Tips Melakukan Kegiatan Bermanfaat Setelah Lulus Kuliah

Habis kuliah biasanya nganggur sebentar. Duh, nggak enak banget ya! Beda lagi jika kalian memang ingin nganggur sebentar untuk melepas penat setelah dibebankan tugas yang menumpuk. Bagi kalian yang takut nganggur setelah kuliah jangan khawatir. 

Disini akan membahas bagaimana tips-tips jitu agar kalian tidak bosan setelah lulus kuliah. Yang pasti solusinya bukan cepat-cepat nikah setelah lulus kuliah ya! Lain lagi itu pembahasannya. Ikuti tips-tips berikut agar kamu tidak bosan setelah kuliahmu kelar.

1. Lakukan hobimu yang pernah tersita sewaktu kuliah
Bagi kamu yang dulu sempat vakum dengan hobi yang kamu geluti karena tersita padatnya jadwal kuliah, ayo saatnya salurkan hobimu setelah kuliah! Misalnya kamu suka nulis novel tetapi karena jadwal kuliah yang padat akibatnya kamu tidak menyelesaikannya sampai bab terakhir. Nah, kamu bisa isi hari-harimu dengan menulis novelmu sampai kelar. 

Atau kamu suka nyanyi? Kamu bisa juga berlatih vokal dengan mendownload video tutorial yang bisa kamu cari sendiri lewat youtube. Sembari menunggu panggilan kerja, tak ada salahnya menyalurkan hobi yang dulu sempat vakum. Selain mengasah bakatmu lagi, kamu juga mendapatkan kegiatan baru setelah kuliah. 

2. Menata kembali isi kamarmu
Kamu sekarang bukanlah mahasiswa lagi melainkan akan menjadi sosok manusia yang lebih dewasa, menjadi seorang karyawan, pegawai atau pengusaha profesional sekalipun. Jadi, ubah suasana kamarmu agar tidak jenuh asal bukan kamar kosmu ya! Misalnya saja kamu bisa memasukkan buku-buku kuliahmu yang sudah tidak perlu ke dalam kardus dan mengubah suasana mejamu menjadi lebih berwarna dan rileks. Kamu tidak perlu menata kamar dalam satu hari. 

Buat susunan rencana. Contohnya hari pertama menata buku, hari kedua membuang barang yang tidak perlu, ketiga mencuci sprei dan sarung bantal, keempat menghias kamar dengan suasana baru seperti foto atau kata-kata motivasi untuk menghadapi dunia kerja. Dengan begitu hari-harimu tidak membosankan. Selain itu, kamu bisa latihan bekerja keras mulai dari hal yang kecil agar terbiasa di dunia karir nantinya.

3. Berkunjung ke rumah saudara atau teman lama
Sering-seringlah mempererat silaturahmi antar saudara atau teman lama agar hubungan komunikasi terus-menerus terjaga. Mengunjungi teman atau saudara disini dimaksudkan agar kamu bisa menambah banyak teman baru. Disamping itu, hal ini dapat menambah rasa sosialisasi kamu pada orang lain. Di dunia kerja butuh sosialisasi yang baik agar kamu dapat mudah beradaptasi di lingkungan pekerjaan. Status pengangguran setelah lulus kuliah bukan berarti kamu harus mengurung diri di dalam rumah.

Justru dengan mempererat hubungan sosialisasimu dengan banyak orang akan mendapatkan rezeki misalnya saja informasi lowongan pekerjaan baru, atau rekomendasi tempat lamaran kerja dari orang yang kamu kenal. Kamu juga akan terbiasa mengetahui pengetahuan seputar karir di sekitar orang yang kamu kenal. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri jika akan menghadapi tes interview nanti. Tapi, bukan berarti setelah kamu sukses kamu tidak bersilaturahmi ke rumah teman atau saudara ya! Tetaplah menjalin silaturahmi dengan baik. 

4. Lakukan usaha kecil-kecilan selama menunggu panggilan kerja
Agar ilmu yang kamu pelajari selama kuliah tidak sampai lupa, kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan yang berkaitan dengan ilmu yang kamu geluti. Misalnya kamu lulusan pendidikan Bahasa Inggris atau Matematika, kamu bisa membuka les privat. Jika kamu lulusan teknik, kamu bisa membuka usaha jasa teknisi. 

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti komunitas bisnis kreatif agar mendapatkan pengetahuan tentang persaingan pasar, usaha, dan sebagainya. Selain itu, kamu mendapatkan wawasan baru tentang memulai sebuah bisnis kecil-kecilan.

Lulus kuliah menunggu panggilan kerja memang melelahkan, tetapi sampai kapan kita terlarut dalam kelelahan jika kita tidak memulainya untuk bergerak lebih maju. Tetap semangat bagi kamu yang baru lulus kuliah ya! Semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapanmu. Amin. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top