Eksotisnya Patung Bawah Laut yang Ada di Bali

Apabila kamu ingin berkunjung di tempat wisata bernuansa atlantis, kamu bisa mencoba wisata di tempat ini. Selain bisa diving, kamu juga akan melihat bagaimana indahnya pemandangan di bawah laut. Seperti apa keeksotisan bangunan bawah laut yang ada di Indonesia ini? Inilah beberapa wawasan yang perlu kamu ketahui tentang bangunan sejarah yang ada di bawah laut. Salah satu wisata yang jarang dijumpai adalah wisata bwah laut yang di Bali ini. 

Tahukah kamu? Biasanya bangunan pura ada di daratan atau di pinggir pantai. Bagaimana jika ada taman pura di bawah laut? Ayo kita jelajahi tempat wisata unik satu-satunya yang ada di bawah laut ini. Inilah beberapa informai yang harus kamu simak tentang Taman Pura bawah laut yang ada di Bali. 

Adanya candi yang dibawah laut
Mengejutkan saat ditemukannya adanya situs candi dan patung yang ada di bawah laut. Patung-patung yang ada di bawah laut ini seperti halnya patung Ganesha dan patung Buddha. Patung-patung yang ada di bawah laut bukanlah sebuah situs peninggalan sejarah melainkan dibuat oleh para pengrajin setempat. Proyek pembuatan patung dan candi ini melibatkan semua pengrajin setempat. Selain itu, dalam proses pembuatan patung dan candi ini juga bekerja sama dengan nelayan, pemilik hotel, ilmuwan, jasa agen penyelaman yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Buleleng, Bali. 

Namun, saat ini patung-patung tersebut mulai tertutup koral sehingga menutupi sebagian permukaan patung. Informasi yang berkaitan dengan proyek tersebut didapatkan dari situs dunia BBC. Lokasi yang berada di bawah laut ini dinamakan dengan  Taman Pura. Di taman ini, kamu juga bisa berfoto dengan kamera kedap air sehingga fotomu bisa terlihat lebih unik dan beda.

Keeksotisan Terumbu Karang yang ada di dasar laut.
Untuk menumbuhkan budidaya pertumbuhan terumbu karang yang ada di dasar laut, biasanya menggunakan teknik aliran listrik. Menurut penjelasan Komang Astika pada detikTravel, proses pertumbuhan terumbu karang bisa dilakukan dengan aliran listrik yang biasa juga disebut dengan proyek Bio Rock. 

Metode ini dilakukan dengan cara menenggelamkan kerangka  besi sampai dasar laut. Kerangka besi ini tidak hanya didiamkan saja melainkan dialiri listrik dengan tegangan sebesar 6-10 volt. Terumbu karang akan dialiri listrik secara terus-menerus hingga usia terumbu karang sudah mencapai usia dewasa. Metode pengembangbiakan terumbu karang ini 2-6 kali lebih cepat daripada biasanya. 

Cara diving di bawah laut
Jika kamu ingin menyelam di bawah laut, kamu bisa menghubungi dive operator. Kamu bisa menjelajahi taman pura di bawah laut. Taman pura itu diantara lain adalah Reef Seen Bali dan Sea Rovers. Disana kamu akan menyelam di laut sedalam 5 sampai 30 meter dengan daya pandang visibilitas sejauh 5 sampai 20 meter. 

Keindahan taman pura ini tidak ada di tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, tempat ini dalam sepuluh besar kategori The Top 10 Underwater Sights yang tercantum di dalam buku Lonely Planet: 1000 Ultimate Sights. Namun, tempat ini masih jarang diketahui oleh orang awam. 

Banyak tempat yang tersembunyi di bawah laut yang jarang kita temukan. Salah satunya taman pura bawah laut yang ada di Bali ini. Banggalah dengan wisata lokal. Jelajahi apa yang ada di sekitar Indonesia terlebih dahulu. Ada sesuatu hal yang menarik  yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya. Bahkan di luar negeri sekalipun. 
(Chandra W.Hartato)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top