Suku-suku Tertua ini hanya ada di Indonesia

Indonesia memiliki ragam suku yang sangat banyak. Adanya keragaman suku ini menambah kekayaan Indonesia di mata dunia. Anda perlu mengetahui bahwa di Indonesia ini juga ada suku-suku tertua. Suku-suku apa sajakah itu? Mari kita intip sejenak tentang suku-suku tertua di Indonesia yang sangat berpengaruh hingga sekarang ini.

1. Suku Wajak
Suku ini menduduki posisi pertama dalam urutan suku tertua di Indonesia. Suku ini menidami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Namun, keberadaan suku ini sudah hilang dan tidak ada yang mengetahui suku ini dengan jelas. Bahkan sejarah dan seluk beluk suku ini juga tidak jelas sama sekali. 
Tetapi, bukti-bukti keberadaan Suku Wajak ini hanya bisa diwujudkan dengan adanya fosil yang tergolong dalam jenis manusia purba bernama Homo Wajakensis. Keberadaan suku ini memang menghilang secara misterius hingga saat ini sehingga menjadi sebuah legenda di wilayah Tulungagung.

2. Suku Kerinci
Suku ini juga merupakan suku tertua di dunia yang hidup hingga saat ini. Pasalnya, suku yang mendiami wilayah Sumatra Selatan di wilayah dataran tinggi Gunung Kerinci ini sudah ada sebelum Suku Inka dan Indian mendiami Benua Amerika. 
Sejak sepuluh ribu tahun yang lalu, suku ini seudah ada. Suku ini masih menjaga peradabannya dengan baik hingga saat ini dengan tradisinya yang masih sangat kental.

3. Suku Baduy
Suku ini mendiami wilayah yang ada di Jawa Barat. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Baduy tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah. 
Hingga saat ini, Suku Baduy memiliki keturunan yang masih hidup di wilayah Lebak tepatnya di Banten. Suku ini tersebar secara meluas dan suku ini juga mendiami di hampir semua wilayah di Indonesia. 

4. Suku Melayu
Suku ini sudah ada sejak abad kesebelas di Indonesia dan terkenal sampai ke beberapa negara bahkan suku ini juga sudah tersebar sampai ke Benua Eropa. Suku Melayu merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang-orang Austronesia yang sampai sekarang menghuni wilayah Semenanjung Malaysia, wilayah timur bagian Sumatra  dan wilayah-wilayah lain di sekitar Pulau Sumatra. 
Nama Malayu berasal dari kerajaan yang menjadi bawahan kerajaan Sriwijaya. Dahulu kala, banyak pedagang Melayu yang mengikuti jalur perdagangan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Suku Melayu masih menjaga tradisinya hingga saat ini. 

5. Suku Dani 
Suku Dani yang berada di Papua ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu di Lembah Baliem. Mata pencaharian suku ini dikenal dengan cara bercocok tanam. 
Pada masa itu, suku Dani sudah mulai mengenal peralatan teknologi yang terbuat dari bahan-bahan alam seperti kapak batu, pisau yang terbuat dari tulang binatang, bambu dan juga alat-alat tombak yang terbuat dari kayu. Alat-alat ini dikenal sangat kuat dan berat.

6. Suku Dayak
Suku Dayak sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Namun, asal-usul Suku Dayak ini juga masih belum pasti karena muncul berbagai macam pendapat tentang suku ini. Wilayah kediaman Suku Dayak biasanya berada di pedalaman Pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat. Tapi jangan main-main dengan Suku Dayak ya! Pasalnya, Suku Dayak dikenal dengan suku yang memiliki ilmu hitam dengan efek yang sangat tinggi. 
Ilmu hitam tersebut bermacam-macam bahkan ada yang sampai bisa memakan nyawa orang lain. Suku Dayak juga dikenal memiliki kesaktian seperti kebal terhadap benda tajam, peluru atau ilmu-ilmu yang lain. 

7. Suku Jawa
Suku Jawa merupakan suku tertua di Indonesia juga. Suku ini mendiami Pulau Jawa sejak zaman kerajaan Hindhu-Buddha. Suku ini memiliki pengaruh besar di Indonesia karena hampir sebagian wilayah di Indonesia ini dihuni oleh Suku Jawa. 
Tradisi dan upacara adat suku Jawa bermacam-macam sehingga banyak pula wisatawan asing dari luar negeri yang ingin belajar tembang Jawa, menjadi sinden, dalang atau tari-tarian Jawa. Bahkan, ada pula wisatawan asing yang rela mengganti statusnya menjadi penduduk Jawa demi menjadi bagian dari kebudayaan Jawa.

Itulah suku-suku tertua di Indonesia. Semua suku memiliki kelebihan dan tradisinya masing-masing. Saling menghargai antar suku merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang sejati. Stop tindakan rasisme dan cintailah keragaman suku di Indonesia. (Chandra Widy H)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top