Bukan Magic! Ternyata Kemenyan Berguna Bagi Kesehatan

Terlepas dari segala hal yang berbau ghaib, ternyata kemenyan memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Tidak ada kekuatan mistis atau hal-hal yang berhubungan dengan kekuatan supernatural, kemenyan memang bermanfaat bagi tubuh. 

Hal ini sudah diteliti oleh dokter-dokter sebelumnya. Bahkan, dokter Reisa Broto Asmoro sempat mengungkapkan khasiat kemenyan pada salah satu program televisi terkenal.

1. Kemenyan sebagai obat penyembuh luka
Minyak essensial yang diambil dari ekstrak kemenyan ini ternyata dapat menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh gigitan serangga. Kandungan essensial minyak kemenyan ini dapat menyembukan radang yang disebabkan oleh luka yang ada di kulit. 

Namun, perlu anda perhatikan bahwa dalam penggunaan kemenyan dibutuhkan dosis yang secukupnya dan tidak berlebihan karena sifat kemenyan dapat cepat meresap kulit sehingga lebih cepat merasuk ke dalam pembuluh darah.

2. Kemenyan sebagai bahan alternatif pengusir serangga
Saat orang bersemedi, sebenarnya kegunaan kemenyan bukan untuk memanggil roh-roh halus atau demit melainkan mencegah adanya serangga yang masuk. Dengan cara seperti ini, petapa atau dukun bisa lebih berkonsentrasi saat bersemedi di ruang terbuka seperti di kuburan atau di hutan.  

Aroma yang ditimbulkan oleh kemenyan saat dibakar ternyata dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, kalajengking atau serangga. Anda bisa mencobanya sebagai pengganti obat nyamuk di dalam rumah. Tapi, hati-hati ya jika rumah anda benar-benar berhimpitan dengan tetangga! Bisa-bisa tetangga anda berpikiran yang macam-macam seperti menduga bahwa anda memelihara jin atau melakukan praktek perdukunan hehehe.

3. Kemenyan mengandung bahan anti bakteri
Di zaman peradaban timur tengah, kemenyan digunakan sebagai minyak pengobatan anti kanker dan anti bakteri. Tapi, kemenyan sebagai obat anti kanker ini masih belum ditemukan kebenarannya karena para peniliti masih berusaha mencari jawabannya hingga sekarang. Cara menggunakannya memang sebagian besar diambil dari manfaat essensialnya. 

Oleh karena itu, minyak essensial yang diambil dari bahan kemenyan terbagi dari berbagai jenis salah satunya adalah jenis minyak kemenyan frankensen yang berguna untuk mengurangi inflamasi atau pusing sehingga cocok sebagai bahan relaksasi untuk pemijatan. Jika anda ingin menggunakan bahan kemenyan sebagai bahan alami untuk pijat, anda hanya cukup meneteskan kemenyan sedikit saja ke dalam minyak kelapa yang masih murni.

Campuran minyak kelapa dan kemenyan ini tidak hanya berguna sebagai bahan untuk pijat saja melainkan untuk menghilangkan luka, memar dan mampu mengurangi flek hitam di kulit dan lingkar mata panda yang biasa ada di kelopak mata. Minyak ini juga mampu mengurangi kerutan pada kulit wajah lho! Ini adalah tips yang praktis untuk mengencangkan kulit tapi jangan sampai diiringi dengan jampi-jampi nggak jelas ya! lain lagi ceritanya. 

4. Kemenyan dapat digunakan sebagai parfum
Tahukah anda bahwa produk Italia pernah meluncurkan parfum branded berbahan kemenyan dengan merk No 11 Cuir Sytrax. Dengan bangga parfum ini menambahkan nama Sytrax yang merupakan nama latin dari tanaman kemenyan sehingga parfum ini terbilang unik dan tentunya harganya tidak murah. 

Menurut Andria Agusta, PhD, yang merupakan periset Kimia Bahan Alam dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong Jawa Barat mengambil kesimpulan bahwa kandungan Benzoate yang ada di dalam kemenyan ternyata mampu memicu sistem produksi serotonin yang dapat menghasilkan hormon serotonin yang menimbulkan efek bahagia, tenang, dan nyaman.

Pada zaman abad kesepuluh, seorang dokter muslim, Ibnu Sina sempat menggunakan kemenyan sebagai bahan pengobatan Arab yang difungsikan sebagai obat bisul, muntah demam dan disentri. Sedangkan, King Abdul Al-Aziz yang merupakan seorang peneliti dari Universitas Arab Saudi menyatakan bahwa kemenyan mampu menurunkan kolestrol jahat. 

Bahkan, Rasulullah SAW pun suka dengan wewangian aroma kemenyan. Nah, bagaimana? Sudah tidak takut lagi dengan kemenyan kan? Gunakan bahan kemenyan dengan bijak, secukupnya dengan tujuan pengobatan alami bukan dengan tujuan tidak masuk akal ya! (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top