‘Hadiah’ Untuk Kamu Yang Baru Atau Sedang Patah Hati

Pada artikel sebelumnya membahas mengenai patah hati, what’s broken heart. Sekarang bagaimana memanagemen broken heart agar tidak merugikan kita yang mengalaminya.

Setiap patah hati pasti menimbulkan perasaan sedih. Dan ungkapan perasaan sedih setiap orang berbeda-beda. Ada yang menjadi tidak mau makan, ada yang justru ingin makan sebanyak-banyaknya. Ada yang ingin pergi jauh, melihat keindahan alam, ada juga yang ingin pergi ke pusat perbelanjaan, bertemu banyak orang dan lupa dengan kesedihannya. Ada yang ketika patah hati akan senang mendengarkan musik mellow, ada juga yang lebih senang mendengarkan musik yang semangat dan berusaha untuk bangkit kembali. 

Reaksi seperti itu sangat wajar dialami oleh banyak orang yang sedang merasakan patah hati ata broken heart. Namun, jangan sampai patah hati membuat kita akhirnya melakukan sesuatu yang sanagat berlebihan hingga menyebabkan kita merugikan diri kita sendiri. Jika tidak mau makan, sampai berhari –hari, membuat akhirnya terserang berbagai penyakit seperti maag, atau yang menjadi ingin makan, makan sangat berlebihan yang akan menimbulkan penyakit misalnya kegemukan atau tidak bisa bergerak karena terlalu banyak makan, bahkan ada yang lebih ekstrimyaitu jika patah hati ada yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri atau bunuh diri. 
Patah hati bukan akhir dari segalanya. Kita berhak untuk bahagia. Setiap orang berhak untuk bahagia. Jika orang yang kita harapkan memberi kita kebahagiaan namun pada kenyataan nya tidak, maka diri kita sendiri lah yang harus menciptakan kebahagiaan itu.

1. Kenali diri lebih dalam
Langkah pertama untuk menciptakan kebahagiaan pada diri sendiri pasca atau dalam masa patah hati adalah kenali diri sendiri lebih dalam, jauh lebih dalam. Berdirilah di depan cermin, pandangi wajah, dan analisis diri sendiri. Apa yang kita mau? Apa tujuan hidup kita selama ini? Apa yang menjadi cita cita kita? Sudahkah kita mencapai semua tujuan dalam hidup kita? Apa yang belum kita lakukan? 

Lakukan flashback mengenai semua tentang diri kita. Temukan di kehidupan sehari-hari. Melakukan banyak hal dengan orang yang menyakiti kita akan membuat kita kehilangan banyak hal yang sebenarnya sangat ingin kita lakukan. Ingat semua yang terjadi sebelumnya, analisis mana yang membuat bahagia, mana yang membuat sedih.

2. Write it down
Setelah kita menemukan semua tentang yang kita inginkan, apa yang belum tercapai. Write it down. Tulis semua di selembar kertas. Pertama tama tulis tujuan utama hidup kita. Ingin menjadi anak berprestasi, ingin memiliki pekerjaan yang gaji nya besar, ingin membahagiakan kedua orang tua, ingin pergi keluar negeri dengan uang sendiri, ingin menjadi pengusaha sukses dan lain-lain.

Tulis semua itu dan rasakan bahwa kamu yakin kamu akan bisa mencapai itu semua. Tulis dengan tekad bahwa kamu akan membuktikan bahwa kamu akan bisa membahagiakan dirimu sendiri.

3. Temui orang yang menyayangimu
Saat kamu masih bersama dengan orang yang membuatmu sekarang merasa oatah hati, di waktu yang sama sebenarnya banyak orang yang merasa kehilanganmu.  Bisa sahabat, teman, keluarga. Mereka merindukan berbincang denganmu, bercanda dengan mu, meluangkan waktu denganmu.

Temui mereka, ajak bicara mereka tentang apapun yang menyenangkan, musik, makanan, artis, dan apapun yang mereka suka. Buat mereka merasa bahwa kamu tidak pernah melupakan mereka, orang yang selalu ada untukmu.  Berbicara dengan orang yang menyayangi kita akan meredakan banyak sekali keresahan yang sedang kita alami. 

4. Mulai merancang kehidupan
Ketika kamu mengalami patah hati, bahkan jika alasan patah hatimu adalah masih harus bersama dengan orang itu meskipun sudah hampir putus asa, cara terbaik adalah dengan menata kembali hidupmu. Mulailah untuk mencari kesibukan yang kamu sukai. 

Mulailah untuk merencanakan hal-hal apa yang akan kamu lakukan demi masa depanmu. Menyibukkan dirimu dengan hal yang positif adalah cara paling ampuh dan mujarab untuk mengobati patah hati. 

Jadi, untuk apa kamu menyia-nyiakan hidupmu hanya demi satu orang yang membuatmu patah hati. Di sekitar kamu masih banyak yang menginginkanmu tersenym. Buat dirimu bahagia, cause happines is the best revenge. (dwinka)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top