Melihat Kota Malang dari Macito (Malang City Tour)

Berkeliling menikmati indahnya Kota dengan menaiki sepeda motor adalah hal yang biasa. Tapi, bagaimana jika bisa menikmati indahnya kota dengan berkeliling menggunakan bus tingkat khusus pariwisata. Menaiki bus tingkat khusus pariwisata dengan berkeliling kota adalah hal yang tidak biasa. Sensasi berbeda saat kita bisa melihat kota dari dalam bus atau di tingkat paling atas. Nah, bagaimana sensasi menaiki Malang City Tour atau yang biasa disebut dengan Macito? Ayo, kita iuti informasi ini bersama-sama. 

Operasional Macito (Malang City Tour)
Bus tingkat khusus wisata Kota Malang ini biasanya beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu yaitu pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Namun, khusus pada hari Minggu, jam operasional Malang City Tour ini dimulai dari jam 10.00 sampai dengan jam 12.00. Pemberhentian Bus Malang City Tour ini biasanya ada di Taman Rekreasi Kota Malang atau yang biasanya disebut dengan Tarekot. 

Tempat pemberhentian Bus Malang City Tour ini biasanya berhenti tepat di area Kantor Dinas Pariwisata kota Malang. Untuk bisa menaiki bus ini, kita tidak perlu membayar biaya ongkos naik karena untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Macito ini kita dapat berkeliling Kota Malang secara gratis. Bus berkapasitas 40 orang ini biasanya penuh saat weekend atau hari libur.

Jalur operasional Malang City Tour
Kita bisa menikmati tempat-tempat wisata menarik yang ada di Kota Malang ini dengan menggunakan bus hijau bertingkat dua ini. Disitu, kita akan didampingi oleh guide atau pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang tempat-tempat, sejarah serta asal mula nama jalan yang dilalui jalur Malang City tour. 

Adapun jalur yang dilewati oleh bus wisata bertingkat dua ini mulai dari Jalan Majapahit-Pasar Kesenian dan Pasar Burung Splendid-Gereja Kudus Paroki Zaman Belanda-Alun-alun Merdeka-Jalan Kauman- Museum Brawijaya-Jalan Ijen-Kembali ke Alun-Alun Tugu sampai Balai kota dan kembali lagi menuju Taman Rekreasi Kota Malang.

Sensasi unik berkeliling Kota Malang dengan Malang City Tour.
Awalnya saya tidak berniat menaiki Malang City Tour ini. Tapi, bus ini justru akan memulai beroperasi saat saya berada disana. Akhirnya, saya tidak melewatkan kesempatan baik ini untuk masuk ke dalam bus tersebut dengan teman saya bernama Mas Andri. Untuk masuk bus ini pada hari minggu dibutuhkan tingkat waspada dan kehati-hatian. Pasalnya, banyak penumpang yang berebut ingin menaiki bus di lantai atas atau lantai kedua. Jadi, kami mendapatkan kursi kosong di lantai pertama. 

Walaupun kami hanya dapat melihat-melihat sekeliling Kota Malang dari dalam, tetapi perjalanan seperti itu benar-benar berbeda dan menyenangkan. Pada saat bus berhenti di taman yang berada di dekat Jalan Ijen Boulevard atau Jalan Simpang Balapan, sopir bus menyarankan bahwa semua penumpang yang ada di atas bergantian duduk di lantai bawah, sedangkan penumpang yang ada di lantai bawah pindah posisi ke atas sehingga semua penumpang bisa merasakan lantai atas dan lantai bawah Bus Malang City Tour. 

Uniknya, saat kami berada di atas Bus Malang City Tour, ada beberapa hal yang membuat kami terkejut. Kejutannya saat bus melewati beberapa pohon, rambu-rambu dan kabel-kabel listrik penghubung. Kami harus terus-menerus merunduk seperti hendak tiarap untuk menghindari benturan kepala dari pepohonan atau sesuatu yang menghalangi dari atas. Sepertinya, sensasi seperti inilah yang membuat perjalanan semakin seru dan tidak ada di tempat lainnya. 

Perjalanan berkeliling Kota Malang menggunakan Bus Malang City Tour memang berbeda dengan menggunakan kendaraan seperti biasanya. Jika anda ingin mencoba berkeliling Kota menggunakan bus ini, anda bisa berkunjung dahulu ke Taman Rekreasi Kota Malang untuk menaikinya. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top