Taman-taman Keren yang Ada di Kota Malang

Taman merupakan tempat paling menarik untuk melakukan segala aktivitas seperti halnya jogging, bermain badminton, jalan-jalan santai atau bahkan berfoto. Nah, di Kota Malang Jawa Timur sekarang ini, taman-taman keren mulai dibuat untuk menjaga kesejukan udara ditengah-tengah padatnya Kota Malang itu sendiri. Yuk, kita intip taman-taman keren yang ada di Kota Malang.

1. Taman Alun-Alun Merdeka Kota Malang 
Bagi kalian yang ingin lihat air mancur menari-nari dengan iringan musik tidak usah jauh-jauh pergi ke Dubai. Di Kota Malang pun juga tidak kalah seru. Tampilan taman alun-alun baru kini lebih bewarna dan variatif sejak diperbaiki pada tahun 2015 lalu. Tidak hanya itu saja, di taman ini juga terdapat wahana untuk landasan skateboard, taman bermain, jogging track, bikers track, smoking area dan tempat khusus untuk ibu menyusui. 
Taman ini juga menyediakan tempat khusus bagi jama’ah Masjid Agung Jami’ Kota Malang yang memang dijaga kesuciannya melewati pembatas. Warna-warni hiasan taman, payung-payung penghias pohon beringin dapat kita saksikan dengan adanya burung-burung merpati yang beterbangan layaknya di Kota Paris. Kita bisa bersantai-santai di area tempat duduk dan gazebo yang disediakan di seluruh taman. Lebih cocok jika kita berkunjung saat malam hari agar dapat menyaksikan gemerlapnya air mancur taman yang menari-nari.
2. Taman Alun-Alun Tugu 
Tidak afdol rasanya jika pergi ke Malang tanpa harus ke taman alun-alun Tugu terlebih dahulu. Taman yang dulunya memiliki nama Jaan Pieterzoen Coen sudah ada sejak zaman Belanda di tahun 1930-an. Taman ini sempat diperbarui kembali pada tahun 1950-an. Monumen Tugu yang berdiri di tengah taman tersebut bukan penghias semata melainkan memiliki arti tersendiri. 
Bentuk tajam yang menyerupai puncak diatas tugu melambangkan bambu runcing sebagai senjata asli bangsa Indonesia untuk melawan penjajah, rantai disimbolkan sebagai persatuan dan kesatuan bagi rakyat Indonesia. Bintang yang terdiri dari 17 pondasi, 8 tingkatan dengan membentuk 4 dan 5 sudut melambangkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.  Adanya bunga teratai yang bewarna merah dan putih di sekeliling kolam menunjukkan warna bendera Indonesia.

3. Taman Singha 
Taman keren yang satu ini terletak di Jalan Mertojoyo Selatan yang ada di Kelurahan Merjosari, kecamatan Lowokwaru, Jawa Timur. Taman yang baru diresmikan sejak bulan Februari 2013 ini memiliki keunikan sendiri karena adanya desain-desain fasilitas menarik di tempat ini seperti halnya wahana sepeda udara, jogging track, taman bermain, foot therapy, open theater serta kolam pasir yang khusus ditujukan untuk anak-anak agar dapat berkreasi. 
Di tahun 2016 baru-baru ini Taman Singha juga menyediakan fitness track secara outdoor yang digunakan sebagai pusat kebugaran tubuh. Disarankan untuk datang jam lima pagi karena pusat kebugaran ini ramai pada pukul diatas jam tujuh pagi. Warna-warni bunga lavender, mawar serta bunga-bunga lain menambah kesejukan taman di temani gazebo-gazebo yang berjejer di pinggir taman. 
Jika kehausan, kita bisa meminum air yang dapat diminum langsung dari kran yang disediakan. Semua fasilitas di Taman Singha ini gratis dan tidak ada penarikan biaya sepeser pun. Wow, pantas saja kalau taman ini mendapat prestasi sebagai taman terbaik se-Indonesia. Selain desainnya keren, taman ini juga memiliki fasilitas yang lengkap bukan.

4. Taman Slamet

Taman yang baru resmi dibangun pada tahun 2016 saat ini adalah Taman Slamet. Taman berukuran kecil tetapi menakjubkan ini disinyalir sebagai surga kecil yang tersembunyi di Kota Malang. Bersama perusahaan PT. Bentoel Grup, Bapak Moch. Anton selaku Walikota Malang memang sudah memiliki konsep pembuatan taman ini dengan nama hidden paradise.
Jika kita datang ke taman ini pada malam hari, lampu-lampu yang ada di taman akan menghiasi taman secara elegan. Tak ada salahnya jika mencoba datang ke tempat ini sambil melepas penat. Tidak hanya itu, masih banyak taman-taman lain di Kota Malang yang tersebar luas di wilayah lainnya yang tidak kalah indahnya. Itulah salah satu alasannya mengapa Kota Malang disebut sebagai Kota Bunga. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top