Menakjubkan! Pulau-pulau Unik Ini Hanya Ada Nusantara

Indonesia terkenal akan pulau-pulau nya yang bermacam-macam. Nusantara adalah julukan bagi Indonesia akan negara kepulauannya.

Nusa berarti pulau. Indonesia memiliki julah pulau yang tapa batas. Oleh karena itu, jumlah pulau di Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya. Tentunya, kita akan menemukan beberapa pulau unik yang dapat kita simak berikut ini:

1. Pulau Lumba-Lumba, Flores
Pulau yang berlokasi di Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki bentuk yang khas yaitu mirip dengan lumba-lumba. Bentuk pulau yang sangat indah ini mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara sehingga pulau ini menduduki peringkat sepuluh besar pulau terunik di dunia. 
Jika dilihat dari atas langit, bentuk pulau ini memang sangat mirip dengan bentuk lumba-lumba yang muncul dari atas permukaan. Uniknya lagi, di sekitar pulau ini juga dihuni oleh beberapa lumba-lumba. Wah, kebenaran nama Pulau Lumba-Lumba ini semakin lengkap ya! Mungkin karena itulah pulau ini dinamakan dengan Pulau Lumba-Lumba. 

2. Pulau Maratua (Kakaban)
Salah satu hal yang unik dalam Pulau Maratua adalah memiliki pantai dalam dan pantai luar yang menjadi satu dalam area pulau. Pulau ini merupakan pulau yang ada di wilayah terluar Indonesia dan menjadi titik tumpu area Zona Ekonomi Eksklusif laut Indonesia. Apabila dilihat dari satelit, bentuk pulau ini mirip dengan tapal kuda. Untuk mencapai pulau ini, kita membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar tujuh jam. Tiga jam perjalanan di daratan dan empat jam perjalanan di laut dari Kota Berau Kalimantan Timur menuju ke Maratua. 
Mengingat letak pulau ini yang jauh dan membutuhkan biaya  serta waktu yang cukup banyak, jarang sekali orang-orang yang bermain di pantai. Oleh karena itu, bentuk pasir di pulau ini memiliki pola yang unik. Kita dapat menikmati perjalanan lautan dengan sampan yang dapat kita dayung sendiri. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat menerobos hutan hujan melewati jalan perintis dengan menyewa sepeda motor. Terkadang kita juga akan menjumpai biawak sepanjang satu meter yang sedang berjemur di jalanan. Di tengah-tengah pulau juga terdapat Danau Kakaban. 

3. Pulau Kumala
Pulau yang ada di  Tenggarong, Kalimantan Timur ini dijuluki dengan pulau yang memiliki aneka wahana permainan seru. Keunikan tempat ini adalah adanya wahana permainan layaknya di ancol yang terdapat di tengah-tengah Sungai Mahakam. Jarang sekali ditemukan di pulau-pulau yang lain ya? Tempat wisata ini juga sering disebut sebagai Pantai Kumala. 
Awalnya, Pulau ini merupakan sebuah delta sungai yang permukaannya sering terendam air sungai apabila kondisi air sungai meluap. Wahana permainan yang bisa kita ikuti sangat banyak seperti jet coaster, bombom car, komidi putar, gokart, kereta mini dan kereta gantung. Jarang ada ya wahana di tengah pulau seperti ini? Kita dapat melihat landscape Kota Tenggarong dengan menaiki Sky Tower setinggi 75 meter. 

4. Pulau Dea-Dea
Ternyata tidak hanya di Pulau Tashiro saja yang disebut dengan Pulau Kucing. Di pulau yang berlokasi di Sulawesi Barat ini juga dihuni oleh ratusan spesies jenis kucing. Di pulau yang ada di Kabupaten Polewali ini memang benar-benar dihuni oleh populasi kucing dan tidak ada satu manusia pun yang hidup di pulau ini. 
Para kucing ini memang sudah berkembang biak sejak puluhan tahun yang lalu sehingga setiap tahun populasi kucing ini meningkat. Mungkin Pulau Dea-Dea ini menjadi surga bagi para kucing ya! Semua kucing yang ada di pulau ini memang hidup dan berkembang biak tanpa campur tangan manusia sehingga karakter kucing ini liar. Jadi, kita perlu berhati-hati jika ke pulau ini. 

Masih banyak lagi pulau unik di Indonesia yang belum pernah kita ketahui. Ini bukti bahwa Indonesia masih menyimpan kekayaan pulau yang tak ada batasnya. (Chandra WH) 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top