Mengejutkan! Pulau-Pulau Baru ini Tiba-Tiba Muncul di Indonesia

Tahun lalu warga dikejutkan dengan adanya gempa besar dan letusan gunung merapi di wilayah tertentu. Hal ini menyebabkan terbentuknya daratan baru sehingga muncullah pulau-pulau baru di Indonesia. Pulau-pulau tersebut terkadang masih ada yang muncul lagi wilayah lain. Berikut adalah pulau-pulau baru yang tiba-tiba muncul di Indonesia 

1. Pulau Baru di Bekasi
Tiba-tiba saja pulau baru ini muncul di Bekasi selebar satu kilometer dan sepanjang 15 kilometer di area Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, lebih tepatnya di Desa Pantai Sederhana. Kejadian fenomena alam ini secara mengejutkan dialami oleh beberapa nelayan yang sedang mencari ikan. Lokasi kejadian tersebut berjarak kira-kira dua mil jika diukur dari bibir pantai Muara Gembong. 
Warga yang datang tidak hanya di sekitar wilayah melainkan juga datang dari Subang, Karawang dan Jakarta. Menurut informasi yang di dapatkan dari Okezone, fenomena alam ini baru pertama kali terjadi di Muara Gombong. Namun, menurut  dugaan warga, pulau ini terjadi akibat dari pertemuan air tawar dari Sungai Siherang dan Sungai Citarum yang terlarut dalam lautan. 

Air ini membawa bahan-bahan hulu sungai yang berupa kerang-kerang kecil laut yang tercampur dengan pasir hitam. Material yang terbawa arus itu perlahan-lahan muncul menuju permukaan laut hingga membentuk gundukan dan terlihat mirip pulau. 

2. Pulau Baru di Madura
Bersumber dari artikel ANTARA News, Dr. Amien Widodo yang merupakan seorang Geolog ITS dan Dr Andang Bachtiar seorang geolog ITB sependapat dengan pernyataan  temuan warga setempat yang menyatakan bahwa di Madura di temukan dua pulau baru. Pulau-pulau yang ditemukan oleh para pelayan tersebut ditemukan di Sumenep, Arjasa tepatnya di Kangean dan Pulau Sepulu yang berada di Bangkalan. 
Tapi, menurut dugaan Andang Bachtiar, pulau baru tersebut muncul akibat dari bongkahan di dataran RMK (Rembang, Madura dan Kangean). Sedangkan menurut dugaan Amien Widodo, pulau baru ini terbentuk karena adanya aktivitas gas yang masif dan kegiatan yang melibatkan aktivitas minyak. Apabila aktivitas migas itu cukup banyak, bongkahan daratan akan tertekan ke atas hingga berakibat munculnya daratan baru.

3. Pulau Baru di Sulawesi
Pulau yang secara tiba-tiba muncul ini berada di sekitar Sulawesi Utara, Kepulauan Talaud. Menurut informasi yang didapatkan dari pengurus lembaga adat Ratubanua dan Damau Bowone, Arvan Bawangun pulau ini disebut juga dengan Pulau Napombalu. Menurut pengakuan Bapak Arvan, saat laut mengalami pasang, hampir semua permukaan pulau ini rata tertutup air hingga terlihat nyaris tenggelam. 
Pulau Napombalu baru muncul kembali dan terlihat muncul setelah gempa terjadi dengan kekuatan 7,3 skala ritcher sehingga mempermudah proses penenkanan daratan yang naik ke permukaan. Jarak Pulau Napombalu ini sekitar delapan mil dari Pulau Kabaruan yang berada di Pantai Desa Damau. Belum ditemukan tanaman yang hidup diatas pulau tersebut, namun dari kejauhan kita dapat melihat asap yang cukup banyak muncul dari antara bebatuan karang yang ada di wilayah pulau tersebut. Asap tersebut berasal dari material Vulkanik. Material vulkanik ini secara tiba-tiba muncul dari material vulkanik yang ada di bagian bawah pulau. 

Itulah nama-nama pulau baru yang muncul di Indonesia yang perlu kita ketahui. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki potensi lagi untuk melahirkan pulau-pulau baru yang lebih banyak lagi. Tidak heran bahwa Indonesia masih menduduki negara dengan pulau terbanyak. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top