Lima Hal Pemicu Kematian Akibat Tidur Siang

Tidur siang memang sangat nyaman apalagi di saat lelah usai melakukan pekerjaan yang berat. Namun, perlu kita ketahui bahwa tidur siang yang terlalu berlebihan juga menyebabkan dampak negatif pada tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian. Inilah lima hal pemicu kematian akibat tidur siang.

1. Tidur siang lebih dari 30 menit
Tidur siang terlalu lama berakibat fatal bagi tubuh kita. Alasannya, tidur siang dalam kurun waktu yang sangat lama dapat menyebabkan terhambatnya proses pembentukan insulin dalam tubuh. Pasalnya, proses insulin yang dihasilkan oleh ginjal terjadi pada siang hari. 

Jika dalam waktu yang lama kita sedang tertidur, maka proses pembentukan insulin menjadi lebih lambat sehingga proses pencernaan gula darah di dalam tubuh menjadi tidak sempurna karena zat insulin sendiri berfungsi sebagai alat proses pencernaan gula darah. Jika dalam proses pembentukan gula darah tidak terkontrol dengan baik, hal ini bisa berdampak pada penyakit diabetes.

2. Tidur siang sebelum jam 11
Tidur siang diantara pukul 10.00 pagi sampai jam 12.00 siang dapat mengakibatkan kenaikan sel darah putih pada tubuh kita. Dalam kondisi seperti ini, tubuh kita mudah terserang penyakit kanker darah.

Leukimia atau kanker darah menyebabkan kerusakan  pada sistem metabolisme dan kekebalan pada tubuh kita sehingga tidur sebelum jam dua belas siang bisa berakibat pada kematian.

3. Tidur siang setelah makan
Kebiasaan yang sering kita lakukan saat siang hari adalah tidur setelah makan karena kita selalu merasa ngantuk saat kondisi perut sudah mulai kenyang. Hal ini dapat memicu penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dari Nurses Health Study yang dilakukan pada 72.000 wanita, mereka yang tidur selama 9-11 jam setelah makan siang memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi sebesar 38%. 

Saat siang hari, biasanya lambung memerlukan waktu selama empat jam dalam memproses makanan yang kita makan. Apabila kita langsung tidur setelah makan, lambung tidak akan bekerja secara optimal sehingga dampaknya pun dapat merugikan fungsi jantung pula. 

4. Posisi tubuh saat tidur siang 
Posisi tidur siang juga mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Misalnya saja posisi tidur dilakukan dengan posisi menelungkupkan kepala di atas meja. Posisi tersebut dapat menyebabkan tulang tunggung tertekan dan marasakan pegal-pegal saat terbangun. 

Ini dapat menimbulkan terjadinya kelainan pada tulang punggung. Selain itu, posisi kepala yang tidak benar dalam tidur siang juga dapat memperlambat peredaran darah di dalam kepala sehingga akan memicu timbulnya penyakit stroke.

5. Waktu tidur siang digunakan sebagai pengganti jam tidur malam
Hal ini sering dilakukan bagi semua orang yang suka begadang atau biasa bekerja di malam hari. Beberapa pemicu kematian dari tidur siang akibat begadang diantaranya adalah perubahan hormon yang tidak wajar seperti hilangnya kendali dalam mengontrol makanan sehingga dapat memunculkan penyakit obesitas. Tubuh saat tidur siang akan susah menyaring glukosa sehingga dapat menimbulkan penyakit stroke dan jantung. Tidur siang juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. 

Alasannya, waktu tidur di malam hari adalah waktu yang tepat untuk membuat zat-zat yang berbahaya. Jika tidur di malam hari tidak mencukupi, maka zat-zat racun tidak akan terbuang dengan maksimal. Bibit penyakit dan zat-zat pemicu kanker atau Karsinogenik biasanya tersebar di pagi hari. 

Jika kondisi saat pagi hari kita masih lemas di saat begadang, tubuh kita dapat terkena penyakit kanker. Itulah lima hal pemicu kematian saat tidur siang. Semoga bermanfaat (Chandra WH)



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top