Tidak Disangka! Sungai-Sungai Unik Ini Ternyata ada di Indonesia

Indonesia terkenal dengan panorama alami yang menakjubkan.
Tidak hanya laut, gunung dan hutan saja, sungai-sungai dibawah ini benar-benar menakjubkan. Uniknya lagi, kita tidak menyangka bahwa sungai-sungai tersebut ada di Indonesia.

Sungai-sungai ini bahkan mirip dengan sungai yang biasa kita temukan di luar negeri. 

1. Sungai Maron di Pacitan
Jika kita ingin menikmati Sungai Amazon di Indonesia, tidak perlu berlayar sampai ke Brasil karena kita dapat menemukan sungai mirip Amazon di Pacitan tepatnya Kecamatan Pringkuku, Desa Dersono. 
Asyiknya, kita bisa berlayar di sungai Maron yang kemudian bermuara menuju Pantai Ngiroboyo. Kita akan disambut dengan pohon yang berjajar dan lebat layaknya hutan Amazon sepanjang perjalanan di sungai ini. 

2. Sungai Kalisuci di Gunung Kidul
Sensasi rafting bagi kita yang senang dengan petualangan ini akan merasakan suasana alam mirip di gua-gua terkenal di Negara Selandia Baru. Tempat gua-gua yang ada di sungai tersebut biasa disebut dengan Cave Tubing. Kita bisa menikmari petualangan ala Selandia Baru ini Kalisuci tepatnya di Gunung Kidul. 
Hal yang paling seru adalah saat melewati gua bawah tanah dengan berbekal helm pelindung, ban karet, jaket pelampung untuk memasuki sungau bawah tanah.  Di lorong gua bawah tanah yang gelap ini akan menambah serunya perjalanan yang kita rasakan disana.

3. Sungai Kampar di Riau
Ternyata bermain selancar tidak hanya di laut, tetapi bisa juga di sungai. Uniknya, sungai yang berada di Riau ini memiliki ombak yang cukup besar di waktu-waktu tertentu terlebih lagi saat bulan purnama. 
Pada saat bulan purnama penuh, ombak sungai ini mencapai ketinggiannya hingga tiga meter sehingga dapat ditunggangi dengan menggunakan selancar. Penduduk lokal biasanya menyebut ombak besar ini dengan sebutan Bono. Melihat pemandangan orang berselancar di sungai ini layaknya seperti melihat pemandangan di Amerika atau di Hawai.

4. Sungai Martapura di Kalimantan Selatan
Melihat aktivitas pasar terapung yang kita temukan di sungai ini mirip dengan pemandangan pasar terapung yang ada di Thailand yaitu di Pasar Terapung Pattaya. Pasar terapung yang ada di Banjar, Kalimantan Selatan ini disebut dengan Pasar Terapung Lok Baintan. 
Pasar ini masih tergolong Pasar Tradisional. Sedangkan pedagang yang biasa berjualan di pasar terapung ini disebut juga dengan Jukung. Kita dapat menghampiri masing-masing pedagang dengan menggunkan perahu atau juga memanggil para pedagang dari tepi sungai sehingga para pedagang tersebut akan menghampiri pembeli.

5. Sungai Ayung di Bali
Jika kita berkunjung ke Bali, tempat yang paling eksotis tidak hanya wisata pantainya yang mendunia saja melainkan ada beberapa tempat indah yang belum diekspos termasuk sungainya. Jika kita berkunjung ke Gianyar tepatnya di Ubud Bali ada sebuah sungai menakjubkan bernama Sungai Ayung. 
Panorama sungai ini mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Bahkan, di tepi Sungai Ayung ini juga menawarkan spa. Pengunjung yang ingin menikmati spa di pinggir sungai ini akan ditidurkan di atas batu kali yang besar. Kita akan menikmati sensasi pijat spa yang nyaman. Selain itu, suasana spa semakin sejuk diiringi dengan suara kicauan burung alami yang dapat menenangkan jiwa.

Sangat mengejutkan ya kalau sungai-sungai ini ternyata ditemukan di negeri tercinta kita! Tak usah jauh-jauh ke negeri orang kalau di negeri kita sendiri ada beberapa tempat alam tersembunyi yang keindahannya tidak kalah dengan negara lain. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top