Indonesia Sebagai Perhiasan Dunia! Inilah Bukti Bahwa Indonesia Benar-Benar Kaya

Indonesia tidak hanya kaya dalam hal budaya, suku dan bahasanya saja. Tahukah anda bahwa di Indonesia ini juga memiliki hasil bumi yang sangat kaya sehingga banyak produksi dari bahan baku hasil bumi asli Indonesia yang mampu dijual hingga ke beberapa pelosok negara di dunia. 

Oleh karena itulah, Indonesia memiliki kekayaan beragam mulai dari intan, emas bahkan mutiara terbaik di dunia. Hal ini patut kita banggakan. Pasalnya, kandungan hasil bumi Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi ini mulai dilirik oleh negara-negara lainnya. 

Berikut, Kebudayaan Indonesia akan menampilkan beberapa kota di Indonesia yang menghasilkan bahan-bahan perhiasan bernilai tinggi di dunia. 

1. Tambang Emas Kepulauan Martabe – Sumatra Utara, Tapanuli Selatan
Selain Batu Hijau yang ada di Nusa Tenggara Barat dan Papua yang ada di Grasberg, Pulau Martabe, Tapanuli Selatan tepatnya yang ada di Sumatra Utara juga mampu menghasilkan emas sebanyak 250.000 ons atau setara dengan 7,7 ton emas pada setiap tahunnya. Bahkan, cadangan emas yang masih dimiliki oleh Kepualauan Martabe ini masih ada sekitar 5,3 juta ons emas. 
Di Indonesia ini, yang dikenal sebagai wilayah penghasil emas tidak hanya di area sini saja, di wilayah Aceh Selatan, kita bisa menemukan wilayah penghasil emas di daerah Desa Panton Luas. Sekarang, cadangan emas di Indonesia telah mencapai 86, 2 juta ons sehingga Indonesia menduduki enam besar tertinggi sebagai produsen emas terbanyak di dunia.

2. Kota Penghasil Intan Terbesar, Martapura – Kalimantan Selatan
Sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa Martapura adalah kota penghasil intan terbesar yang ada di dunia. Kita pasti tercengang setelah tahu bahwa di kota ini mampu menghasilkan intan 25.093 ton per tahunnya. Tak heran jika di Kota Martapura juga terdapat banyak industri tambang intan yang tersebar hampir diseluruh wilayah ini. 
Kualitasdan mutu dari batu intan di wilayah Martapura jangan ditanya lagi! Batu intan khas Martapura ini tidak hanya diburu oleh pecinta koleksi batu saja melainkan para artis, pejabat dan tokoh-tokoh pengusaha kaya di Indonesia dan dunia pun juga ikut berburu batu Intan khas Martapura. Jika kita berkunjung ke kota ini, kita akan menemukan pasar khusus batu pemata yang dinamakan dengan Pasar Intan Bumi Cahaya Selamat. 

Kita bisa membeli dan melihat-lihat aneka Batu Intan khas Martapura sebelum ke tempat penambangannya. Jangan membayangkan pasar ini mirip seperti di mall-mall yang pernah kita kunjungi sebelumnya! Disini, kita akan menemukan kios-kios kecil yang menawarkan batu intan permata dari berbagai jenis. Harganya pun bervariasi tergantung dengan jenis-jenis batu intan itu sendiri.

3. Kampung Sekarbela, Kampung Penghasil Mutiara – Lombok, Nusa Tenggara Barat
Jika kita ingin berburu mutiara, Kampung Sekarbela adalah tempatnya. Wilayah ini juga menduduki sebagai peringkat terbaik kota penghasil mutiara di dunia. Oleh karena itu, banyak pengrajin mutiara yang ada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan Kota Mataram ini. Profesi ini memang digeluti oleh penduduk sekitar dari generasi ke generasi. 
Tak heran jika mereka dapat mengolah mutiara menjadi perhiasan dalam waktu yang singkat. Kita dapat mengunjungi toko-toko yang menawarkan aneka hasil kerajinan mutiara. Selain diubah menjadi perhiasan berbalut logam mulia, mutiara-mutiara ini juga dapat diubah ke dalam bentuk lain yang lebih unik seperti halnya bross, souvenir, dll. 

Agar kita dapat mengetahui proses pembuatannya dengan jelas, kita bisa juga mengunjungi Mataram Craft Centre yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan lebih tepatnya di area Pegangsaan, Nusa Tenggara Barat. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top