Kota-Kota Terkecil Di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Pariwisata - Kamu pasti tidak menyangka bahwa kota-kota terkenal di Indonesia ini ternyata memiliki luas yang kecil. Tidak hanya itu saja, penduduknya pun juga sedikit. Meskipun luas wilayah kota ini tidak begitu luas, kota-kota ini memiliki daya tarik dan potensinya masing-masing. Kota-kota terkecil di Indonesia ini bisa kamu simak pada artikel berikut ini:

1. Kota Sibolga
Jika kamu berwisata ke propinsi Sumatra, kamu akan menemukan Kota Sibolga yang merupakan kota terkecil di Indonesia. Dari 34,36 km2 di seluruh wilayah Kota Sibolga, wilayah daratannya hanya seluas 10,77 km2.
Jumlah penduduk di Kota Sibolga ini juga tidak begitu banyak, yaitu sejumlah 93.207 jiwa. Sedikitnya jumlah penduduk dengan luas kota yang kecil inilah yang menyebabkan Kota Sibolga dijuluki kota terkecil di Indonesia.

2. Kota Magelang
Kota Magelang merupakan salah satu kota terkecil yang ada di propinsi Jawa Tengah. Uniknya, kota ini juga dijuluki kota yang paling strategis karena terletak pada jalur utama antara Semarang dan Yogyakarta.
Letak kota ini berada di sebelah selatan Semarang dengan jarak 75 km dan sebelah utara Yogyakarta dengan jarak 43 km. Kota Magelang masih sangat mempertahakan kebudayaannya yang sangat kental meskipun memiliki wilayah kota yang hanya seluas 18,12 km2. Penduduk sebanyak 127.784 jiwa memadati kota ini.

3. Kota Blitar
Jika kamu berkunjung menuju sebelah selatan Provinsi Jawa Timur, kamu akan mengunjungi Kota Blitar. Kota ini merupakan kota kelahiran presiden pertama kita, Ir. Soekarno.
Letak kota ini berada sejauh 167 km dari sebelah selatan Kota Surabaya. Di Kota Bilitar, Ir.Soekarno juga dimakamkan di tempat ini. Jumlah penduduk di kota ini hanya sebanyak 132.106 jiwa dengan luas kota sebesar 32,58 km2.

4. Kota Madiun
Kota yang terkenal akan bumbu pecelnya ini juga merupakan kota terkecil di propinsi Jawa Timur. Letak Kota Madiun berada di sebelah barat Kota Surabaya sejauh 169 km dan sejauh 114 km sebelah timur dari Kota Sukarta.
Di Madiun ini, juga terdapat Pusat Industri Kereta Api atau yang disebut dengan INKA. Pada tahun 2007, jumlah penduduk Kota Madiun sebanyak 200.188 jiwa. Walaupun luas kotanya tidak begitu besar, tetapi Kota Madiun juga memiliki industri yang cukup banyak berdiri disini.

5. Kota Cirebon
Kota Cirebon merupakan salah satu kota terkecil di propinsi Jawa Barat. Berlokasi di pesisir Laut Jawa, kota ini terletak di Jalur Pantura. Pada zaman dahulu, Kota Cirebon dikenal dengan ibukota Kesultanan Cirebon dan berubah menjadi kabupaten Cirebon. Tapi, inukota yang berada di kabupaten Cirebon akhirnya dipindahkan menuju sumber Cirebon. Lokasi Cirebon akhirnya menjadi pusat wilayah regional yang ada di pesisir timur jawa Barat. 
Kota Cirebon juga dijuluki dengan nama Kota Udang. Kebudayaan yang bercampur antara Budaya Jawa dan Budaya Sunda sejak berabad tahun silam. Oleh karena itu, masyarakat di Cirebon menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Sunda dan Jawa. Cirebon memiliki wilayah sebesar 37,36 km2. Kepadatan penduduk di Kota Cirebon ini sebesar 283.929 jiwa. Data penduduk ini diambil pada tahun 2006.

Itulah kota-kota terkecil yang ada di Indonesia. Meskipun wilayah kota-kota ini tidak begitu luas, namun potensi dan pariwisata kota ini tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya. Kota-kota ini juga merupakan aset wisata Indonesia yang dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia nantinya. 
(Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top