Selain Unik, 5 Olahan Tempe Berikut Ini Begitu Menggugah Selera

Bagi warga Indonesia tempe merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi. Makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai ini mempunyai cita rasa yang unik. Tidak sulit menemukan tempe di beberapa tukang sayur atau minimarket dengan harga terjangkau. Di negara lain pun tempe mulai dilirik sebagai lahan bisnis yang menggiurkan.

Selain mudah mendapatkannya, tempe sendiri praktis dalam pengolahannya tinggal digoreng atau dibuat campuran sayur. Namun, untuk kamu yang sudah bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja, olahan berikut ini mungkin bisa kamu cicipi. Selain unik, olahan dari bahan tempe ini begitu menggugah selera.

1. Brownies
Si hitam manis yang dalam riwayatnya merupakan produk gagal, namun ternyata semakin eksis karena rasanya yang unik ini sekarang dikreasikan dengan bahan dasar tempe. Ya, tidak terbayang pasti bagaimana rasanya brownies tempe ini sendiri. 
 
Apakah manis ataukah sedikit gurih? Produk ini sendiri mulanya hasil kreasi warga Malang dan saat ini mulai bisa ditemukan di daerah lain selain pai tempe. Pembuatannya sendiri hampir sama dengan brownies pada umumnya, hanya tinggal mengganti bahan dasarnya saja.

2. Steak
Jika pada umumnya steak merupakan olahan dari daging sapi atau daging hewani lainnya, steak tempe ini cocok untuk kamu yang tidak suka daging. Proses pembuatannya sendiri adalah dengan menggiling tempe yang kemudian diberi beberapa bumbu dan lain-lain, kemudian dibentuk dan dimasak. 
 
Sajian ini juga mulai banyak dijadikan menu restoran dengan cita rasa yang mewah. Penambahan saus teriyaki atau barbequ menambah cita rasa tempe setingkat serupa steak daging pada umumnya.
 
3. Nugget
Pasti sudah sering menikmati nugget yang berisi daging sapi atau ayam. Bagaimana jika nugget tersebut berisi daging tempe? Olahan yang satu ini sangat praktis karena tinggal digoreng. Untuk membuat nugget ini sendiri prosesnya yaitu melalui penghancuran tempe yang sudah dikukus kemudian ditambah bumbu serta telur. 
 
Tempe lalu dibentuk sesuai selera. Celup diadonan putih telur yang selajutnya digulirkan pada tepung panir atau roti. Bisa langsung digoreng atau ditaruh frezer terlebih dahulu. Semakin unik bentuknya akan membuat anak-anak tertarik untuk mencicipi. Olahan ini sendiri bisa dikreasikan dengan menambah daging giling jika suka.

4. Kue kering
Olahan tempe berikutnya yang tidak kalah unik adalah kue kering yang terbuat dari tempe. Seperti yang kita tahu kalau tempe lebih cocok untuk jenis makanan gurih serta asin, tapi bagaimana rasanya jika dibuat kue kering? Sama halnya seperti brownies, kue kering ini hanya tinggal menambahkan tempe ke dalam adonannya.
 
Cita rasa yang ditimbulkan adalah perpaduan manis dan gurih, terlebih jika kue kering tersebut ditambah esense seperti strawberry atau cokelat. Dijamin rasa tempenya tidak akan terasa. Olahan ini juga cocok untuk kamu yang mungkin bingung dengan kreasi kue kering untuk lebaran nanti.
 
5. Peyek
Peyek merupakan kudapan serupa kerupuk yang renyah. Terbuat dari tepung beras yang biasanya berisi potongan kacang tanah, teri, atau udang ebi, yang selanjutnya digoreng sangat tipis. Saat ini peyek juga mulai diisi dengan potongan tempe. 
 
Rasa yang dihasilkan pun semakin nikmat dan gurih. Peyek tempe ini sendiri sangat cocok disantap sebagai camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman, juga bisa dijadikan teman makan nasi hangat serta sayur. Di beberapa daerah peyek juga disebut sebagai iwak, ikan atau lauk makan dalam bahasa jawa. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top