Bahan Halal Pengganti Resep Masakan Beralkohol

Berdasarkan informasi yang diambil dari Odilia Winneke pada artikel detikFood, ada beberapa tips membuat masakan khas Asia dan Eropa dengan resep-resep halal yang tidak kalah enaknya dengan masakan yang berbahan resep wine, sake dan lain-lain. Inilah resep alami yang bisa dicoba untuk menggantikan resep-resep masakan beralkohol. 

1. Bahan pengganti Ang Ciu dan Arak Masak
Ang Ciu dan arak masak yang asli adalah bahan fermentasi dari beras yang bewarna kemerahan. Biasanya Ang Ciu dan arak masak memiliki aroma alkohol yang sangat kuat dan tajam. Bahan-bahan ini biasanya digunakan sebagai resep masakan ayam dan seafood yang disajikan dalam makanan oriental. Namun, anda bisa mengganti bahan masakan ini dengan bahan yang lebih halal yaitu air jeruk limau atau air lemon yang dicampur dengan kecap asin.

2. Bahan Pengganti Mirin dan Sake
Sake yang asli merupakan hasil fermentasi dari beras yang memiliki warna putih agak kebeningan sedangkan mirin merupakan hasil fermentasi beras yang memiliki warna kuning. Mirin dan Sake biasanya digunakan sebagai resep masakan khas Jepang, seperti hal nya teriyaki, dan saus ramen. Untuk mengganti bahan-bahan ini bisa anda gunakan air jeruk lemon yang dicampur dengan jus anggur segar sebagai pengganti sake. Jika anda menambahkan gula pasir, maka rasanya mirip seperti mirin.

3. Bahan Pengganti Brandy
Brandy merupakan minuman yang memiliki aroma alkohol sangat kuat bercampur dengan aroma manis  khas buah cherry yang menggiurkan. Sebagai bahan pengganti dari Brandy ini, anda dapat menggunakan selai cherry atau sirup asli cherry yang dilarutkan ke dalam air hangat.

4. Bahan Pengganti Red Wine
Red Wine adalah minuman anggur merah yang bearoma khas alkohol. Ada juga minuman Red Wine yang bewarna merah keunguan dengan aroma alkohol yang lebih kuat lagi. Untuk mengganti bahan resep masakan red wine ini, anda dapat mencampurkan jus cranberry dan jus anggur merah segar. 

5. Bahan Pengganti White Wine
White Wine yang asli merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari buah anggur hijau. Karena bahannya terbuat dari anggur hijau ini, minuman ini bewarna putih kekuningan dangan aroma yang manis. Untuk menggantikannya, anda bisa memakai bahan-bahan yang halal yaitu mencampurkan kaldu sayuran atau kaldu ayam yang dicampur dengan jus apel segar.

6. Bahan Pengganti Vodka
Vodka adalah minuman beralkohol yang memiliki kadar alkohol dengan prsesntasi yang cukup tinggi. Minuman Vodka memiliki rasa yang kuat akan keasamannya. Bahan pengganti dari minuman Vodka ini adalah jus jeruk nipis yang dipadukan dengan jus buah anggur segar.

7. Bahan Pengganti Bourbon
Bourbon adalah minuman beralkohol dengan ciri khas cita rasa manis  khas vanili bercampur buah-buahan. Untuk menggantikan bahan minuman Bourbon ini, anda hanya membutuhkan ekstrak vanili yang dicampur dengan jus anggur serta jus cranberry.

Anda bisa mencoba mulai sekarang jika anda ingin memasak masakan khas oriental dan Eropa tanpa kandungan alkohol. Bahan-bahan masakan yang mengandung alkohol ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Tak ada salahnya jika anda menggantikan bahan-bahan resep masakan beralkohol dengan bahan-bahan diatas. 

Disamping murah, cara membuat racikan resep bahan pengganti tersebut terbilang cukup mudah. Bahan-bahan tersebut juga mudah didapatkan di mana-mana. Selain itu, bahan-bahan pengganti ini tidak mengandung alkohol sama sekali sehingga aman bagi tubuh dan halal untuk dimakan. Sesuatu yang halal pasti manfaatnya besar. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top