Beberapa Tanaman Ini Cocok Bagi Anda Yang Susah Tidur

Susah tidur atau sering disebut dengan Insomia merupakan masalah terberat yang sering dialami oleh para remaja. Mereka biasanya menghabiskan waktu di malam hari untuk menyelesaikan tugas sekolah atau bahkan bermain game online. 

Insomnia ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit dalam jangka waktu yang panjang terutama pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Nah, dalam artikel Kebudayaan Indonesia ini, anda dapat mencoba beberapa tanaman ini untuk mengatasi insomnia.

1. Tanaman Putri Malu
Tanaman bernama Mimosa Pudica ini sering anda temui di sekitar rumput-rumput liar. Biasanya daunnya mengatup jika terkena rangsangan berupa sentuhan. Tapi, bukan berarti anda akan mengantuk jika disentuh seseorang setelah mengonsumsi ramuan putri malu ya! Tanaman putri malu ini memiliki zat tranquiliser yang menimbulkan efek menenangkan bagi anda. 
Selain itu, efek yang ada pada tanaman putri malu juga dapat merelaksasi otak anda agar dapat tidur dengan tenang. Untuk membuat ramuan putri malu sangatlah mudah yaitu dengan cara merebus daunnya sebesar 30- 60 gram kemudian diminum airnya.

2. Sawi Langit
Tanaman sayur yang biasa disebut dengan sawi langit ini tidak hanya bermanfaat sebagai insomnia saja, melainkan untuk menambah daya kekuatan saat anda merasa kelelahan. Kandungan zat bernama neurasthenia inilah yang membuat efek semangat. 
Anda dapat mengonsumsi sawi langit dalam dosis kering sebanyak 10 – 15 gram atau dalam keadaan segar sebanyak 30 sampai 60 gram. Jadi, anda bisa tidur pulas dan bangun tetap segar.

3. Buah Ceri
Mengonsumsi jus buah ceri ternyata bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Berdasarkan kesimpulan yang didapat dari seorang peneliti asal Unversitas Northumbria fakultas School of Life Sciences, kandungan zat yang ada pada buah ceri mampu meningkatkan kadar melatonin yang mampu memaksimalkan hormon pengatur tidur. 
Peneliti melakukan eksperimen dengan cara membuat jus ceri sebanyak 30 ml yang diminum oleh sekelompok relawan. Responden yang meminum jus ceri ternyata mampu meningkatkan kualitas tidur yang efektif. Dengan cara meminum jus ceri dua kali sehari selama tujuh hari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur dengan durasi peningkatan sebesar 25 menit.

4. Tanaman Kayu Putih
Kulit dari pohon tanaman kayu putih ini ternyata tidak berfungsi sebagai pengobatan insomnia saja melainkan untuk menghilangkan rasa stress dan kelelahan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan cara merebus kulit kayu pohon minyak kayu putih 6 sampai 10 gram yang sudah dipotong-potong. 
Air yang digunakan untuk merebus sebanyak tiga gelas saja dan biarkan hingga airnya sedikit sebanyak satu gelas. Saring air rebusan kulit kayu tanaman minyak kayu putih dan dinginkan. Jika air ramuan sudah mulai dingin, anda baru dapat meminumnya.

5. Adas Manis
Dalam hal meracik ramuan untuk Insomnia, maka yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian buah dari adas itu sendiri. Anda dapat mengumpulkan buahnya terlebih dahulu kemudian menjemurnya hingga kering. Setelah itu rebus buah adas yang kering sebanyak 3 sampai 9 gram. Saring rebuah buah adas dan minumlah air rebusan buah adas. 
Selain itu, anda juga bisa menggiling buah adas dan mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air hangat. Supaya rebusan adas manis terasa lebih nikmat, anda bisa menggunakan tambahan madu alami atau gula jawa untuk meminumnya. Seharusnya, adas diseduh dengan air mendidih dan diminum selagi hangat. Agar adas dapat berfungsi lebih optimal, anda dapat meminumnya satu jam sebelum tidur.

Nah, ternyata tidak susah kan mencari obat yang tepat agar kita mudah tertidu pulas. Jadi, anda tak perlu mengonsumsi obat tidur saat anda ingin tidur lebih efektif  karena obat tidur memiliki efek samping yang negatif bagi organ lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba mengonsumsi tanaman diatas untuk mengatasi insomnia. Selain murah dan sehat, tanaman-tanaman tersebut juga mudah di dapatkan di sekitar rumah anda bukan? (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top