Gedung-gedung Kampus Di Indonesia Ini Tak Kalah Kerennya dengan Luar Negeri

Anda pasti tidak menyangka bahwa gedung-gedung kampus yang memiliki desain unik ini ada di Indonesia. Tujuan dibangunnya gedung kampus dengan konsep yang unik ini adalah untuk memberikan kenyamanan belajar bagi mahasiswa. 

Seain itu, dengan desain gedung kampus yang unik, mereka lebih bersemangat untuk kuliah dan belajar. Berikut ini adalah gedung-gedung kampus di Indonesia yang tak kalah kerennya dengan luar negeri.

1. Gedung Rektorat Universitas Padjajaran (Unpad)
Gedung rektorat yang terletak di Universitas Padjajaran ini terbilang cukup unik. Pasalnya, desain kampus ini mengusung konsep “Lembur Alwi” maksud dari konsep ini adalah memiliki nilai filosofi tentang bambu. 
Bambu merupakan material yang memiliki kegunaan bermacam-macam mulai bahan bangunan hingga makanan. Dari desain yang dirancang, terdapat dua model yang dibangun antara lain konsep rumah panggung modern dan sapu lidi yang berbentuk lingkaran.

2. Binus Alam Sutra – Universitas Bina Nusantara
Kampus ini berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Gedung ini juga memiliki desain yang tak kalah uniknya dengan yang lainnya. Gedung ini memiliki zonasi yang teratur dengan konsep hemat energi serta ramah lingkungan. Hal ini terlihat dalam bentuk bangunannya itu sendiri. Desain kotak-kotak pada gedung ini dilengkapi dengan jendela-jendela yang berukuan besar. 
Fungsi dari jendela-jendela ini adalah memberikan jalan masuk cahaya matahari agar masuk ke ruangan sehingga hemat cahaya lampu. Gedung ini dibangun pada tanah seluas 60 meter persegi. Uniknya lagi, gedung ini juga memiliki sistem penampungan air hujan sehingga dapat digunakan untuk menyirami banyak tanaman yang ada di sekitarnya.

3. Menara Pinisi – Universitas Negeri Makasar
Gedung kampus ini sengaja dibangun menyerupai perahu tradisional ciri khas Makassar. Memang, desain gedung ini terinspirasi dari perahu Bugis milik Makassar. Bangunan ini menjadi gedung tertinggi pertama yang ada di Indonesia. 
Sang perancang Yu Sing dan kawan-kawannya mengembangkan konsep dengan menggunakan sistem fasade Hyperbolic Paraboloid. Lampu-lampu yang berada di lantai 17 biasanya menyala dengan dua belas warna yang berbeda-beda. Kedua belas warna lampu merupakan simbol dari jumlah fakultas yang berada di Universitas Negeri Makassar.

4. New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara
Gedung yang berlokasi di daerah Tangerang tepatnya di daerah Serpong ini juga tak jauh dari konsep yang ramah lingkungan.Kampus megah berlantai dua belas ini dapat menghemat energi hingga 53,25 kWH per meter perseginya. Aplikasi double skin facade inilah yang dapat mengurangi panas hingga 70 persennya sehingga alumunium panel tersebut dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan AC.
Penggunaan intestitas cahaya matahari secara maksimal dapat diaplikasikan melalui ukuran diameter yang berbeda pada setiap pori-pori yang ada pada dinding gedung. Tidak hanya itu saja, dinding ini mampu meredam suara karena tebuat dari campuran super foam dan berbahan beton yang difungsikan untuk mengurangi panas.

5. The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia
Bangunan ini benar-benar didesain sedemikian rupa seperti namanya. Bentuk gedung ini memang berbentuk kristal tidak beraturan dengan posisi mencuat ke atas. Di dalam gedung perpustakaan ini tentunya menampung banyak buku sebanyak enam juta koleksi. Dan, yang tak kalah menakjubkannya adalah gedung ini dapat menampung sampai sepuluh ribu pengunjung sekaligus. Lama pembangunan gedung ini menghabiskan waktu selama enam bulan yang menghabiskan biaya sebesar seratus tujuh puluh miliar rupiah. 
Termasuk cepat dalam pembangunanya. Apabila anda ingin menikmati susana rooftop seperti di film-film Korea, anda tak perlu kuatir pergi jauh ke negara tersebut karena di gedung ini juga disediakan rooftop yang bikin anda betah berlama-lama disana. Selain dapat menikmati taman-taman yang cantik di atas atap seluas 2,5 hektar, dibawahnya anda bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan dalam restoran bernuansa Korea sembari mengerjakan tugas kampus karena di area ini juga disediakan wifi.

Asyik-asyik bukan gedung kampusnya? Jika anda berfoto bersama teman-teman, para netizen yang tidak pernah  kesana pasti tidak percaya kalau anda berada di Indonesia.  (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top