Lima Kampung Terunik Yang Bisa Kamu Simak Saat Mudik

Tempat Wisata - Kampung biasanya tidak lepas dari kalimat kuno, udik atau ketinggalan zaman. Tapi, pernyataan itu tidak berlaku jika kita menyimak kampung-kampung yang ada di dalam pembahasan artikel ini. Alasannya, kampung-kampung ini memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Inilah kampung-kampung unik yang telah dirangkum dari sumber website lain.

1. Kampung Teletubies
Masih ingat tidak tentang bentuk rumah yang ada di serial anak-anak Teletubies? Bentuk rumah dengan atap setengah lingkaran ini bisa kamu temukan di Indonesia tepatnya di Jogjakarta di wilayah Sleman. Warga Desa Sumberharjo, Desa Ngelepen memanfaatkan kampung teletubies menjadi pemukiman mereka. Pemandangan disana sangat unik dengan adanya rumah-rumah beratapkan setengah lingkaran bewarna putih. Tampak dari kejauhan seperti telur-telur raksasa yang menancap di tanah. 
Sejak tahun 2006, banyak penduduk dari wilayah perbukitan sedang direlokasi di tempat ini. Para warga tersebut adalah korban gempa bumi besar yang melanda pada masa itu. Untuk itulah pemerintah Indonesia mulai bekerja sama dengan The Domes for the World Foundation (DFTW) dan Word Association of Non-govermental Organization (WANGO) untuk membuat sebuah pemukiman dengan konsep kampung dome.  Rumah ini juga mirip pemukiman bangsa Hobbit dalam film Lord of The Rings. Namun, warga sepertinya lebih familiar dengan sebutan Kampung Teletubies.

2. Kampung Hujan
Dalam film twilight ada sebuah lokasi kota hujan bernama Forks yang tidak pernah kemarau. Di Indonesia, juga ada sebuah desa yang dibasahi hujan terus-menerus tanpa pernah merasakan panasnya kemarau. Desa itu bernama Kwatisore yang terletak di wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih- Nabire, Papua. Warga sangat khawatir jika sore akan datang. Pasalnya, hujan turun setiap menjelang sore. Untuk itulah desa ini dinamakan Desa Kwatisore.
Lebih uniknya lagi, warga di sekitar kampung ini menjadikan buaya dan rusa sebagai hewan peliharaan mereka. Saat malam hari desa ini sangat gelap karena listriknya yang terbatas. Di kampung ini juga ada satu bangunan yang biasa digunakan warga untuk menonton TV bersama-sama.

3. Kampung Tanpa Rokok
Kampung ini bisa menjadi contoh yang baik bagi kampung lainnya karena menerapkan aturan tanpa rokok bagi semua warga kampung. Kampung ini berada di wilayah Sumatera Barat, tepatnya di wilayah Kabupaten Dharmasraya, Desa Sitiung. Bagi warga yang melanggar aturan tentang larangan merokok di pemukiman ini, mereka akan diberikan sanksi dan hukuman. 
Namun, bagi warga yang berhasil mengubah gaya hidup perokok menjadi gaya hidup sehat tanpa rokok, akan diberikan sebuah penghargaan. Tempat ini sepertinya cocok digunakan sebagai rehabilitasi pecandu rokok kelas akut. 

4. Kampung Terapung
Kampung yang berlokasi di Jayapura tepatnya di Danau Sentani ini memang sangat unik. Warga Desa Ayapo tinggal bersama di rumah-rumah yang terbuat dari kayu menyerupai rumah panggung. Rumah-rumah ini didirikan diatas permukaan air dengan arah menghadap danau sehingga menambah kesan yang indah dan khas pada perkampungan ini. 
Rumah-rumah yang dihuni 700 penduduk ini berjejeran sepanjang dua kilometer di permukaan danau. Kesan menakjubkan bisa terlihat saat matahari terbenam. Alasannya, semua bangunan pemukiman ini memang sengaja dihadapkan ke arah sunset. 

5. Kampung Internet
Desa identik dengan gaptek dan jauh dari teknologi canggih. Namun, julukan ini tidak berlaku bagi Desa Melung. Desa yang berlokasi di Banyumas, Jawa Tengah ini memanfaatkan wifi internet sebagai kemajuan desa mereka. Walaupun desa yang berlokasi di lereng Gunung Slamet ini dikelilingi sejumlah pepohonan rimbun, tetapi konektivitas internet di desa ini tetap bagus. Itulah sebabnya, warga selalu update dalam mencari informasi. 
Budi sang kepala desa mengungkapkan bahwa dibutuhkan modal sebesar enam juta untuk membangun area hotspot di beberapa wilayah desa beserta perangkat dan antena yang terkoneksi dengan jaringan. Sejak saat itu, banyak warga Desa Melung berbondong-bondong membeli laptop, smartphone dan gadget murah hanya untuk merasakan manfaat fasilitas internet yang ada di kampung itu sendiri. 

Itulah lima informasi kampung unik yang ada di Indonesia. Jika merindukan kampung halaman, sempatkan waktu untuk pulang dan luangkan waktu bersama keluarga serta tetangga di kampung halaman tercinta. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top