Lima Masjid di Indonesia ini Yang Punya Nilai Seni Luar Biasa

Indonesia terkenal dengan pemeluk agama islam terbanyak di dunia. Maka tidak heran apabila beragam jenis pakaian muslim dari segala mode ada di sini, tak terkecuali masjid. Bangunan yang satu ini tentu tidak lepas dari keberadaan umat muslim mayoritas yang tersebar di penjuru nusantara Indonesia.

Seperti yang sudah banyak kita ketahui apabila masjid merupakan tempat beribadah umat islam yang diyakinin suci keberadaannya. Masjid pada umumnya memiliki bentuk kubah dengan pemilihan cat pada dindingnya yaitu putih. Namun, tahukah kamu sejumlah masjid yang ada di Indonesia berikut ini memiliki nilai seni yang luar biasa. Hal ini juga tidak lepas dari kebudayaan luar yang diserap untuk artsitektur bangunan seperti bangunan model masyarakat China, India, dan Arab.

Berikut ini 5 masjid yang bisa kamu jadikan tujuan wisata religi dan semakin mendekatkan diri pada sang pencipta bumi dengan segala isinya.

1. Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta
Masjid yang satu ini pasti bukan suatu yang asing, terlebih ketika hari raya di mana sebagian stasiun televisi menayangkan prosesi shalat ied di Masjid Istiqlal. Masjid yang disebut paling indah se-Indonesia ini merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. 
Proses pembangunan Masjid Istiqlal ini sendiri diprakarsai oleh Presiden RI Ir Soekarno dengan arsitek Frederich Silaban, yang notabene merupakan umat Kristiani. Masjis Istiqlal berlokasikan di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monas. Bangunan masjid ini mempunya luas sekitar 7 hektar yang mampu menanampung sekitar 200.000 jemaah. Masjid ini memiliki kubah yang besar yaitu berdiameter 45 meter, ditopang 12 tiang besar, dan Menara tunggal setinggi 96,99 meter.  

2. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri yang ada di Depok
Setelah sebelumnya membaca artikel yang berhubungan dengan Depok, maka ada baiknya untuk mampir juga di masjid yang satu ini. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri merupakan salah satu masjid indah yang ada di Indonesia.
Ketika melihat bangunannya, kamu pasti terkagum-kagum akan kubah yang dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Ketika masuk ke dalamnya pun kamu akan dibuat terpesona. Masjid ini mempunyai luas 50 hektar dan mampu menampung sekitar 20.000 jemaah. 

3. Masjid Al-Akbar yang ada di Surabaya
Masjid yang lebih dikenal dengan sebutan masjid agung ini adalah masjid ketiga terbesar di se-Indonesia. Dibangun 1995, masjid yang diresmikan oleh KH Abdurrahman Wahid pada tahun 2000 ini mempunyai keunikan, yaitu terdapat kubah besar serta empat kubah kecil yang seakan-akan menyerupai daun dengan warna biru dan hijau. 
Masjid yang berlokasikan di Jalang Pagesangan, Jambangan, ini juga memiliki 45 pintu utama dari kayu jati. 

4. Masjid Agung An-Nur yang ada di Pekanbaru
Pernah melihat Taj Mahal yang ada di India? Di Indonesia kamu juga bisa menemukannya di Pekanbaru, Riau. Masjid yang dibangun pada tahun 1968 ini memiliki tiga lantai dan tiga buah tangga. Di dalamnya terdapat kaligrafi karya Azhari Nur yag membuatmu kagum saking indahnya.

5. Masjid Islamic Centre yang ada di Samarinda
Masjid dengan arsitektur indah yang terakhir adalah Masjid Islamic Centre. Masjid ini dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara. 
Luas bangunan masjid ini yaitu 43.500 meter persegi dengan 7 menara yang dibagian dindingnya dikelilingi oleh lafadz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit, dengan teknik pembuatan water jet. Selain itu masjid satu ini semakin indah dengan adanya pemandangan tepi Sungai Mahakam. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top