Wisata Air Panas ini Hanya Dapat Kamu Temui di Indonesia

Setelah menjelajahi wisata sejarah di Indonesia, kini kita melihat wisata air panas yang ada di Indonesia. Jika kamu ingin melepas penat setelah seharian bekerja, wisata air panas merupakan tempat yang cocok untuk melakukan relaksasi. Selain membuat pikiran menjadi lebih tenang, wisata air panas ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti melancarkan peredaran darah, membersihkan kulit yang kotor serta melemaskan otot-otot yang kaku.

Wisata-wisata air panas ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin jalan-jalan bersama keluarga.

1. Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian air panas Cangar ini terletak di kaki Gunung Welirang-batu, Jawa Timur. Cangar merupakan nama dari sebuah dusun yang berada di wilayah Bumiaji, kelurahan Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Mengingat dahulu pada saat zaman penjajahan Jepang, para rakyat pribumi pernah disiksa dan dijemur di wilayah ini sehingga arti nama pemandian ini menjadi Cangar atau dalam bahasa Jawa artinya di jemur. 
Lokasi pemandian ini ada di Taman Hutan Rakyat (Tahura). Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Goa Jepang yang letaknya sekitar 600 meter dari lokasi pemandian. Disana, kamu akan menemukan tiga sumber air panas yang suhunya dapat membuat badan kamu lebih hangat di tengah-tengah dinginnya pegunungan Kota Batu. Sedangkan, jika kamu ingin berenang, kamu bisa mencoba kolam renang air panas yang ada di belakang sumber air panas Cangar. Tiket untuk masuk Cangar hanya Rp 5.500 per tiket dan Rp 3.000 untuk parkirnya.

2. Pemandian Air Panas Tirta Sanita
Pemandian yang terletak di daerah Ciiseng Bogor ini letaknya tidak jauh dari tol keluar Serpong, Tangerang yaitu sedikit keluar dari derah Jakarta. Lokasi pemandian ini berada di Desa Ciiseng, kecamatan Parung di Kabupaten Bogor. Tiket masuk menuju pemandian air panas ini hanya Rp 5.000 per orang dan Rp 3.500 untuk pengunjung anak-anak. 
Sedangkan pada akhir pekan, tiketnya bisa sedikit lebih mahal yaitu Rp 6.000 saja. Disana kamu akan melihat bukit kapur yang merupakan awal sumber air panas itu mulai mengalir. Selain itu, kamu dapat menikmati kolam air panas yang bewarna biru dari kejauhan di atas batuan bukit kapur belakang.

3. Pemandian Air Panas Yeh Panes
Pemandian Air Panas Yeh Panes merupakan obyek wisata yang patut kamu kunjungi jika berwisata ke Bali. Lokasi pemandian ini berada di desa Penataan, Kabupaten Tabanan, Kecamatan Panebel sehingga berjarak 41 km dari Kota Denpasar. 
Uniknya, pemandian ini dikelilingi dengan sawah berundak-undak khas Bali. Fasilitas di pemandian ini sangat lengkap. Selain itu, terdapat juga macam-macam kolam air panas dari berbagai ukuran dan fungsi masing-masing kolam itu sendiri. Kamu juga bisa menikmati fasilitas spa di pemandian ini. 

4. Sumber Air Panas Sipatn Lotup Sanggau
Sumber air panas yang berada di Kalimantan Barat ini terbilang sangat unik. Pasalnya, di Kalimantan tidak memiliki gunung berapi seperti di Pulau Jawa. Panas yang dihasilkan oleh sumber mata air Sipatn Lotup ini ternyata dihasilkan dari geotermal yaitu mata air yang dihasilkan dari panas bumi. Temperatur suhu mata air ini cukup panas yaitu antara 52 sampai 55 derajat celsius. 
Sumber air panas ini akan mengalami kenaikan suhu karena letak batu-batuan di dalam perut bumi semakin dalam. Proses terjadinya air panas ini terjadi karena air merembes dari kerak bumi yang letaknya sangat dalam. Mata Air tersebut menjadi panas setelah dipanaskan oleh permukaan bebatuan yang panas pula sehingga mata air tersebut muncul sebagai sumber air panas yang ada di Pulau Kalimantan.

Tak perlu jauh-jauh ke negara lain untuk menikmati pemandian air panas karena di Indonesia pun kita bisa menikmatinya. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top