Wisata Pantai Ajaib dan Memesona ini Dapat Kamu Kunjungi di Indonesia

Pantai identik dengan wisata laut yang memesona. Tahukah kamu? Bahwa di Indonesia ini dapat kamu temukan beberapa pantai yang unik dan tidak biasa. Kamu bisa menjadikan pantai-pantai ini sebagai obyek wisata untuk melepas penat. Disamping unik, pantai-pantai ini ternyata memiliki potensi yang tidak dimiliki oleh tempat-tempat lainnya. Inilah pantai-pantai unik nan memesona yang dapat kamu jadikan tujuan destinasi wisata.

Pantai Tureloto
Jika kamu berkunjung ke propinsi Sumatra Utara, kamu akan menemukan Pantai Tureloto yang ada di Pulau Nias. Ajaibnya, kamu akan terapung jika berenang ke laut pantai ini. Kenapa bisa terapung? Laut yang ada di Pulau Tureloto ini merupakan Laut Mati sehingga memiliki kadar garam yang tinggi. Tidak hanya itu saja, kamu juga menemukan beberapa batuan karang di sepanjang pantai yang bentuknya hampir mirip dengan otak manusia. 
Oleh karena itu, masyarakat menyebut batu-batuan itu dengan julukan Batu Otak. Pantai ini aman untuk pengunjung karena dibentengi oleh batu-batuan karang sehingga terbebas dari hempasan ombak besar. Asyik ya kalau bisa berenang di pantai ini! 

Pantai Temboko Lehi
Pantai cantik yang ada di Sulawesi Utara ini pasti membuatmu terhipnotis. Ajaibnya, pantai ini merupakan satu-satunya pantai berair panas yang ada di Indonesia. Pantai ini jarang tersentuh oleh banyaknya wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan airnya yang masih jernih. Air laut bersuhu panas karena letak pantai ini berada di kaki Gunung Karengtang yang berstatus aktif. Selain itu, air panas yang di Pantai Temboko Lehi juga tidak asin. 
Disarankan untuk berhati-hati jika kamu sedang bermain dengan anak-anak. Alasannya, uap panas biasa menyembur dari dalam pasir pantai ini. Uap tersebut juga dirasakan betul-betul panas. Hal yang paling penting untuk diingat adalah dilarang berenang di air pantai karena bisa membuat tubuhmu melepuh. Jika ingin berenang, kamu bisa berendam di kolam kecil yang disediakan untuk para pengunjung dan wisatawan. Di kolam tersebut kamu bisa berendam sambil berelaksasi menikmati hangatnya air Pantai Temboko Lehi. 

Pantai Baron
Kejaiban Pantai Baron Gunung Kidul yang ada di Jogjakarta ini ternyata memiliki sungai juga. Sungai tersebut terletak di bawah tanah yang akan mengalir menuju lautan. 
Sungai yang berada di bawah tanah ini dapat digunakan sebagai tempat pemandian setelah kamu bermain-main di wilayah Pantai Baron. Wah, ternyata nggak perlu susah-susah mencari tempat pembilasan di sekitar pantai karena sudah ada sungai yang jernih di dekat Pantai Baron. 

Pantai Merah Muda (Pink beach)
Pantai ini memiliki keajaiban warna pasirnya yang bewarna merah muda. Letak Pantai Merah muda ini berada di Pulau Komodo sehingga tidak jauh dengan taman nasional perlindungan hewan Komodo. Warna pink yang dihasilkan oleh pasir ini bukan dari hasil pewarna tekstil loh ya! Warna pink pada pasir berasal dari reaksi sisa-sisa organisme merah yang tumbuh di karang dengan potongan kerang yang terjatuh ke dasar laut dan kemudian terbawa ombak sampai ke tepian pasir pantai. 
Warna alami merah ini merupakan formulasi antara organisme, karang dan kerang laut. Kebetulan warna organisme dan kerang juga bewarna merah sehingga memunculkan rona merah muda pada pasir laut. Jika kamu berlibur disini, kamu tidak hanya dimanjakan pemandangan berwarna pink di tengah pantai tetapi juga eksotisnya Komodo yang sedang bertengger di Taman Nasional Komodo.

Sebagai warga Indonesia hendaknya harus menjaga kelestarian dan kebersihan pantai yang ada di Indonesia. Jadi, setelah berselfie ria di pantai-pantai tersebut, jangan membuang sampah sembarangan ya! (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top