Cara Sosialisasi Yang Asyik Bagi Kamu Bertipe Introvert

Siapa bilang orang bertipe introvert atau tertutup tidak bisa melakukan sosialisasi dengan baik? Ada banyak cara sosialisasi yang bisa dilakukan bagi kamu yang memiliki karakter tertutup. Tidak harus melakukan sosialisasi di dunia maya untuk mendapatkan banyak teman. Ini dia tips dan cara untuk mendapatkan jiwa sosialisme bagi kamu yang memiliki karakter tertutup dan pemalu.

1. Membuat kegiatan asyik di rumah bersama keluarga
Jika kamu kesusahan menjalin hubungan persahabatan dengan temanmu, tidak usah menyalahkan dirimu sendiri karena sikapmu yang pemalu. Kamu bisa bersikap sedikit lebih terbuka pada keluargamu terlebih dahulu. Mulailah dari hal yang sederhana yaitu keluargamu sendiri. Seandainya sebagian besar anggota keluargamu memiliki karakter yang tertutup juga, kamu bisa mencoba menyatukan mereka dalam kegiatan kecil, contohnya: mengajak bermain kartu kwartet, kartu remi atau ular tangga bersama keluarga saat waktu senggang pasti lebih mengasyikan. 

Selain itu, keseruan saat bermain dapat menambah rasa semangat pada ayah, ibu, adik atau kakak untuk mengungkapkan semua isi pikirannya. Jika ada gurauan atau candaan dalam permainan berarti keluargamu sudah mulai terbuka. Saat seperti inilah adalah saat yang tepat untuk saling bertukar pikiran atau curhat kepada sesama anggota keluarga.  Dengan cara ini mungkin dapat membantu pikiranmu yang semula tertutup menjadi sedikit lebih terbuka pada orang lain.

2. Buat rencana untuk sekali-kali bergaul bersama teman
Cobalah untuk merencanakan waktu hanya untuk keluar bersama dengan teman-temanmu yang kamu anggap akrab. Jika kamu berjalan bersama mereka, cobalah untuk menceritakan hal-hal yang menyenangkan. Mungkin awalnya sedikit tidak nyaman karena tiba-tiba membicarakan topik yang tidak penting. Tapi, kamu bisa kaitkan dengan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh teman-temanmu itu. 

Cobalah sekali-kali bertanya kepada temanmu tentang pengalaman menarik yang dialami oleh mereka baru-baru ini, contohnya: hal-hal lucu yang barusan terjadi atau hal-hal menyenangkan apa yang baru saja mereka alami. Hindari menanyakan tentang hal-hal yang membuat mereka sedih karena hal itu dapat membuat teman-temanmu semakin tidak suka padamu.

3. Mengikuti komunitas yang positif
Carilah di grup facebook atau sosmed lain tentang komunitas positif yang berada di sekitar wilayahmu contohnya komunitas usaha kreatif, komunitas menulis, komunitas membaca atau komunitas lokal lain yang menanamkan kegiatan positif. Hal ini bisa meningkatkan jiwa sosialisme kamu dalam mempererat hubungan tali persahabatan dan persaudaraan sesama individu.  

Apabila ada kesempatan untuk mengadakan pertemuan komunitas di daerah terdekat, cobalah untuk menghadirinya. Kamu bisa bertemu dengan macam-macam karakter orang yang berbeda-beda. Mulailah untuk bersikap lebih terbuka kepada mereka semua sehingga kamu mendapatkan teman-teman baru disana. Menyenangkan bukan?

4. Melibatkan diri dalam organisasi kemasyarakatan
Apabila ada organisasi masyarakat di sekiar kampung atau desamu, kamu bisa mencoba ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh organisasi masyarakat seperti karang taruna. Kamu tidak perlu malu bergaul dengan mereka. Apabila kamu susah untuk mengawali hubungan akrab dengan anggota karang taruna, kamu bisa memperlihatkan bakatmu kepada mereka seperti hobi memotret atau menulis. 
Setelah itu, tanyakan kepada mereka bagaimana komentar mereka terhadap hasil fotomu. Apabila komentarnya cukup memusakan, maka ajukan dirimu untuk menjadi bagian dokumentasi saat warga kampung mengadakan kegiatan-kegiatan unik di lingkungan sekitar. Rasa antusias yang kamu miliki ini dapat mempengaruhi penilaian warga terhadapmu. Jika warga menerima dirimu, kamu pasti akan senang dan mulai berusaha membuka diri kepada mereka. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top