Menikmati Sensasi Wisata Air Terjun di Nganjuk

Objek Wisata - Nganjuk, untuk sebagian orang yang tinggal di kota besar mungkin nama daerah yang ada di wilayah Jawa Timur ini sedikit asing. Nganjuk merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan sejumlah kabupaten, yakni Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Jombang, dan juga  Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di bagian selatan. Nama nganjuk sendiri konon merupakan singkatan dari Anjuk Ladang.

Berbicara mengenai kota angin yang satu ini, memang patut kiranya membahas wisata yang disajikan di tempat ini. Nganjuk memang sangat pas untuk dijadikan lokasi berlibur karena sejumlah destinasi yang disuguhkan, salah satunya air terjun. Untuk siapa pun pesona air terjun tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati. Berikut kebudayaan Indonesia merangkum 5 tempat air terjun yang ada di Nganjuk dengan suguhan sensasi yang pasti membuat kamu senang dan terpesona.

1. Air Terjun Sedudo
Air terjun Sedudo merupakan air terjun paling terkenal di wilayah Nganjuk. Setiap menyebut Nganjuk, pasti coban sedudo merupakan kata yang pertama kali disebut sebagai destinasi menarik di kota ini. Ya, air terjun sedudo sendiri merupakan air terjun tertinggi di Nganjuk yang berlokasikan di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. 
Keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu ditanya lagi. Lokasi ini sendiri selalu ramai dipadati pengunjung, terlebih setiap tahunnya juga diadakan sebuah ritual khusus, yakni mandi sedudo tiap bulan suro menjelang. Masyarakat setempat percaya apabila mandi di bulan tersebut akan mendatangkan berkah serta bisa awet muda. Jalan menuju lokasi ini terbilang mulus sehingga kamu tidak perlu capek-capek takut akan lokasinya yang terjal dan sulit.

2. Air Terjun Roro Kuning
Air terjun Roro Kuning merupakan air terjun yang punya keunikan, yang bisa jadi tidak kamu temukan di daerah lain. Air terjun yang berlokasikan di Desa Bajulan, Kecamatan Locoret ini airnya tidak meluncur dari atas atau istilah jawanya grojok, namun airnya merambat melalu bebatuan. Unik ya, maka tidak salah juga jika air terjun ini juga lebih akrab dengan sebutan air terjun merambat roro kuning. 
Di tempat wisata ini kamu tidak hanya disuguhi akan panorama air terjunnya sajalo, sebab ada tempat penangkaran rusa dan juga kolam renang yang pastinya membuat liburanmu lebih berwarna. Jika kamu berada di pusat kota Nganjuk, maka hanya butuh kurang lebih 35 km untuk sampai ke lokasi.

3. Air Terjun Singokromo
Air terjun Singkoromo berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, jadi berada tidak jauh dari air terjun sedudo. Memiliki tinggi 20 meter, air terjun Singokromo menyajikan panorama yang asri dengan udara sejuk menyegarkan pikiran. 
Lokasi ini sendiri berbeda dengan coban sedudo karena rute yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan berjalan kaki saja. Tapi jangan khawatir, begitu sampai di tempat tujuan rasa capekmu akan hilang kok.

4. Air Terjun Sumbermanik
Air terjun selanjutnya yang terbilang masih perawan adalah Air Terjun Sumbermanik. Air terjun ini sendiri berlokasikan di desa Blongko, Kecamatan Ngetos. Untuk mencapainya kamu akan dibantu penduduk desa karena lokasinya yang cukup susah dan belum banyak dikenal. Tapi jangan salah persepsi, justru yang masih belum banyak dikunjungi inilah yang menyimpan potensi keindahan luar biasa.

5. Air Terjun Ngebleng
Air terjun terakhir yang bisa kamu kunjungi jika berkunjung ke Nganjuk adalah air terjun Ngebleng. Berlokasikan di Dusun Tondowesi Lor, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, ini juga masih asri banget, karena memang belum benar-benar dikelola sebagai tempat wisata umum. Jadi, pasti beruntung banget jika kamu bisa sampai di tempat ini.
Bagi yang membawa kendaraan,karena belum adanya tempat parkir dan bahkan karcis masuk, bisa menitipkannya di rumah-rumah warga yang ada di sekitar lokasi wisata. Namun, jangan ke sini saat musim kemarau karena dijamin air yang meluncur dari atas bukit cenderung sedikit. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top