Lima Kuliner Enak Betawi selain Nasi Uduk dan Gado-Gado

Berbicara kuliner Indonesia pastinya ada banyak sekali. Setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing, tak terkecuali di daerah Jakarta atau juga dikenal dengan sebutan Betawi. Makanan dari Betawi sendiri beragam ya, dan yang paling dikenal adalah nasi uduk, ketoprak, gado-gado, juga kerak telor. Namun, kuliner Betawi tidak hanya itu saja lo karena masih ada banyak sekali makanan khas Jakarta yang wajib buat dicicipi.

Berikut Kebudayaan Indonesia merangkum lima kuliner khas Betawi yang sayang jika sampai dilewatkan, khususnya bagi kamu yang berada di Jakarta.

Laksa Betawi
Sudah pernah mendengar nama laksa? Laksa sendiri lebih mirip kari di mana di dalamnya ada mie, kerang, pergedel ikan, toge, dan udang. Yang menjadikannya spesial adalah kuah bersantan yang pedas dalam satu wadah tersebut. Tidak terbayang ya bagaimana kelezatan makanan satu ini, terlebih dinikmati di musim penghujan. 
Laksa Betawi
Makanan ini sendiri semakin enak jika ditambah dengan sambal dan otak-otak ikan. Laksa sendiri dulunya menjadi makanan khas masyarakat peranakan atau Tionghoa yang tinggal di Semenanjung Inggis. Kepopuleran laksa sendiri bahkan sampai ke negera sekitar lo seperti di Singapura dengan nama makanan yang tidak berubah, laksa.

Ketupat Sayur
Ketupat pasti identik dengan lebaran, namun bagi kamu yang ingin menikmati kelezatan ketupat saat hari biasa bisa sekali mampir ke rumah makan yang di Jakarta, sebab nih tidak sedikit pula yang menjadikan ketupat sayur sebagai menu utama. 
Ketupat Sayur
Ketupat di Betawi disajikan dengan sayur khas, yakni berupa isian pepaya muda serta kacang panjang dengan kuah santan yang gurih dan nendang. Biasanya akan ditambah dengan kerupuk kanji juga semur telur, tahu atau tempe sebagai pelengkap.

Semur Jengkol
Semur jengkol. Makanan yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ada yang mengatakan jika jengkol hampir mirip dengan daging sapi dari segi tekstur dan rasanya jika diolah dengan benar. 
Semur Jengkol
Pengolahan masakan yang punya aroma tersendiri ini bisa dibilang cukup lama. Semur jengkol sendiri banyak disukai karena rasanya yang enak dan selalu bikin nambah. Makanan khas betawi ini juga mulai banyak ditemukan di segala penjuru nusantara.

Soto Betawi
Soto merupakan makanan khas Indonesia yang bisa dibilang ada di mana-mana, namun dari segi pengolahannya bisa dibilang setiap daerah punya ciri khas masing-masing. Di Jakarta soto juga diracik denga kekhasan betawi yakni berkuah santan. Rasa yangdihasilkan pun lain dan tidak akan ditemukan di daerah lain tentunya. 
Soto Betawi

Nasi Ulam
Nasi ulam, jika di jawa ulam merupakan nama untuk lauk. Nasi ulam menjadi makanan kelima khas betawi yang patut buat kamu cicipi. Makanan ini sendiri berupa nasi yang selajutnya dicampur dengan bumbu-bumbu rempah sehingga menimbulkan rasa yang khas, apalagi diolah dengan daun pegangan dan kemangi. Hidangan satu ini sendiri merupakan benturan dari budaya melayu yang terserap di Indonesia. 
Nasi Ulam
Nasi ulam betawi ini sendiri ada dua jenis, yakni ulam basah dan ulam kering. Dalam penyajiannya sendiri nasi ulam biasa dihidangkan dengan sambal, taburan kacang tanah, serundeng, lalu di atasnya akan diberi lauk sebagai teman nasi seperti telur dadar, pergedel, kerupuk, tahu tempe goreng, juga ayam dan dendeng. Rasa gurih nasi yang diolah dengan bumbu sebelumnya berpadu lauk akan menambah lahap dalam memakannya. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top