Keajaiban Danau Labuan Cermin, Menaiki Perahu Seakan Melayang Di Kaca

Indonesia memiliki banyak tempat-tempat eksotis. Tidak hanya laut, gunung dan hutan tetapi juga danau-danau di Indonesia ini terbilang cukup unik. Salah satu danau yang unik adalah Danau Labuan yang ada di Kalimantan Timur. Mengapa Danau ini disebut dengan danau cermin? Informasi berikut ini akan menjelaskan tentang seperti apa Danau Labuan cermin yang sesungguhnya.

Melihat ikan-ikan kecil di dalam Danau Labuan
Lokasi Danau Labuan ini terletak di Desa Labuan Kelambu, lebih tepatnya di Kecamatan Biduk-biduk yang berada di Kalimantan Timur. Untuk melakukan perjalanan kesana dibutuhkan waktu selama enam hingga tujuh jam untuk sampai ke tempat ini dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. 
Wisatawan biasanya mampir ke Kepualauan Derawan untuk mencapai lokasi Berau. Di bawah Kepualauan derawan juga terdapat surga dunia yang begitu mengagumkan. Di bawah surga dunia yang ada di Kepulauan Derawan ini, kita akan dimanjakan dengan pemandangan ikan-ikan kecil yang unik dan keren. Jadi, gerombolan ikan tersebut terlihat juga dari atas air yang jernih.

Campuran air tawar dan air asin
Warna air danau ini sangat unik karena gradasi warna birunya yang dimulai dari biru muda, biru tua, putih dan biru kehijauan yang terliat di wilayah terluar area danau sehingga warna –warna tersebut nampak menakjubkan dari jauh. Airnya sangat jernih, saking jenihnya danau ini seakan diselimuti dengan kaca bening. Oleh karena itu, danau ini biasanya disebut dengan danau cermin. Danau yang berada dibawah lindungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin (Lekmalamin) ini merupakan percampuran antara danau air asin dan air tawar. 

Pada permukaan air danau ini, kita akan merasakan asinnya air danau. Sedangkan di dasar air laut, airnya tawar. Lebih uniknya lagi, apabila kita menyelam ke danau lebih dalam, maka kita akan melihat dengan jelas antara batasan air tawar dan air asin. Perbedaan antara air tawar dan air asin inilah yang menyebabkan biota yang hidup di dalam air danau ini sangat beragam. Apabila kita akan menyelam, dahulu kita tidak bisa menyewa peralatan snorkeling dan alat selam karena di danau tidak disediakan persewaan alat selam. Tapi, sekarang sudah ada yang menyediakannya. Kita bisa menyewa di sekitar jembatan kayu. 

Apabila kita hendak ingin menyelam ke danau tapi tidak memiliki kemampuan berenang, kita bisa menyewa ban atau pelampung untuk berenang di danau ini. Apabila kita pergi beramai-ramai bersama keluarga pergi ke danau ini, biaya yang dikeluarkan lebih hemat daripada harga biasanya.

Menyewa Perahu Menuju Danau Labuan Cermin
Selain menyelam ke air danau, kita pasti juga ingin menyusuri jernihnya air danau yang dapat dilihat dari permukaan. Bahkan, kita bisa melihat-lihat adanya gerombolan ikan kecil serta beberapa biota laut yang terlihat dibalik jernihnya air laut. Selain itu, kita juga dapat menemukan beberapa penyu yang berenang di bawah jernihnya air laut jika kita beruntung melihatnya. 
Beningnya air laut ini terlihat lebih nyata saat matahari menembus permukaan air danau. Kita bisa menikmati pemandangan seperti itu jika kita menyewa perahu. Tarif menyewa perahu untuk menikmati keindahan Danau Labuan ini sekitar seratus ribu rupiah. Tips untuk menghemat adalah membawa sendiri peralatan untuk berenang. Dengan begitu, kita tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak.

Tidak hanya Danau Labuan Cermin saja yang unik di Indonesia, masih banyak lagi danau-danau yang unik lainnya yang bisa kita kunjungi di Indonesia karena Indonesia sendiri juga memiliki potensi tinggi dalam tempat-tempat wisatanya. 
(chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top