Serba-serbi Olahan Makanan Hitam ini Membuat Perutmu Keroncongan

Mendengar makanan pasti bikin perut kamu keroncongan. Nah, agar makin keroncongan ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu coba. Makanan-makanan ini bewarna hitam. Kok bisa ya? Apakah mungkin diberi oli atau tinta bolpoin? Tidak mungkin. Makanan-makanan ini mempunyai bahan khusus agar tercipta warna hitam. Berikut informasinya tentang serba-serbi makanan hitam.

1. Mie Hitam
Kalau mendengar mi bewarna hitam mungkin terlihat sedikit menjijikkan ya? Pasalnya, mi bewarna hitam ini terllihat seperti cacing. Tapi, jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu soalnya mi bewarna hitam ini justru lebih enak daripada mi yang lain lho. 
Warna hitam pada mi biasanya diambil dari tinta cumi. Rasanya gurih apalagi ditambahkan dengan toping seafood yang menambah kelezatan cita rasa mie hitam. Usaha mie hitam ini banyak kita temukan di Bandung-Jawa Barat.

2. Nasi Goreng Hitam
Nasi goreng bewarna hitam ini juga tidak ada beadanya dengan mie hitam. Adanya tambahan tinta cumi pada nasi goreng membuat warna nasi ini menjadi lebih pekat. Tapi, tinta hitam pada nasi goreng ini hanya sedikit saja ditambahkan saus tiram dan kecap secukupnya. 
Adanya tambahan cumi goreng, sosis ikan dan sayuran segar menambah lezatnya nasi goreng ini disantap bersama keluarga.

3. Burger  Hitam
Burger hitam ini bukan karena burgernya gosong lho ya! Burger ini memang sengaja dibuat dari olahan tinta cumi sehingga rotinya burgernya bewarna hitam. Kejunya pun juga bisa diolah menjadi warna hitam dengan cara dibuat adonan yang terdiri dari agar-agar plain, susu bubuk dan sedikit tinta cumi yang dimasukkan ke dalam microwave. Tidak hanya itu, daging burger dan sausnya pun juga bisa diolah menjadi saus warna hitam.

4. Martabak manis hitam
Si hitam manis sudah tidak berlaku lagi bagi kecap karena gelar baru ini sudah disandang oleh Martabak Bangka. Warna hitam pada martabak manis ini bukan dibuat dari tinta cumi lagi lho ya! Warna hitam pada martabak manis ini dibuat dari ketan hitam. Martabak hitam ini disajikan dengan berbagai aneka isi seperti martabak hitam isi kacang merah, kelapa parut, keju dan susu kental manis.

5 Donat Hitam
Donat ini juga berbahan dasar ketan hitam sehingga warna donat menjadi hitam pekat. Toping donat hitam ini beraneka ragam ada yang menggunakan almond putih, coklat, kacang atau gula putih. Tapi, banyak penikmat kuliner yang memesan donat hitam ini dengan toping coklat. 
Jika hendak membuat donat hitam sendiri di rumah, janganlah lupa untuk membuat bahan-bahan donat yang masih fresh. Agar donat memiliki cita rasa yang khas bisa ditambahkan bubuk kopi juga agar donat hitam semakin menggiurkan.

6. Kue Lompong
Kue lompong adalah kue khas Jawa Tengah yang berasal dari Kutoarjo, Purworejo. Warna hitam yang ada di kue lompong ini berasal dari tepung merang yang dipadukan dengan tepung ketan dan gula pasir. Tekstur makanan ini kenyal dan rasanya legit di lidah. Isi dari kue lompong ini adalah kacang tanah yang sudah ditumuk. Harga kue lompong bekisar antara Rp 2.000 sampai Rp 3.500 per biji. 
Bahan-bahan yang digunakan utuk membuat kue ini benar-benar alami. Biasanya batang talas dikupas sampai bersih dari getah kemudian diambil ekstraknya hingga memperoleh warna yang hitam. Kemudian, saripati itu dicampur dengan tepung merang hasil dari batang padi yang sudah dibakar. Oleh karena itu, warna kue lompong menjadi hitam pekat. 

Segala hal yang bewarna hitam belum tentu mengisyaratkan gelap, duka, dan bencana bukan? Tapi warna hitam pada kuliner-kuliner tersebut pasti membuatmu ingin memakannya. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top