Kidal, kekurangan atau anugerah?

Kidal adalah kecenderungan seseorang menggunakan tangan kiri untuk melakukan suatu aktifitas dibandung dengan tangan kanan. Orang kidal tidak seperti orang normal kebanyakan. Mereka makan dengan tangan kiri, menulis dengan tangan kiri, bermain alat music dengan tangan yang kebalikan dari orang normal kebanyakan.

Setiap masuk ke sekolah, yang diajarkan oleh guru adalah “makan dengan tangan kanan”, “menulis menggunakan tangan kanan”. Tidak banyak sekolah yang gurunya mengajarkan murid menulis dengan menggunakan tangan kiri. Ini membuat orang yang kidal harus belajar sendiri dan ekstra keras bagaimana caranya agar mereka bisa tetap menulis dengan menggunakan tangan kanan.

Banyak orang yang memandang sebelah mata orang yang kidal  karena tidak normal. Mereka beranggapan kidal adalah sebuah kekurangan karena tidak bisa memakai tangan kanan untuk aktifitas sehari-hari. Eits tapi nanti dulu, banyak justru orang kidal menjadi lebih baik daripada orang yang normal.

Bahkan dalam bidang olahraga, salah satunya bulu tangkis, orang bertangan kidal biasanya lebih sulit dikalahkan dibanding dengan orang bertangan normal. Tidak pasti, namun kebanyakan seperti itu. Berikut nama-nama pemain bulu tangkis yang betangan kidal:

Pemain bulutangkis Flandy Limpele kelahiran Manado yang bertangan kidal ini sudah pernah menyumbangkan medali perunggu ganda putra Olimpiade tahun 2004 bersama Eng Hian. Dan masih banyak prestasinya.
Flandy Limpele
Mazziyah Nadhir
Firman pernah terdaftar dalam skuad merah putih di ajang Sudirman Cup 2015 dan masih banyak preatasi membanggakan lainnya.
Firman Abdul Kholik
Mychelle Christine Bandoso, atlet kelahiran tahun 1998 ini beberapa kali menjuarai turnamen junior kelas internasional, seperti juara ganda campuran, dan lain-lain.
Mychelle Christine Bandoso
Selain itu, Yantoni, juga seorang pemain bulu tangkis muda, kelahiran 1997. Bersama seperti Mychelle, Yantoni juga sering menjuarai turnamen-turnamen junior.
Yantoni edy Saputra
Banyak kan atlet atlet berprestasi di Indonesia yang bertangan kidal. Seperti apa sih keunggulan orang kidal? Yuk kiita liat seperti apa keunggulan – keunggulan orang kidal:
Mereka lebih cerdas
Tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa ‘pasti’ orang kidal lebih cerdas dibanding dengan orang yang menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktivitasnya. Namun, justru banyak orang kidal pada kenyataan nya memang lebih cerdas dibanding dengan orang yang normal dan menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang utama untuk melakukan aktifitas.

Multitasking
Orang kidal pun banyak yang juga bisa menggunakan tangan kanan. Jadi mereka bisa melakukan pekerjaan dengan kedua tangan nya. Berbeda dengan orang yang normal yang hanya bertumpu kepada tangan kanan, jarang sekali orang normal bisa menggunakan juga tangan kirinya untuk melakukan sesuatu yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Orang kidal lebih kreatif
Penlitian yang diterbitkan oleh Neuropsychology menyebutkan bahwa orang kidal lebih peka dan cepat tanggap terhadap rangsangan. Ini membuat orang kidal lebih kreatif jika dibandingkan dengan orang normal yang bukan kidal. Mereka lebih peka terhadap apa yang mereka lihat dan lebih kreatif untuk menuangkan nya ke dalam bentuk-bentuk ide.

Orang kidal berfikir lebih focus
Meskipun orang kidal multitasking, namun mereka sangat focus dalam mengerjakan sesuatu. Ini membuat mereka akhirnya mendapatkan apa yang mereka kerjakan. Focus sangat membantu mereka sewaktu mereka mengerjakan lebih dari satu pekerjaan di waktu yang bersamaan.

Jadi, untuk apa kita membeda-bedakan apakah seseorang kidal atau tidak. Kita semua sama-sama diberi kelebihan oleh Tuhan kan? (dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top