Tidak Biasa! Transportasi-Transportasi Tradisional Ini Jarang Ditemui di Kota Lain

Transportasi merupakan alat penting dalam hal apapun yang berhubungan dengan segala aktivitas di luar rumah. Tidak hanya itu saja, transportasi juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengirim barang-barang dagangan terutama bagi para pengusaha yang mengembangkan bisnis online. 

Agar dapat mengetahui lebih lanjut tentang transportasi unik, Indonesia memiliki beberapa transportasi tradisional yang wajib kita ketahui.

1. Cimodo
Cimodo merupakan kepanjangan dari Cikar, Mobil dan Dokar. Transportasi tradisional khas Pulau Lombok ini perpaduan dari ketiga transportasi tersebut. Tenaga transportasi ini menggunakan tenaga Kuda. Sepintas, transportasi ini mirip dengan delman. Namun, jika kita amati lebih detail, transportasi ini tidak memiliki roda kayu melainkan roda ban mobil. 
Selain roda ban mobil, letak perbedaanya ada pada kursi penumpang. Jika delman memiliki bentuk kursi yang kotak, Cimodo memiliki bentuk kursi seperti kursi penumpang pada mobil. Dijamin membuat kita lega duduk di kursi Cimodo karena jarak kursi antar penumpang lebih luas daripada bendi atau delman.

2. Klotok
Klotok merupakan satu-satunya transportasi sungai yang unik di Indonesia. Bentuk transportasi ini mirip dengan kapal mini yang berfungsi sebagai transportasi air di wilayah Kalimantan. Klotok adalah transportasi yang sangat dibutuhkan di wilayah yang memiliki sebagian besar permukaan rawa-rawa dan sungai ini. Fungsi dari transportasi ini memang diperuntukkan bagi warga setempat yang ingin menyebrangi sungai. 
Nama Klotok yang diambil dari transportasi ini berasal dari suara mesin penggerak kapal yang berbunyi “tok tok tok.” Terdapat dua bagian yang dapat dinaiki oleh para penumpang yaitu pada bagian atap dan bagian bawah kendaraan. Letak ruangan penumpang yang sebenarnya ada pada bagian bawah kapal. 

Di dalamnya juga terdapat kursi yang letak posisinya berhadapan langsung dengan atap sebagai fungsi untuk melindungi penumpang dari sengatan cahaya matahari. Apabila penumpang ingin melihat pemandangan yang luas dari atas kapal, kita bisa duduk di tempat penumpang bagian atap. Sebenarnya atap di bagian kapal ini bukan bagian dari tempat duduk penumpang melainkan hanya tempat untuk melihat pemandangan dari atas saja.

3. Bentor
Bentor merupakan kendaraan unik di Indonesia. Kendaraan ini sering kita temukan di beberapa kota seperti di Sumatra, Halmahera dan Pulau Tidore. Dinamakan Bentor karena kendaraan ini merupakan gabungan dari becak dan motor. 
Bentuknya memang becak tetapi menggunakan tenaga sepeda motor tidak menggunakan sepeda kayuh layaknya becak biasa. Jika kita mencoba naik Bentor, kita seperti sedang menaiki becak biasa. Tapi, suara motor yang terdengar cukup keras membuat kita menyadari kalau becak yang kita tumpangi menggunakan tenaga motor. Bentor ini bisa memuat dua penumpang saja.

4. Pedati
Pedati adalah kendaraan tradisional yang berasal dari Kabupaten Indramayu, propinsi Jawa Barat. Roda yang ada di kendaraan ini terdiri dari dua sampai empat buah. Fungsi dari kendaraan Pedati ini biasanya digunakan untuk membawa serta mengangkut barang-barang berat seperti halnya hasil bumi, bahan berat dan bahan bangunan yang lainnya. 
Biasanya Pedati menggunakan tenaga Sapi, Kerbau atau Lembu. Alat transportasi ini biasanya beroperasi pada malam hari agar tidak menganggu proses kelancaran kendaraan lain di lalu lintas jalan raya. Transportasi ini sekarang sudah jarang ditemui sehingga sudah terbilang langka. Funsgi dari pedati ini menjadi berubah haluan seiring dengan berkembangnya zaman dan mulai banyak bermuculan transportasi baru.

Jika ingin mencoba kendaraan-kendaraan ini, tidak ada salahnya mencoba datang ke tempat-tempat wilayah transportasi itu berada. Tapi, sangat disayangkan beberapa kendaraan ini sudah terbilang langka karena banyaknya transportasi baru yang bermunculan khususnya transportasi berbasis online (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top