Lima Tempat Keren di Kalimantan Tengah yang Sayang Kalau Sampai Dilewatkan

Berbicara mengenai suku dan budaya, Kalimantan merupakan daerah yang bisa dibilang masih memegang kuat akan nilai luhur nenek moyang mereka. Beragam kebudayaan serta seni ada di Kalimantan, tak terkecuali akan keindahan alamnya yang terjaga asri hingga saat ini.

Jika sedang berada di Kalimantan, datanglah ke Kalimantan Tengah sebab di daerah ini terdapat sejumlah tempat wisata keren nan megagumkan yang memang sangat sayang jika sampai dilewatkan begitu saja. Mengunjungi tempat yang masih asri dan memiliki atau bersinggungan dengan adat tentu semakin menambah khasanah ilmu atau pengetahuan kita. Berikut Kebudayaan Indonesia sajikan lima tempat keren yang patut kamu datangi jika berada di Kalimantan Tengah.

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional yang berlokasikan di semenanjung daya. Taman ini sendiri bisa dibilang adalah cagar alam serta tempat berkumpulnya satwa yang dilindungi pemerintah. Luas daerah ini sendiri kurang lebih 415.000 hektar dan dikelola oleh UPT Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementrian Kehutanan. 
Di tempat ini kamu bisa melihat pohon-pohon beragam jenis yang menjulang tinggi. Pula kamu juga akan menemukan satwa seperti orangutan Kalimantan, bekantan, owa Kalimantan, labi-labi, dan masih banyak lagi primata lain yang bisa dibilang keberadaannya hampir langka. 

Taman Nasional Bukit Raya
Taman Nasional Bukit Raya adalah kawasan konservasi yang digunakan sebagai taman nasional dan berlokasikan di jantung-nya Pulau Kalimantan. Taman ini sendiri mempunyai fungsi yang bisa dibilang vital, sebab digunakan sebagai catchment untuk aliran sungai melawi. 
Hutan yang merupakan jenis hutan tropis ini memiliki sejumlah arena wisata seru yang bisa kamu coba, di antaranya arung jeram, bagi yang suka aktivitas mendaki dapat melakukan hal tersebut dengan mendaki bukit baka atau bukit panjing dan lesung. Tidak hanya itu kamu bisa merasakan sensasi air panas sepan apoin dan air terjun demang. Di sini kamu juga dapat menemukan beruang madul, kesadu, musang wisel, orangutan, dan masih banyak lagi.

Danau Tahai
Danau Tahai menawarkan sensasi tenang dengan nuansa pedesaan. Danau ini berlokasikan di Desa Tahai, Tumbang Tahai, dan jika kamu dari kota Palangkaraya bisa ditempuh dalam waktu 35 menit. Di dekat danau ini sendiri terdapat hutan yang rindang. Bagi kamu penyuka aktivitas berpetualang dapat menjelajahi kawasan hutan yang menawarkan sensasi asri, namun juga menantang. 
Di hutan tersebut kamu bisa menemukan uwak-uwak, sejenis kera yang sudah sangat langka. Untuk fasilitas yang bisa kamu cicipi di danaunya sendiri seperti sepeda angsa, dayung, berkaraoke, menikmati wisata kuliner di sekitar dan masih banyak lagi.

Rumah Adat Betang
Rumah betang juga bisa disebut dengan rumah panjang merupakan rumah adat dan khas suku Dayak Kalimantan. Di mana dalam rumah tersebut terdapat nilai tradisi serta benturan kebudayaan yang sangat kental. Seperti pada umumnya rumah radankg, rumah adat yang ada di Kalimantan ini dibangun menggunakan kayu ulin. Biasanya dalam satu rumah terdiri dari 35 pintu. Menarik sekali bukan untuk dikunjungi?


Pantai Ujung Pandaran
Wisata kelima, namun bukan yang terakhir sebab masih banyak tempat wisata di Kalimantan yang dapat kamu datangi. Kali ini ada pantai Ujung Pandaran. Pantai yang berlokasikan di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit ini bisa kamu tempuh dengan jarak 80 km dari kota Sampit. 
Di sini kamu akan dibuat terpesona pada keindahan pasir putih serta biota laut yang bisa dibilang masih cukup banyak. Pantai ini sendiri dapat dikategorikan pantai landai di mana berbatasan dengan laut jawa. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top