Empat Suku Ini Paling Asing di Indonesia

Indonesia memiliki suku bangsa yang jumlahnya sangat bervariasi bahkan tidak sedikit. Tapi, ketahuilah bahwa di negara Indonesia ini masih banyak suku-suku lain yang perlu kita ketahui. Terutama suku-suku yang terasing dari tempat lain. Mereka mayoritas masih hidup di hutan pedalaman bahkan masih menjalankan gaya hidup primitif karena ingin mempertahankan tradisi suku mereka. Nah, suku-suku ini bisa kamu simak dalam artikel Kebudayaan Indonesia berikut ini

1. Suku Korowai
Papua memiliki banyak keunikan terlebih lagi dengan suku yang mendiami di wilayah itu.  Suku Korowai merupakan masyarakat bumi Cendrawasih yang masih hidup di hutan-hutan pedalaman. Perbedaan yang paling mencolok dari suku ini adalah tidak adanya pakaian yang dikenakan oleh kaum mereka. 
Hal ini dikarenakan mereka masih mempertahankan adat istiadat kaum mereka sendiri. Bahkan, sebagian suku di tanah Papua sudah mengenal baju pun, Suku Korowai tetap mempertahankan adat istiadatnya walaupun tidak memakai koteka sekalipun. Uniknya lagi, suku ini mampu mendirikan tempat tinggal di atas pohon atau berada di diatas permukaan tanah setinggi 50 sampai 100 meter. Sepertinya kemampuan seperti ini hanya dapat dimiliki Suku Korowai saja.

2. Suku Kajang
Dari beberapa suku yang dapat kita temukan di Pulau Sulawesi, ternyata juga ada beberapa suku yang hidup dalam batasan adat istiadat kaum mereka sendiri sehingga dapat dikatakan sebagai suku terasing. Suku ini biasa disebut juga dengan Suku Kajang. Suku ini ada yang sudah terbuka di dalam kehidupan perkotaan, namun ada beberapa pula yang hidup mengasingkan diri di dalam hutan terpencil. Kaum Suku Kajang biasanya mengenakan busana serba hitam. 
Masyarakat percaya bahwa Suku Kajang ini memiliki kekuatan magis yang sangat tinggi sehingga Suku Kajang banyak ditakuti oleh beberapa masyarakat setempat. Suku Kajang ini bisanya mendiami beberapa wilayah hutan pedalaman khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

3. Suku Polahi
Selanjutnya kita bergeser ke wilayah lain yaitu Sulawesi Utara. Di wilayah ini kita akan bertemu dengan beberapa suku yang masih terasing yaitu Suku Polahi. Kaum dari suku ini bermukim di Kota Gorontalo yaitu hutan Boliyahato. 
Mereka masih menjalankan hidup nomaden atau berpindah-pindah. Mereka juga tidak pernah bersentuhan dengan kehidupan di luar. Suku ini mengasingkan diri dari wilayah yang ada di luar dari dunia mereka. Kaum mereka bahkan tidak mengenal kepercayaan sama sekali.

4. Suku Kubu
Meskipun di Kota Jambi ini sudah dikenal sebagai Kota berkembang, kita masih menemukan beberapa orang yang hidup mengasingkan diri di tengah hutan. Suku Kubu atau yang biasa disebut dengan suku anak dalam ini termasuk dalam suku terasing di Indonesia. Suku ini juga hidup nomaden atau berpindah-pindah. Sistem kepercayaan yang mereka yakini pun masih terbilang sangat kuno. Mereka masih percaya dengan dewa-dewi dan arwah dari para leluhur dan tetua suku.
Berdasarkan informasi yang diterima dari website segiempat.com, setidaknya di Indonesia ini memiliki 1000 suku yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di dataran nusantara. Beberapa diantaranya juga masih hidup di beberapa wilayah pedalaman. Banyaknya suku yang tersebar di Indonesia ini sebanding dengan banyaknya pulau yang ada di Indonesia. 

Sebagian dari mereka memang masih hidup nomaden di hutan-hutan rimba untuk bertahan hidup. Walaupun zaman sudah modern, mereka masih mempertahankan adat-istiadat dari para leluhurnya. Kita perlu berbangga karena di Indonesia ini memiliki banyak suku-suku. (Chandra W.H)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top