Enam Bahaya yang akan Mengancam Kesehatan Akibat Makan Pedas

Makanan pedas konon dipercaya mampu meningkatkan napsu makan seseorang. Selain itu rasa pedas yang berasal dari cabai merupakan sumber vitamin C terbanyak dibandingkan dengan buah jeruk. 

Meski mengandung vitamin lain seperti B, C, serta E, tapi mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan justru tidak baik bagi kesehatan manusia.

Apa saja sih dampak yang ditimbulkan ketika seseorang mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan? Berikut Kebudayaan Indonesia sajikan enam bahaya yang bisa timbul ketika mengkonsumsi makanan pedas.

Mengkonsumsi Makanan Pedas Penyebab Maag dan Naiknya Asam Lambung
Mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai terlalu banyak dapat memicu terjadinya penyakit maag kronis. Penyakit maag ini disebut juga dengan gejala gastristis, di mana akan berdampak pada rasa mual berlebih, muntah-muntah, serta kram pada lambung, dan berdampak pada terjadinya diare. 

Nah, mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah berlebih serta dalam jangka panjang juga dapat berefek pada naiknya asam lambung seseorang. Di mana dalam dinding lambung akan teriritasi. 

Mengkonsumsi Makanan Pedas Penyebab Terjadinya Insomnia
Jika kamu mengidap gejala susah tidur di malam hari dan terjaga hingga lebih dari tengah malam, bisa jadi pola makanmu ada yang perlu dibenahi. Salah satu yang menjadi faktor dari gejala insomnia tersebut adalah konsumsi kadar cabai berlebih. Nah, ketika sudah tahu hal ini ada baiknya jika dalam mengkonsumsi cabai dikurangi atau tidak terlampau sering agar terhindar dari insomnia.

Mengkonsumsi Makanan Pedas Menyebabkan Diare Serta Mulas
Hal ini pasti sudah menjadi hal yang bisa dibilang cukup umum, di mana mengkonsumsi cabai berlebih dapat menyebabkan terjadinya diare serta perut mulas. Jika hal ini terjadi secara terus menerus akan menyebabkan cairan pada tubuh menjadi minim dan bisa mengakibatkan dehidrasi. 

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bersifat serap dan bersifat basa, seperti roti atau bisa juga dengan langsung memakan daun jambu muda.

Mengkonsumsi Makanan Pedas Menyebabkan Refluks Asam
Refluks Asam bisa juga terjadi karena terlampau sering mengkonsumsi makanan pedas . Hal ini bisa memicu terjadinya kerusakan pada bagian kerongkongan karena makanan pedas cenderung bersifat panas, terlebih bagi yang suka mengkonsumsi makanan pedas ini setiap hari. 

Tentu akibatnya bisa fatal. Selain itu hal buruk yang bisa terjadi adalah rusaknya kerongkongan dan menyebabkan peradangan.

Mengkonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Badan Kurus
Bagi penyuka makanan pedas, ada baiknya untuk sedikit menguranginya. Hal ini dikarenakan jika mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering bisa menjadi pemicu turunnya berat badan. Hal ini dikarenakan jika terjadi diare secara terus menerus, vitamin serta manfaat cabe yang ada dalam tubuh justru bisa hilang.

Mengkonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Sakit Kepala 
Mengkonsumsi masakan pedas ketika keadaan perut sedang kosong bisa menjadi pemicu sakit kepala di mana dari hal tersebut dapat berdampak pada penyakit gastristis.

Setelah mengetahui tentang bahaya mengkonsumsi makanan pedas terlampau sering, apakah kalian berpikir ulang? Maka, memang ada baiknya dalam mengkonsumsi apa pun janganlah terlalu berlebihan, karena meski memiliki kandungan vitamin yang banyak, tapi jika tidak pada tempat dan takarannya justru dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya.

Nah itu dia 8 bahaya makan makanan pedas bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak dan keseringan. Sebaiknya kurangi makan makanan pedas agar manfaatnya yang terkandung pada cabai tidak menimbulkan efek bahaya saat dikonsumsi. Semoga apa yang sudah disampaikan di atas dapat bermanfaat buat kalian semua. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top