Selain Ibadah, Kegiatan Bulan Ramadhan ini Menyenangkan dan Bermanfaat

Bagi seorang penulis, baik fiksi maupun nonfiksi, baik penulis buku, majalah maupun penulis blog, ide merupakan suatu kebutuhan. Dengan ide sebuah tulisan bisa dihasilkan, serta bisa membat sebuah tulisan yang sedianya ada menjadi lebih hidup. Namun, terkadang ide tidak datang begitu saja. Diperlukan banyak usaha untuk membuat ide itu datang menghampiri. Tidak mungkin kita bisa memperoleh ide, jika kita hanya diam menunggu ide itu yang datang menghampiri kita. Seperti rezeki, ide juga perlu dijemput.

Tanpa kita sadari, sebenarnya ide banyak bertebaran di sekitar kita. Hanya kita saja yang terkadang belum peka. Jika kita bisa peka sedikit saja, mungkin dengan mudah berpuluh-puluh ide bisa kita dapatkan dalam sehari atau bahkan ratusan. Tidak ada yang tidak mungkin. Coba pikirkan dalam sehari ada berapa banyak orang yang kita temui. Perhatikan apa yang mereka bicarakan, apa yang mereka kerjakan. Setiap orang memiliki sesuatu yang unik. Hal unik itulah bisa kita jadikan sebagai ide. Atau tidak perlu terlalu jauh, lihatlah diri kita sendiri. Kita tentu punya pengalaman hidup yang tidak biasa. Manfaatkanlah itu menjadi ide sebuah tulisan.

Namun, jika dari kedua hal diatas kita tidak menemukan ide yang unik lagi. Kita perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Rajin-rajinlah membaca
Membaca dan menulis merupakan dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Jika ingin menjadi penulis yang sukses, maka rajin-rajinlah membaca. Terutama membaca Kitab Suci Al-Qur'an. Selain mendapatkan pahala dan syafaat diakhirat kelak, akan menambahkan keimanan dihati kita. Dengan rajin membaca tulisan-tulisan yang bermanfaat, kita akan mendapatkan banyak ide. Ide untuk tulisan kita, tetapi bukan berarti kita mencuri ide penulis lain. Kita bisa jadikan ide penulis lain sebagai inspirasi kita untuk membuat sebuah tulisan. Jangan membuat tulisan dengan ide yang sama, itu plagiat namanya. Hati-hatilah.

2. Sering-seringlah mengunjungi tempat-tempat umum
Tempat umum seperti taman atau pasar, biasanya terdapat banyak orang dengan tingkah polah mereka masing-masing. Kita bisa memperhatikan tingkah mereka dari jauh, atau jika tidak mendapatkan ide juga, kita bisa mengajak beberapa orang untuk berkenalan dan berbicara. Selain ide, kita juga bisa mendapat teman baru.

3. Menyempatkan diri untuk traveling
Jika kita punya waktu kosong dan tentu saja budget yang lebih, mengapa tidak kita gunakan untuk liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Di tempat berbeda, dengan suasana berbeda dan orang-orang yang berbeda pula, kita bisa membuang kejenuhan kita dengan kegiatan-kegiatan yang monoton sebelumnya. 

Dengan begitu otak kita akan lebih terbuka untuk menerima ide-ide baru yang super dan unik. Jika anda seorang penulis novel, maka tempat-tempat yang anda kunjungi bisa dijadikan sebagai latar cerita. Novel anda pasti tak kalah keren dengan novel penulis terkenal seperti Asma Nadia.

4. Belajar berimajinasi
Jika kita dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan di luar rumah, misalnya karena sakit. Tidak ada salahnya kita mencoba berimajinasi. Bahkan terkadang ide yang muncul dari imajinasi merupakan sesuatu yang lebih menarik dan unik, karena kita memperolehnya dari hasil pemikiran kita sendiri. Nah, mulai sekarang jangan mengeluh karena sakit jadi tidak bisa menemukan ide di luar rumah. Bahkan dalam keadaan sakit otak menjadi lebih peka dan ide pun dengan mudah menghampiri.

5. Luangkan waktu untuk menikmati musik
Coba luangkan sedikit waktu untuk mendengarkan lagu-lagu playlist di hp, laptop atau gadget lain yang kita miliki. Selain bisa menenangkan pikiran, mendengar musik juga membuat kita bisa menemukan ide loh. Coba saja dengar satu lagu indonesia, misalnya dari band d’massiv. Resapi alunan musik dan liriknya, catat atau kalau perlu dihapal. Jika ingin lebih meresapi, manfaatkan kemampuan berimajinasi kita dengan menghayalkan bahwa kitalah tokoh yang ada di dalam lirik tersebut. Dengan begitu, ide akan muncul dengan sendirinya.

Mudah dan menyenangkan bukan? Kita tidak perlu memaksa otak untuk bekerja terlalu berat demi mendapatkan sebuah ide. Cukup lakukan lima hal menyenangkan diatas, maka dengan sendirinya ide-ide unik akan datang. Kita hanya perlu lebih peka dan sensitif. Jangan lupa bawalah selalu pena dan catatan kecil kemanapun kita pergi. Karena ide bisa datang kapan saja tanpa direncana. Jika sudah begitu, kita tinggal mencatatnya di catatan atapun hp kita. (NH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top