Beberapa Tips Bagi Kamu Yang Baru Mengenal Bangku Kuliah

Kuliah biasanya identik dengan belajar, beorganisasi dan tentunya banyak tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Namun, jangan kuatir! Memasuki dunia perkuliahan tidak seberat apa yang kamu pikirkan.

Dunia kuliah biasanya dituntut lebih mandiri, pandai memanajemen waktu dan juga tanggap dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan mata kuliah yang ada. 

Ada beberapa tips bagi kamu yang ingin segera adaptasi di lingkungan kampus baru. 

1. Mencari banyak teman
Mencari banyak teman disini tidak hanya berteman dengan seseorang yang kamu kenal saja melainkan mencari teman-teman baru juga. Dari beberapa pengalaman yang sering terjadi, banyak mahasiswa yang hanya mau berteman dengan seseorang yang dahulu pernah satu sekolah dengannya saja atau satu lokasi tempat asal. Sebagian dari mereka beralasan bahwa berteman dengan seseorang perlu berhati-hati. Hal itu memang dibenarkan. Namun, kita tidak perlu berpikiran terlalu berlebihan. 

Selama kita yakin dan memohon perlindungan kepada Tuhan dimana kita berada, kita tidak akan menemukan kesialan. Jika teman baru kita melakukan suatu tindakan yang memang mencurigakan kepada kita, maka kita harus menjauhinya. Selama teman baru yang kita kenal itu baik dan sukarela membantu kita secara tulus, maka kita tidak perlu berpikiran negatif. Banyak teman yang kita kenal maka semakin banyak kemudahan dalam menjalankan semua urusan di kampus terutama bagi mahasiswa perantauan. Apabila kamu berada di posisi sebagai anak kos, kamu harus banyak berkenalan dengan teman baru. Dengan cara begitulah kamu menemukan keluarga di wilayah rantau.

2. Jangan malu berdiskusi dengan dosen
Apabila kamu menemukan kendala di kampus, jangan segan-segan bercerita dengan dosen yang kamu anggap bijaksana dalam mengambil solusi. Hindari berpikiran bahwa dosen adalah sosok yang ditakuti dan selalu disungkani. Dosen juga manusia ya! Hehe..pasti ia juga pernah melakukan kesalahan. Kadangkala seorang dosen juga ingin berbagi pengalaman dengan mahasiswanya. Cobalah kamu mengobrol dengan dosenmu jika ada suatu tantangan atau kendala yang tidak dapat kamu atasi.  

Kamu bisa bertanya-tanya perihal tentang masalah yang kamu hadapi di kampus, setidaknya kamu dapat petunjuk dari dosen. Justru, dosen akan merasa dihargai jika kamu berusaha membuat mereka akrab layaknya sahabat. Tapi, perlu diingat bahwa seakrab-akrabnya kamu dengan dosen , kamu harus mengetahui batasannya. Bicarakan hal yang penting saja yang berhubungan dengan kampus. Hindari mengumbar permasalahan pribadi kepada teman, dosen atau siapapun selain keluargamu sendiri.  

3. Berteman dengan mahasiswa senior
Jangan malu untuk menjalin persahabatan dengan mahasiswa kakak tingkat. Mungkin bagi kamu, mereka terlihat cuek atau bahkan jutek saat kamu mengikuti masa orientasi. Tapi, perlu diketahui bahwa meraka tidak seperti yang kamu bayangkan. Sebagai kakak tingkat, mereka justru dengan senang hati berbagi ilmu kepada adik kelasnya agar tidak mengulangi kesalahan seperti yang ia alami. Caranya, kamu bisa mengikuti organisasi di kampus untuk memprerat hubungan baik antara kamu dengan kakak tingkat. 

Kamu bisa berdiskusi tentang apa saja yang ada di kampus. Biasanya, kakak tingkatmu tak segan berbagi pengalamannya dahulu baik pengalaman buruk atau baiknya. Lakukan saran yang baik dari kakak tingkatmu jika hal tersebut dapat meningkatkan nilai prestasimu. Namun, jika kakak tingkatmu mengajarkan hal yang buruk seperti memusuhi organisasi lain atau membuat perselisihan antar teman, lebih baik tinggalkan saja dan carilah orang yang baik dan lebih bijaksana di sekitar kampusmu.

Bagi kamu yang baru memasuki dunia perkuliahan, semoga lancar dalam urusan kuliahnya ya! Semoga bersemangat saat memasuki dunia perkuliahan. (chandra W)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top