Lima Camilan Enak dan Unik dari Kulon Progo Ini Dijamin Bikin Ngiler

Kulon Progo merupakan salah satu daerah yang ada di wilayah Jawa Tengah. Daerah yang memiliki 12 kecamatan ini memiliki kuliner khas yang bisa dibilang unik. Kuliner-kuliner dari Kulon Progo sendiri juga diyakini mampu mengobati sejumlah penyakit. 

Nah, jika kamu sedang berada di Jogja maka tidak ada salahnya untuk berkunjung sejenak ke daerah Kulon Progo, di mana dalam hal kuliner khususnya camilan bisa jadi daftar menu makanan yang wajib buat dicicipi. Di Kulon Progo sendiri juga memiliki panorama keindahan wisata alamnya yang masih asri dan sejuk. 

Berikut ini lima makanan ringan khas Kulon Progo yang terkenal unik dan tentunya lezat buat dicicipi.

Peyek undur-undur
Pernah melihat binatang dengan bentuk bundar dan berjalan mundur? Binatang sebesar biji nasi ini konon dikenal memiliki beragam manfaat. Uniknya nih di daerah Kulon Progo binatang ini justru dijadikan kuliner khas yang menggoda buat dicicipi. Ya, undur-undur laut dibikin peyek. Di mana dalam proses pembuatannya sendiri hampir sama dengan kebanyakan cara mengolah peyek, ada tepung beras yang dicampur tepung kanji, kemiri, bawang putih, santan, dan bumbu lain. 
Makanan ini juga diberi daun jeruk di mana fungsinya adalah menghilangkan aroma amis dari binatang yang hidup di laut tersebut. Peyek undur-unduru khas Kulon Progo ini sendiri dipercaya memberikan manfaat dapat mengobati gula darah tinggi, diabetes, serta stroke. Kamu tertarik untuk mencobanya?

Geblek Kulon Progo
Makanan dengan warna hitam dan putih ini memiliki nama yang unik, yakni geblek. Di mana terbuat dari tepung tapioka dan kanji Untuk tepung tapioka yang digunakan sendiri merupakan tepung tapioka jenis basah. 
Tekstur yang dihasilkan pun terasa lembut dan pas di lidah. Ditambah dengan rasa legit yang menggigit. 

Growol kulon progo
Camilan unik dan tradisional dari Kulon Progo selanjutnya adalah growol. Growol sendiri dibuat dari bahan utama berupa ketela. Di mana dalam proses pembuatannya sendiri memakan waktu lumayan lama, yakni sekitar 4 hari. 
Prosesnya sendiri mula-mula ketela yang sudah dikupas diiris kecil, lalu dihancurkan, proses selanjutnya adalah mengukusnya. Rasa yang dihasilkan dari camilan ini cenderung manis dan konon growol dipercaya dapat menyembuhkan sakit maag lo.

Tempe Benguk 
Jika pada umumnya tempe berbahan dasar dari kedelai. Maka di daerah Kulon Progo, tempe justru terbuat dari tanaman koro atau dalam bahasa setempat dinamai bengok. Rasa yang dihasilkan dari tempe ini sendiri unik dan berbeda dari tempe kedelai. 
Rasanya sendiri tidak kalah gurih dan lezat meski tempe ini memang tidak sepopuler tempe kedelai. Tempe benguk diolah dengan cara digoreng pun sudah enak dan pas. Selain itu tempe benguk juga bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Kulon Progo.

Cenil Kulon Progo
Makanan ringan khas Kulon Progo yang kelima adalah cenil. Cenil merupakan camilan dengan warna yang unik karena berwarna-warni. Tekturnya kenyal dan memiliki rasa asin. Biasanya semakin lengkap ketika cenil diberi parutan kelapa dan saus gula merah. Cenil sendiri dibuat dari bahan dasar tepung kanji atau tepung ketela.
Setelah membaca ulasan di atas pasti kamu langsung tertarik buat berkunjung langsung ke daerah Kulon Progo dan mencicipi kulinernya. Pastinya liburan terasa tidak lengkap kalau belum tahu bagaimana kuliner daerah setempat yang unik dan menarik. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top