang patut dicoba. Kenapa dinamakan kenari karena bahan dasar pembuatan kue ini sendiri merupakan kacang kenari, yang kemudian dilapisi oleh gula merah. 
Di Manado kacang kenari memang banyak yang menanam dan tumbuh subur di sana. Camilan enak ini bisa ditemukan dengan mudah karena beberapa kios oleh-oleh banyak menjualnya. Harga yang dipatok pun terbilang aman di dompet karena dibandrol mulai dari 10 ribu saja.

Gohu atau Asinan Manado
Asinan Manado yang terkenal adalah Gohu. Gohu sendiri terbuat dari buah pepaya yang diiris-iris tipis. Kemudian ditambah dengan jahe, gula merah, garam, cabe. garam, serta cuka. 
Nah bahan-bahan tersebut kemudian dicampur sehingga akan menghasilkan asinan yang nendang. Biasanya orang Manado akan menambahkan terasi agar aroma serta rasa yang dihasilkan pun semakin kuat.

Pala Manis
Jajanan khas Manado selanjutnya adalah pala manis. Makanan ini konon sudah tersohor sampai negara sebelah lo. Manisan pala di sini sendiri berbeda dengan kebanyakan pala manis di tempat lain karena di Manado, manisan pala dibuat dari buahnya dan ditambah cairan gula. 
Tekstur dari buah pala di sini cenderung mengkilap. Nah yang jadi pembeda adalah di mana di daerah lain untuk memaniskannya adalah menggunakan gula pasir.

Klappertaart
Klappertart mungkin sudah tidak asing lagi. Di mana-mana pasti ada karena kue ini merupakan kue peninggalan bangsa Belanda. Karena benturan tradisi, klappertar di Indonesia pun disesuaikan di masing-masing daerah. Kiappertart atau kue kelapa sendiri dibuat dari kelapa muda yang kemudian dicampur dengan bahan lain seperti gula, tepung, susu, dan lain-lain. 
Kue ini sendiri cenderung awet dibanding kue lain karena bisa tahan sampai 12 jam. Klappertart di Manado pun bisa dijadikan oleh-oleh karena rasa manis yang dihadirkan tentu membuat nagih. Harga kue kelapa ini berkisar 15 ribu. Dan paling enak jika dimakan dalam keadaan dingin.

Kacang goyang
Kalau di Jawa ada kembang goyang, maka di Manado ada jajanan tradisional bernama kacang goyang. Kacang goyang sendiri sangat pas dijadikan camilan ketika santai. Selain itu jajanan ini juga jadi semacam camilan wajib setiap masyarakat Mando mengadakan hajatan. 
Kacang goyang sendiri merupakan kacang atom yang dibungkus tepung terigu dan dilapisi gula di bagian luarnya. Warna yang dihasilkan pun beragam, dan kenapa dinamakan kacang goyang karena dalam proses pemasakannya sendiri dilakukan dengan cara digoyang-goyang. Jajanan ringan ini sendiri dari segi harga cukup bersahabat, yakni kisaran 10 ribu rupiah. Jika kamu tertarik mengethaui proses pembuatannya bisa mampir sejenak ke Kotamobagu. 

Bagaimana? Setelah mengetahui jajanan populer yang ada di Manado pasti langsung ingin mengunjungi kota yang ada di Sulawesi tersebut. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top