Menakjubkan! Wisata Taman Laut Ini Bakal Menghipnotismu

Indonesia memiliki wilayah permukaan yang sebagian besar terdiri dari lautan. Hal ini karena di Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil sehingga besarnya wilayah lautan lebih luas dari wilayah daratan. 

Oleh karena itulah potensi wilayah lautan di Indonesia sangat banyak terutama wisata-wisata taman lautnya. Mari kita menjelajah lebih dalam menuju taman-taman laut di Indonesia yang bikin kita terhipnotis.

1. Taman Laut Karimun Jawa
Wilayah Pulau Jawa memiliki taman laut yang tidak kalah dengan wilayah lain yaitu di Pulau Karimun Jawa.  Kamu bisa mencoba jelajahi taman yang ada di Jepara, Jawa Tengah ini dengan cara diving atau bisa juga dengan snorkeling. Kamu akan menemukan warna-warni ikan yang menarik. 
Dari beberapa sumber blog yang saya temukan, sedikitnya 242 jenis ikan hias yang hidup di taman laut Karimun Jawa ini. Selain ikan hias, ada juga keong gelung, junai emas dan penyu yang membuat daya tarik taman laut ini semakin besar.

2. Taman Laut Rubiah
Selanjutnya kita bergeser wilayah Indonesia paling barat yaitu di wilayah Sabang. Ternyata, taman laut yang ada di Pulau  Rubiah menyimpan panorama taman laut yang tidak kalah indahnya dengan taman laut yang biasa ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur. 
Walaupun wilayah taman laut ini tidak luas atau hanya seluas 2600 hektar saja, taman laut yang ada di pulau ini menjadi salah satu destinasi tujuan tempat wisata diving paling direkomendasikan bagi para penyelam. Kita akan menemukan beberapa jenis ikan seperti ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa dan ikan hiu.

3. Taman Laut Banda
Setelah itu kita memasuki wilayah timur Indonesia yaitu Taman Laut Banda yang merupakan taman laut yang ada di Maluku Tengah. Ikan-ikan yang kita jumpai sangat bervariasi mulai ikan kerapu, kerang purba dan ikan hiu. Pada tahun 2006, taman laut ini dinobatkan sebagai wilayah warisan bawah laut yang dikenal dengan julukan surga bawah laut Indonesia

4. Taman Laut Bunaken
Taman laut yang berada di propinsi Sulawesi Utara ini pasti tidak asing di teminga kita. Pasalnya, taman laut ini terkenal dengan keindahan dan kekayaan laut yang ada di dalamnya. Luas wilayah Taman Bunaken ini kurang lebih sebesar 75.000 hektar dan menyimpan banyak sekali jenis spesies bawah laut seperti koral, moluska, jenis-jenis ikan hias. 
Apabila kalian senang diving di taman ini, maka jangan sampai ada yang terlewatkan sesuatu yang menakjubkan dalam taman laut Bunaken, yaitu Underwater Great Walls yang merupakan dinding bawah laut yang paling indah disini. Tempat ini yang menjadi lokasi daya tarik dalam taman laut Bunaken.

5. Taman Laut Raja Ampat
Sekarang saatnya menjelajahi taman laut yang ada di wilayah Indonesia paling timur yaitu Taman Laut Raja Ampat. Wilayah taman laut Raja Ampat sangatlah luas, yakni mencapai 4 juta hektar sehingga dijuluki sebagai taman laut terluas yang ada di Indonesia. 
Karena luasnya wilayah taman laut ini, ekosistem laut ini dapat menyimpan spesies lokal sebanyak 537 jenis koral. Jumlah koral ini jika di presentasekan sejumlah seperempat persen dari jumlah koral yang ada di dunia. Selain taman bawah laut, kamu juga bisa menemukan indahnya warna-warni spesies ikan hias dan terumbu karang yang hidup dibawah laut Raja Ampat. (Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top