Tips Agar Otak Bekerja Lebih Efektif

Siapa bilang untuk menajamkan dan mengoptimalkan kerja otak harus selalu dengan cara belajar, membaca buku secara terus menerus ? Jika kita selalu belajar dan membaca buku tanpa jeda, bukan nya maksimal justru membuat otak kita cepat lelah dan justru akan mengurangi efektifitas kerja nya. Berikut ini adalah tips-tips kegiatan-kegiatan menyenangkan yang dapat membuat otak kita bekerja lebih maksimal dan rileks. Check this out.
1. Berlari pagi sambil mendengarkan musik atau lagu kesukaan 
Mendengarkan musik selama berlari bisa meningkatkan kemampuan untuk berolahraga lebih lama dan lebih keras, berolahraga lari sambil mendengarkan musik juga menguarsi rasa lelah. Musik bisa mengalihkan perhatian dari latiah berulang hingga mengurangi rasa lelah, olahraga pun menjadi jauh lebih efektif. Musik juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa mengembalikan sedikit memori pada beberapa orang yang menderita penyakit Alzhimer atau pikun.

Dengan efektifnya kegiatan berolahraga lari, badan menjadi lebih sehat. Oksigen yang masuk ke otak akan lebih banyak dan akan membuat otak kita dapat bekerja lebih maksimal.

2. Berbicara dengan diri sendiri
Berbicara dengan diri sendiri dapat membuat otak bekerja lebih optimal, misalnya untuk mengingat sesuatu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Phsycology menunjukan bahwa orang yang mengulang nama benda yang sedang mereka cari bisa membuat apa yang dicari lebih cepat ditemukan daripada yang diam saja.

Berbicara dengan diri sendiri membantu kita menadari hal-hal yang kecil namun signifikan dalam hidup. Dengan berbicara dengan diri sendiri, kita menjadi lebih memahami dunia sekitar, sering intropeksi diri dan membuat kita menyadari mengenai kemampuan diri kita sendiri. Dengan begitu, kita akan menemukan potensi yang tersembunyi dan membuatnya menjadi maksimal.

3. Mengerjakan sesuatu dengan sambil mendengarkan lagu
Tidak jauh berbeda dengan berlari sambil mendengarkan lagu, mengerjakan sesuatu misalnya mengerjakan tugas dengan mendengarkan lagu juga membantu otak secara lebih maksimal bekerja. Dengan mendengarkan lagu, pekerjaan yang sedang dikerjaan jadi tidak terasa terlalu berat dan menjemukan. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan cepat selesai dengan hasil yang baik.

4. Beribadah secara rutin
Beribadah secara rutin, berbincang dengan Tuhan secara rutin akan memberi ketenangan yang tidak bisa didapat dari ketenangan-ketenangan lainnya. Beribadah adalah memiliki Quality time dengan Sang Pencipta. Hanya dengan – Nya.

Hal ini akan membuat otak kita yang sudah penat akan semua pelik nya hidup menjadi jauh lebih tenang, jauh lebih bersih. Beberapa survey membuktikan bahwa orang-orang yang rutin beribadah hidupnya lebih rileks dan tidak terlalu banyak beban pikiran. 

Dengan pikiran yang selalu tenang, rileks dan tidak mudah emosi, otak kita akan bekerja jauh lebih efektif daripada ketika kita mudah sekali tersulut emosi. 

5. Menari
Menari adalah menggerakan tubuh sesuai dengan irama. Dengan menari, kita bisa meluapkan beban pikiran yang selama ini menghimpit. Menggerakan tubuh memberikan manfaat untuk melepaskan pikiran-pikiran negatif yang timbul.

Setelahnya, kita bisa melihat dunia, melihat masalah dari sisi yang lebih baik dan mendapatkan semangat dan jalan keluar untuk menghadapi masalah yang ada.
Otak akan mensugestikan untuk mencari jalan keluar yang baik dari setiap masalah yang ada.

6. Rajin mengunyah permen karet 
Mengunyah permen karet saat berfikir membuat kita menjadi lebih berkonsentrasi dibandingkan jika kita hanya diam. Mengunyah permen karet ketika berfikir akan membuat otak bekerja lebih rileks yang kemudian akan menghasilkan sesuatu yang juga baik. (Dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top