Buah-Buahan Ini Mampu Mengusir Tikus Tanpa Pasang Jebakan

Tikus tidak hanya berperan sebagai hama pengganggu sawah dan ladang melainkan suka mengganggu rumah. Apalagi jika kita membiarkan makanan di suatu ruangan dengan keadaan terbuka, pastinya posisi makanan menjadi berantakan atau bahkan sudah dilahap habis. 

Biasanya tikus juga tidak hanya suka mengobrak-abrik semua di rumah, melainkan juga suka meninggalkan bau dan kotoran yang sering membuat kita jengkel dan tidak nyaman. Untuk mengusir tikus-tikus tersebut ada beberapa hal yang dapat kita lakukan tanpa harus memasang jebakan yang susah payah. Ada beberapa buah yang dapat kita manfaatkan sebagai alternatif pengusir tikus.

1. Buah Kopi
Buah kopi memiliki aroma yang khas sehingga bisa juga digunkan untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap. Nah, aroma yang tidak sedap inilah yang mampu membuat tikus enggan menghirupnya. Aroma kopi yang tajam ini akan membuat tikus tersebut merasa sesak dan tidak ingin kembali lagi. 
Apabila kita kesulitan dalam mendapatkan buah kopi, kita dapat menggunakan bubuk kopi hitam yang dapat ditaburkan di dalam ruangan yang sering dihampiri oleh tikus pengganggu. 

2. Buah Mengkudu
Buah mengkudu biasanya disebut juga dengan buah pace. Buah ini tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh melainkan juga berguna untuk mengusir tikus. Buah ini mengeluarkan aroma yang tidak sedap sehingga tikus juga tidak ingin menghirupnya. 
Disarankan untuk memilih buah mengkudu yang lebih matang karena semakin tinggi tingkat kematangannya, maka semakin tidak sedap aromanya. Agar tikus ini tidak kembali lagi, kita dapat meletakkan potongan buah ini ke tempat yang sering dihampiri oleh tikus tersebut sehingga tempat tersebut tidak diganggu tikus lagi.

3. Buah Durian
Dari semua buah yang sering kita ketahui, buah yang efektif untuk mengusir tikus adalah Buah Durian.  Buah berkulit tajam ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga tikus tidak suka mendekatinya. Untuk mengamankan tempat yang sering dilewati tikus tersebut ada beberapa tips yang dapat digunakan dalam pemanfaatan buah durian. 
Pertama, daging buah durian ini harus diambil bagiannya sedikit dan diletakkan di tempat tersebut. Kedua, letakkan kulit durian yang ada di tempat tersebut sehingga aroma durian ini benar-benar tercium menyengat. Dalam hal ini, aroma buah durian dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tikus secara efektif. 

4. Buah Sirsak
Buah sirsak ternyata juga sangat ampuh dalam membasmi tikus. Namun, bukan buahnya yang digunakan untuk mengusir tikus melainkan kulit buah dan daun sirsaknya. Hampir semua kulit buah yang memiliki permukaan tajam biasanya ditakuti oleh tikus seperti durian dan buah sirsak itu sendiri. Tidak hanya kulit buah sirsak saja yang ampuh membasmi tikus, melainkan daun sirsak juga sangat efektif membasmi tikus. 
Caranya, sobek-sobek daun sirsak dan letakkan sobekan daun sirsak tersebut ke dalam tempat yang biasanya dilalui oleh tikus. Aroma yang dikeluarkan oleh daun sirsak sangat menyengat dan kurang sedap sehingga membuat tikus enggan kembali lagi. Jadi, daun sirsak merupakan alternatif yang pas untuk mengusir tikus. 

5. Buah Bintaro
Buah ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Tapi, tahukah kita bahwa Buah Bintaro juga berperan baik dalam mengusir tikus. Lebih hebatnya lagi, buah ini memiliki racun yang memiliki zat ampuh untuk membunuh tikus dalam waktu cepat. 
Agar tikus tidak balik lagi, kita bisa memotong buah bintaro menjadi dua bagian. Selanjutnya, kita bisa meletakkan potongan Buah Bintaro tersebut ke tempat yang sering dilewati tikus.

Itulah buah-buahan yang bisa kita gunakan sebagai alternatif mengusir tikus tanpa harus memasang jebakan, lem tikus dan bahan-bahan racun yang bisa merusak kesehatan juga. (Chandra WH) 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top